Terbit: 16 November 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Labu kuning bukan hanya buah dengan bentuk menggemaskan dan juga rasa yang lezat, tapi ternyata juga menyimpang berbagai manfaat untuk kesehatan. Buah yang sering dijadikan bahan untuk membuat hidangan penutup ini memiliki kandungan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apa saja kandungan dan manfaat labu kuning untuk kesehatan?

9 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan, Sumber Vitamin A dan Serat!

Kandungan Labu Kuning

Labu kuning atau yang dikenal dengan waluh merupakan salah satu jenis famili Cucurbitaceae atau suku labu-labuan. Buah ini awalnya berasal dari benua Amerika, namun kini sudah tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Labu kuning dapat tumbuh di daerah dengan iklim hangat.

Penggunaan labu kuning di Indonesia yang paling umum adalah sebagai bahan makanan. Hal ini tentunya sangat baik karena labu kuning memang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Dilansir Health Line, sebanyak 245 gram labu kuning, dapat memenuhi kebutuhan vitamin A hingga 245% yang artinya 100 gram labu kuning dapat memenuhi seluruh kebutuhan harian vitamin A.

Selain itu, dalam labu kuning juga terkandung vitamin lainnya seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B2, dan vitamin B. Labu kuning juga memiliki kandungan berbagai mineral seperti kalium, tembaga, mangan, dan zat besi. Buah satu ini juga mengandung magnesium, fosfor, zinc, vitamin B6, vitamin B5, vitamin B3, dan folat, meskipun jumlahnya sedikit.

Kandungan lain yang ada dalam labu kuning adalah beta-karoten yang merupakan pigmen warna alami yang ditemukan pada tumbuhan. Jenis karoteoid lain yang ada dalam labu kuning adalah lutein dan zeaxhantin. Labu kuning juga mengandung asam amino omega-3 dan omega-6 yang baik untuk tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Manfaat Labu Kuning

Labu kuning adalah buah yang sangat kaya akan nutrisi, tidak heran jika konsumsi labu kuning dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah 9 manfaat labu kuning yang tidak boleh Anda lewatkan!

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat labu kuning yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Umumnya seseorang akan menurun kemampuan penglihatannya seiring dengan bertambahnya usia, namun bukan berarti seseorang tidak berpotensi mendapatkan masalah penglihatan di usia muda. Kebiasaan membaca yang salah, paparan layar ponsel dan komputer, dan kebiasaan lainnya juga dapat memicu gangguan mata.

Kandungan vitamin A dan beta-karoten dalam labu kuning dapat membantu untuk mencegah penurunan fungus mata tersebut. Kandungan lutein dan zeaxhantin dalam labu kuning juga dipercaya dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan juga katarak.

2. Memelihara sistem pencernaan

Manfaat labu selanjutnya adalah memelihara sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam labu dipercaya mampu untuk menjaga kerja sistem pencernaan dan mengatasi masalah seperti sembelit. Labu kuning juga mengandung antioksidan sehingga dapat menurunkan risiko berbagai gangguan pencernaan.

3. Baik untuk penderita diabetes

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes adalah makanan yang tinggi serat dan labu kuning adalah salah satunya. Penderita diabetes umumnya diharuskan untuk mengganti konsumsi nasi dengan jenis karbohidrat lainnya. Meskipun belum diketahui bagaimana labu kuning dapat berpengaruh pada gula darah, tetapi labu kuning tetap menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat labu kuning lainnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam labu kuning dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, labu kuning juga memiliki kandungan serat dan vitamin C yang juga merupakan nutrisi yang baik untuk memelihara jantung.

Serat dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol jahat dalam pembuluh darah. Sedangkan vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang akan bekerja untuk mencegah kerusakan sel.

5. Membantu menurunkan berat badan

Serat yang tinggi dalam labu kuning juga membuat buah ini dipercaya untuk membantu menurunkan berat badan. Labu kuning diserap lebih lama dalam pencernaan sehingga dapat memberikan sensasi kenyang yang lebih lama. Buah ini juga memili kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk masuk ke dalam menu diet untuk menurunkan berat badan.

6. Menjaga kesehatan seksual pria

Manfaat labu kuning selanjutnya bisa didapatkan dari bagian bijinya. Ya, labu kuning memang tidak hanya dapat dikonsumsi daging buahnya saja, tetapi juga bagian bijinya. Biji labu kuning dipercaya memiliki kandungan zinc yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan dalam labu kuning juga dapat mencegah gangguan prostat.

7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat labu kuning yang ketujuh adalah manjaga kesehatan kulit. Kandungan beta-karoten dalam labu kuning dipercaya dapat menjadi tabir surya alami yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Vitamin C yang terkandung dalam labu kuning juga dapat membantu menjaga produksi kolagen yang merupakan salah satu protein utama penyusun kulit.

8. Meningkatkan imunitas tubuh

Sistem imun yang menurun akan membuat seseorang mudah terserang berbagai penyakit. Manfaat labu kuning yang tidak kalah penting lainnya adalah meninkatkan imunitas tubuh. Kandungan antioksidan dalam labu kuning dapat membantu memelihara kesehatan secara keseluruhan serta menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Makanan yang mengandung antioksidan juga dipercaya sebagai agen antikanker.

9.Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat labu kuning yang terakhir adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Labu kuning mengandung asam amino yang dapat membantu produksi hormons serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah salah satu hormone yang dapat memberikan rasa tenang dan nyaman. Tidak hanya dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak, serotonin juga dipercaya dapat mencegah depresi.

Cara Mengolah Labu Kuning

Labu kuning segar, kalengan, kering, maupun yang sudah dimasak dengan cara direbus atau dikukus, semuanya memiliki kandungan nutrisi yang tetap tinggi, tapi tentu saja yang paling baik adalah mengambil labu kuning segar untuk diolah sendiri di rumah. Labu kuning yang sudah dimasak umumnya akan menghasilkan rasa yang lebih manis.

Labu kuning juga bisa diolah menjadi beberapa variasi makanan. Beberapa yang paling populer adalah bolu labu kuning dan juga pudding labu kuning. Jika ingin mengolah labu kuning menjadi makanan tertentu, jangan lupa untuk memperhitungkan bahan-bahan lainnya agar kalorinya tetap terkontrol. Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat labu kuning untuk menurunkan berat badan, maka cara yang paling baik adalah dengan mengukusnya saja.

Selain daging buahnya, bagian biji labu kuning juga dapat dimanfaatkan. Biji labu kuning biasa diolah dengan cara dipanggang, kemudian dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat juga dijadikan sebagai campuran salad. Jika menginginkan yang lebih praktis, maka Anda dapat menggunakan ekstrak minyak biji labu yang dijual di pasaran.

Itu dia sekilas tentang kandungan dan manfaat labu kuning bagi kesehatan. Labu kuning merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi siapa saja, baik anak-anak hingga orang tua. Labu kuning juga cocok dijadikan sebagai salah satu menu MPASI awal untuk bayi. Tertarik untuk mengolah labu kuning hari ini? Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi