Terbit: 28 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan kunyit. Kunyit identik dengan warna kuning atau oranye, tapi tahukah Anda bahwa selain kunyit kuning terdapat spesies kunyit lain yaitu kunyit putih. Sama halnya seperti kunyit kuning, manfaat kunyit putih juga sangatlah banyak untuk kesehatan.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Tidak Kalah dengan Kunyit Kuning!

Mengenal Manfaat Kunyit Putih

Kunyit putih atau temu putih atau Curcuma Zedoaria termasuk ke dalam suku temu-temuan atau Zingiberaceae (jahe-jahean). Baik kunyit kuning dan kunyit putih keduanya bisa dijadikan sebagai bumbu masakan. Tapi tidak seperti kunyit kuning yang masih bertahan sebagai bumbu masakan hingga saat ini, kunyit putih sebagai bumbu sudah lebih banyak digantikan oleh jahe.

Saat ini, manfaat kunyit putih lebih diperuntukkan sebagai obat herbal. Kunyit putih paling banyak ditemukan di sekitar India dan Indonesia, namun kabarnya juga sudah mulai dibudidayakan di Eropa dan Amerika.

Manfaat Kunyit Putih

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan tidak kalah dengan jenis jahe-jahean yang lainnya. Berikut adalah khasiat kunyit putih untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan!

1. Obat untuk pernapasan

Manfaat kunyit putih yang pertama adalah untuk membantu meredakan masalah pernapasan. Masalah ringan seperti batuk dan pilek bisa mengganggu saluran pernapasan, gejalanya bisa diredakan dengan perawatan kunyit putih. Selain itu, kunyit putih juga difungsikan untuk mengobati masalah terkait pernapasan dan paru-paru yang lebih berat seperti asma dan juga bronkitis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Obat untuk pencernaan

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Beberapa masalah pencernaan yang bisa dibantu oleh kunyit putih antara lain adalah seperti perut kembung, buang air besar tidak teratur, masalah nafsu makan, hingga cacingan.

Kunyit putih juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar asam lambung sehingga dapat meredakan tukak lambung. Namun belum dilakukan penelitian pada manusia mengenai penyembuhan tukak lambung dengan kunyit putih.

3. Obat Anti nyeri dan antipiretik

Khasiat kunyit putih lainnya adalah sebagai obat analgesik dan obat antipiretik. Analgesik atau obat nyeri biasanya diberikan untuk segala macam jenis nyeri mulai dari sakit kepala, sakit gigi, hingga nyeri otot dan sendi. Sedangkan obat antipiretik memiliki fungsi untuk menurukan demam. Efek analgesik dan antipiretik biasanya bisa kita temukan dalam satu obat, jadi untuk menggantikan fungsi obat serupa, kita juga bisa menggunakan kunyit putih.

4. Antibakteri, antifungal, antiinflamasi

Bakteri dan jamur bisa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh kita. Dengan sifat antibakteri dan antifungal dari kunyit putih, kunyit putih ampuh untuk mencegah peradangan akibat bakteri dan jamur. Selain mencegah, tentunya kunyit putih juga bisa mengobati peradangan karena kunyit putih juga memiliki sifat antiinflamasi atau anti peradangan. Maka dari itu, kunyit putih sangat baik untuk dijadikan sebagai obat kumur dan perawatan kulit.

Antiinflamasi pada kunyit putih tidak hanya berguna untuk mengobati peradangan akibat jamur dan bakteri, tetapi hampir semua jenis peradangan, termasuk penyakit seperti arthritis (radang sendi). Sifat antiinflamasi pada kunyit ini juga lah yang membuat kunyit cocok untuk dijadikan obat untuk berbagai penyakit.

5. Antioksidan

Khasiat kunyit putih selanjutnya adalah sebagai antioksidan. Radikal bebas bisa memicu berbagai masalah dan gangguan pada tubuh. Kunyit putih bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk menangkal bahaya dari radikal bebas tersebut.

6. Antitoxic

Salah satu khasiat kunyit putih sebagai antitoxic atau antiracun dibuktikan dengan manfaat kunyit putih untuk menangkal bisa ular. Cara kerja kunyit untuk menangkal bisa ular adalah dengan menghambat kerja bisa ular sehingga bisa tersebut tidak dengan cepat tersebar ke dalam tubuh.

7. Menurunkan kadar gula dalam darah

Manfaat kunyit putih selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Sayangnya manfaat ini belum teruji secara klinis pada manusia sehingga masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

8. Melancarkan haid

Khasiat yang terakhir adalah dapat melancarkan haid dan juga meredakan nyeri haid pada wanita. Selain itu, kunyit putih juga dipercaya dapat meredakan keputihan. Tapi sama halnya seperti manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang sebelumnya, manfaat yang satu ini juga belum teruji klinis.

Sebagai obat herbal, tentunya kunyit putih relatif aman untuk dikonsumsi. Kunyit putih bisa dimakan secara langsung atau bisa juga Anda temukan dalam bentuk bubuk. Tapi meskipun terbilang aman, gunakanlah obat herbal ini dengan tidak berlebihan. Jika penyakit Anda merupakan penyakit yang serius, lebih baik konsultasikan terlebih dulu pada dokter.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi