10 Manfaat Kunyit Putih untuk Kecantikan (Bikin Awet Muda)

manfaat-kunyit-putih-untuk-kecantikan-doktersehat

DokterSehat.Com – Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang dikenal memiliki segudang manfaat bagi tubuh, termasuk manfaat kecantikan. Di samping kunyit berwarna oranye yang sering kita jumpai dan digunakan sebagai bumbu masakan maupun komposisi jamu tradisional, ada juga kunyit berwarna putih yang secara manfaat tak kalah banyak. Lantas, apa saja manfaat kunyit putih untuk kecantikan?

Apa Itu Kunyit Putih?

Kunyit putih adalah tanaman rempah endemik dari Indonesia dan India. Kunyit putih (Curcuma zedoaria)—sama seperti jenis kunyit lainnya—kerap dijadikan obat herbal, baik daun, akar, hingga minyaknya.

Secara tekstur, kunyit putih memiliki tekstur yang lebih lunak. Aroma kunyit jenis ini pun sekilas mirip seperti jahe. Kunyit putih diperkaya oleh sejumlah zat seperti pati, curcumin, dan minyak esensial. Kandungan minyak esensial tersebut bahkan dipercaya sebagai antioksidan yang efektif menangkal serangan radikal bebas.

Manfaat Kunyi Putih untuk Kecantikan

Kunyit putih seringkali difungsikan sebagai bumbu masak, seperti pada masakan kari (Indonesia) atau irisan tambahan pada menu salad (Thailand). Nah, di balik fungsinya tersebut, kunyit putih punya sejumlah manfaat terkait perawatan kecantikan kulit. Berikut ini manfaat kunyit putih untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui.

1. Mencegah Penuaan Dini

Terutama untuk Anda para kaum Hawa, kulit yang senantiasa terlihat awet muda adalah impian. Tentunya jadi hal yang tidak menyenangkan ketika kulit wajah mengalami penuaan dini yang ditandai oleh munculnya flek hitam dan kerutan, bukan?

Salah satu manfaat kunyit putih untuk wajah dan kecantikan adalah mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Kunyit putih diperkaya oleh vitamin dan antioksidan yang efektif untuk menyamarkan kerutan dan flek hitam pada kulit wajah.

Guna mendapatkan khasiat atau manfaat kunyit putih untuk kecantikan yang satu ini, yang harus Anda lakukan adalah membuat masker wajah dari kunyit putih.

Cara membuat masker wajah dari kunyit putih adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 sdm bubuk kunyit putih, 1 sdm tepung beras, 1 sdm tomat, 1 sdm susu
  • Campurkan bahan-bahan tersebut dengan air secukupnya sampai menjadi pasta
  • Oleskan pasta tersebut ke seluruh area wajah secara merata, diamkan selama 30 menit
  • Bersihkan wajah menggunakan air bersih
  • Lakukan secara rutin minimal 1 kali dalam sehari

2. Mengatasi Jerawat

Selain mencegah penuaan dini, manfaat kunyit putih untuk kecantikan adalah mengatasi jerawat pada wajah. Munculnya jerawat memang dapat mengurangi estetika kulit wajah sehingga perlu untuk dihilangkan.

Cara membuat masker kunyit putih untuk mengatasi jerawat adalah:

  • Siapkan 1 sdm bubuk kunyit (bisa juga 3 sdm air perasan kunyit putih)
  • Campurkan dengan madu atau yoghurt sampai menjadi pasta
  • Oleskan past ke kulit wajah secara merata, diamkan selama 20 menit
  • Bersihkan wajah menggunakan air bersih
  • Lakukan secara rutin sampai hasilnya terasa (re: jerawat hilang)

3. Menghilangkan Pigmentasi Kulit

Kunyit putih mengandung zat yang bersifat sebagai antiinflamasi dan antiseptik. Ini menghasilkan manfaat kunyit putih untuk kecantikan yaitu mengatasi pigmentasi kulit (melasma) yang utamanya disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV).

Pigmentasi kulit yang ditandai oleh kemunculan bercak berwarna coklat (kadang keabuan atau hitam) ini lantas bisa diatasi dengan mengoleskan krim wajah alami dari campuran kunyit putih dan mentimun, lalu didiamkan selama kurang lebih 30 menit. Terapkan cara ini secara rutin sampai pigmentasi benar-benar menghilang.

4. Atasi Kulit Berminyak

Kulit Anda berminyak? Maka kunyit putih adalah salah satu solusi atau cara mengatasi kulit berminyak tersebut. Kandungan vitamin pada kunyit putih menghasilkan manfaat kunyit putih untuk wajah dan kecantikan, dalam hal ini mengatasi produksi minyak dan sebum pada pori-pori wajah.

Cara membuat masker kunyit wajah untuk mengatasi kulit berminyak sebagi berikut:

  • Siapkan 2 sdm kunyit putih dan 3 sdm air perasan jeruk lemon
  • Campurkan bahan-bahan tersebut, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata selama 20 menit
  • Bersihkan muka dengan air hangat
  • Lakukan secara rutin 1 kali dalam sehari

5. Mengangkat Sel Kulit mati

Tekstur dan kandungan yang dimiliki oleh kunyit putih dipercaya juga efektif untuk eksofiliasi, yakni aktivitas pengangkatan sel kulit mati. Bahkan, eksofiliasi dengan memanfaatkan manfaat kunyit putih untuk kecantikan yang satu ini terbilang aman tanpa menyebabkan iritasi kulit.

Guna mendapatkan manfaat kunyit putih untuk wajah dan kecantikan tersebut, buatlah scrub alami yang terdiri dari kombinasi antara bubuk kunyit putih dengan tepung chickpea yang terbuat dari kacang arab tau kacang garbanzo. Sel kulit mati yang terangkat tentunya akan mebuat wajah Anda terlihat lebih cerah dan terawat.

6. Pemutih Kulit Alami

Krim yang terbuat dari campuran bubuk  kunyit putih dan susu adalah salah satu solusi jitu bagi Anda yang ingin memiliki kulit putih nan cerah karena manfaat kunyit putih untuk kecantikan juga mencakup manfaat memutihkan kulit.

Oleskan krim pada area wajah dan juga bagian tubuh lainnya secara merata, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas sampai bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan cara memutihkan kulit melalui manfaat kunyit putih untuk wajah dan kecantikan ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

7. Menghaluskan Kulit

Kulit yang kasar juga jadi masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Kondisi ini tentu saja mengurangi estetika kulit, bukan?

Namun tak perlu khawatir, karena ada banyak cara mengatasi kulit kasar secara alami, salah satunya dengan menggunakan kunyit putih. Manfaat kunyit putih untuk kecantikan yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan mengoleskan bubuk kunyit putih yang telah dicampur dengan minyak zaitun ke seluruh tubuh secara rutin sampai hasilnya terlihat.

8. Pelembap Alami Kulit

Tak hanya kulit kasar, kulit yang kering pun tentunya sangat mengganggu dan mengurangi kecantikan diri Anda. Lagi-lagi, Anda cukup memanfaatkan kunyit putih guna mengatasi masalah kulit yang satu ini. Campurkan beberapa tetes minyak zaitun pada bubuk kunyit putih, lalu oleskan secara merata ke seluruh kulit tubuh. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

9. Membasmi Ketombe

Rambut adalah elemen penting untuk menunjang kecantikan yang juga perlu mendapat perhatian. Salah satu masalah rambut yang kerap dialami dan cukup mengganggu adalah ketombe.

Kunyit putih diperkaya dengan kandungan minyak atsiri, yang mana minyak ini dipercaya ampuh membasmi ketombe, pun mengatasi masalah rambut lainnya seperti rambut rontok dan berminyak.

Basahi rambut Anda, kemudian taburkan bubuk kunyit secara merata dan pijat kepala agar bubuk kunyit benar-benar meresap. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air sampai bersih.

10. Pewarna Rambut

Banyak dari Anda yang hendak mewarnai rambut guna menunjang penampilan agar terlihat semakin cantik. Alih-alih menggunakan pewarna rambut kimia yang belum tentu aman, Anda bisa memanfaatkan tanaman kunyit putih.

Ya, pewarna rambut adalah manfaat kunyit putih untuk kecantikan yang tak disangka-sangka. Gunakan rempah ini untuk mendapatkan warna rambut pirang gelap yang menawan, dan pastinya aman karena mengandung bahan alami.

Cara membuat pewarna rambut dari kunyit putih adalah sebagai berikut:

  • Sediakan ¼ cangkir parutan kunyit putih
  • Campurkan air hangat, lalu peras sampai menghasilkan larutan kunyit putih
  • Oleskan larutan tersebut ke batang rambut secara merata sambil rambut diremas, kemudian diamkan sampai rambut mengering
  • Bilas rambut hingga bersih
  • Lakukan secara rutin 2 hari sekali sampai hasilnya terlihat

Itu dia informasi manfaat kunyit putih untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui. Adanya kunyit putih ini semakin menambah alternatif bahan alami untuk mempercantik diri yang cenderung lebih aman namun memiliki efektivitas yang tak kalah dibanding bahan-bahan kimia. Semoga bermanfaat!