23 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan, Mengatasi Penyakit Ringan Hingga Kronis

manfaat-kunyit-doktersehat

Doktersehat.com – Kunyit adalah salah satu bahan makanan yang memiliki warna dan cita rasa yang khas. Selain digunakan sebagai bumbu, kunyit dapat dimanfaatkan sebagai  obat untuk mengatasi masalah kesehatan. Lantas, apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kandungan Kunyit

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat kunyit bagi kesehatan, Anda juga perlu mengetahui kandungan yang ada di dalamnya. Rimpang adalah bagian dari kunyit yang banyak digunakan. Manfaat rimpang kunyit yang didapatkan tubuh karena kandungan kurkumin dan minyak atsiri.

Selain itu, kurkumin juga memiliki peran dalam memberikan warna kuning jingga pada tanaman ini. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang terdapat di dalam kunyit.

  • Kalori.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Gula.

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Setelah Anda mengetahui kandungan yang ada pada kunyit, kini saatnya Anda mengetahui manfaat kunyit secara umum. Berikut ini adalah beberapa manfaat kunyit yang bisa didapatkan tubuh, di antaranya:

1. Mengurangi  Gejala Osteoarthritis

Manfaat kunyit yang pertama adalah kemampuannya  untuk mengurangi gejala osteoartritis. Senyawa tanaman dalam kunyit yang disebut kurkumin dapat mengurangi tanda-tanda peradangan sehingga mampu meringankan gejala osteoartritis.

2. Mencegah Obesitas

Kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit dapat menghambat jalur inflamasi yang terlibat dalam obesitas dan membantu mengatur kadar lemak di dalam tubuh.

3. Mengurangi Efek Diabetes

Bagi Anda yang memiliki diabetes, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat kunyit karena berguna untuk  meningkatkan metabolisme gula darah sehingga berpotensi mengurangi efek diabetes pada tubuh

4. Mengatasi Kanker

Menurut sejumlah penelitian, kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kanker. Manfaat kunyit bagi tubuh bisa didapatkan karena kandungan kurkuminnya dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, penyebaran kanker, serta berkontribusi terhadap kematian sel kanker.

Selain itu, manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya adalah kemampuannya memperlambat penyebaran kanker payudara ke paru-paru dan bagian tubuh lain. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan klaim ini secara pasti.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Sebuah studi pada tikus menemukan bahwa, ekstrak kunyit dapat menjadi pelindung terhadap kerusakan hati kronis dengan membantu mengurangi stres oksidatif yang berbahaya.

6. Antijamur

Kandungan kurkumin di dalam kunyit bisa mengganggu membran sel jamur dan dapat digunakan bersamaan dengan obat jamur lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

7. Antibakteri

Manfaat kunyit yang paling populer adalah kemampuannya untuk melawan bakteri. Memiliki efek antibakteri yang kuat, kunyit bisa mencegah pertumbuhan beberapa bakteri penyebab penyakit.

8. Antiperadangan

Kunyit memiliki sifat antiperadangan yang berguna untuk mengatasi berbagai penyakit kronis. Peradangan kronis tingkat rendah memainkan peran utama dalam hampir setiap penyakit kronis termasuk penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, Alzheimer dan berbagai penyakit degeneratif.

Oleh karena itu, apa pun yang dapat membantu memerangi peradangan kronis berpotensi penting dalam mencegah dan bahkan mengobati beberapa penyakit seperti yang telah disebutkan.

Manfaat kunyit ini didapatkan karena kemampuannya memblokir NF-kB, molekul yang bergerak ke inti sel Anda dan mengaktifkan gen yang terkait dengan peradangan. NF-kB diyakini memainkan peran utama dalam banyak penyakit kronis. Kurkumin adalah zat bioaktif yang melawan peradangan pada tingkat molekuler.

baca juga: Cepat Lupa? Konsumsi Kunyit Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

9. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu mekanisme di balik penuaan dan banyak penyakit. Agar hal itu tidak terjadi, Anda harus mendapatkan manfaat kunyit. Kandungan kurkumin di dalamnya bisa meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh.

Perlu diketahui, radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat organik penting seperti asam lemak, protein atau DNA. Alasan utama antioksidan ini sangat bermanfaat adalah karena mereka melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kurkumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya. Selain itu, kurkumin meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tubuh. Dengan cara itu, kurkumin memberikan perlawanan terhadap radikal bebas secara langsung, kemudian merangsang pertahanan antioksidan tubuh.

10. Menjaga Fungsi Otak

Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) adalah salah satu hormon yang bekerja dalam proses pembentukan koneksi-koneksi baru di otak. Manfaat kunyit bagi kesehatan di sini adalah meningkatkan kadar BDNF dalam otak sehingga mencegah penyakit yang berhubungan dengan otak. Meningkatnya BDNF, efek lanjutannya adalah meningkatnya kemampuan memori.

Banyak gangguan otak yang umum telah dikaitkan dengan penurunan kadar hormon ini, termasuk depresi dan penyakit Alzheimer. Menariknya, kurkumin dapat meningkatkan kadar BDNF otak

Manfaat kunyit ini mungkin efektif untuk menunda atau bahkan menunda banyak penyakit otak dan penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Namun, studi terkontrol diperlukan untuk mengonfirmasi klaim ini

11. Mengatasi Depresi

Sebuah studi menunjukkan bahwa kurkumin memiliki manfaat untuk mengatasi depresi. Menurut penelitian ini manfaat kunyit sama efektifnya dengan penggunaan obat antidepresan.

Depresi juga terkait dengan Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) dan hippocampus yang menyusut, area otak dengan peran dalam proses belajar dan memori. Bukti lain mengungkapkan, kurkumin dapat meningkatkan neurotransmitter otak serotonin dan dopamin.

12. Antipenuaan

Manfaat kunyit yang satu ini adalah yang paling diinginkan oleh setiap orang karena kemampuannya untuk menunda penuaan dan melawan penyakit kronis terkait dengan usia. Karena alasan inilah, kurkumin telah menjadi sangat populer sebagai suplemen antipenuaan.

13. Mengurangi Mual

Timbulnya rasa mual bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari stres hingga adanya infeksi pada pencernaan. Apabila mual yang dirasakan terkait dengan pencernaan, manfaat kunyit bagi kesehatan adalah mengurangi rasa mual. Kandungan phytochemical di dalam kunyit ini berfungsi untuk menghadirkan antioksidan di tubuh yang berfungsi memerangi racun sehingga rasa mual bisa teratasi.

14. Mengobati Asam Lambung

Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang rutin memasukan satu sendok rempah kunyit, tubuhnya terbukti memiliki sistem pencernaannya lebih sehat. Pencernaan yang dimaksud di sini adalah lambung dan usus besar.

Perlu diketahui, senyawa yang terkandung pada kunyit bermanfaat untuk melindungi dan melapisi dinding lambung dengan cara meningkatkan produksi lendir.

15. Mengurangi Diare dan Gas di Perut

Guna memastikan bahwa pencernaan Anda dalam kondisi baik, indikator yang mudah terlihat adanya keluar gas dari sistem pencernaan. Namun, jika gas yang Anda keluarkan berlebihan, maka hal itu menandakan ada masalah pada sistem pencernaan.

Manfaat kunyit bagi kesehatan ini ampuh untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Senyawa kunyit berfungsi mengurangi asam pada perut yang berlebih. Caranya, cobalah tuang satu sendok bubuk kunyit halus ke dalam satu gelas air hangat berukuran sedang. Konsumsi rutin selama 2 minggu berturut-turut.

Selain masalah gas, manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya adalah kemampuannya mengatasi diare. Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat serangan diare.

Kunyit digunakan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai agen penyembuhan pencernaan. Saat ini, manfaat kunyit sedang dieksplorasi sebagai pengobatan untuk sindrom iritasi usus besar.

16. Menjadi Obat Alergi

Manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya adalah sebagai antialergi. Seperti halnya antihistamin, manfaat kunyit bagi kesehatan adalah mencegah pelepasan histamin—zat kimia yang memicu reaksi alergi dan menghambat aktivitas protein penyebab peradangan.

17. Menjaga Kondisi Paru-Paru Penderita Asma

Kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit. Selain itu, manfaat kunyit bagi kesehatan berikutnya digunakan untuk melindungi paru-paru pasien asma dengan menekan peradangan di bronkus.

18. Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang rutin mengonsumsi suplemen kurkumin selama 30 hari terbukti meningkatkan penurunan berat badan, membantu menurunkan hampir 5 persen dari berat badannya dan mengurangi lemak tubuh hingga 8 persen.

Hal penting yang perlu diingat adalah kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan efek yang sama dengan menggunakan kunyit asli. Akan tetapi, tidak ada salahnya apabila Anda menambahkannya ke menu Anda sehari-hari.

Sebaliknya, membumbui makanan dengan kunyit dapat membantu mengurangi kebutuhan Anda untuk menambahkan garam, lemak, atau gula.

19. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain untuk penyakit, manfaat kunyit juga berguna bagi kulit. Kunyit bisa ditambahkan ke masker wajah, serum, dan pembersih untuk mengurangi peradangan. Sebuah studi mengungkapkan, manfaat kunyit dapat memperbaiki gejala penyakit kulit seperti dermatitis atopik, psoriasis, gatal kronis, dan penuaan dini.

20. Mengatasi Asma

Menambahkan kunyit ke terapi standar untuk asma tampaknya tidak meningkatkan fungsi paru-paru atau mengurangi sebagian besar gejala asma pada orang dewasa atau anak-anak. Akan tetapi, menambahkan kunyit ke dalam pengobatan asma pada anak-anak dapat mengurangi kebutuhan untuk menggunakan inhaler dan mengurangi bangun di malam hari.

21. Menjaga Jumlah Zat Besi di Dalam Tubuh

Terjadinya perubahan kadar hemoglobin di dalam darah dapat menandakan terjadinya gangguan kesehatan, terutama yang menyangkut darah.

Seseorang dengan beta-thalassemia mungkin memerlukan transfusi darah karena menyebabkan terlalu banyak zat besi dalam darah. Sebuah penelitian menunjukkan bawah kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengurangi jumlah zat besi dalam darah orang dengan beta-thalassemia.

22. Menjaga Kesehatan Usus

Sebuah penelitian mengungkapkan seseorang yang mendapatkan kurkumin setiap hari selama 30 hari, bisa mengurangi kelenjar prakanker di usus besar, terutama mereka yang berisiko tinggi terkena kanker.

Selain itu, seseorang yang setiap hari mengonsumsi kunyit selama satu bulan juga dapat mengurangi pergerakan usus, diare, dan sakit perut pada orang dengan penyakit Crohn.

23. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat kunyit berguna bagi seseorang yang ingin memulai atau setelah operasi jantung. Konsumsi kunyit 3 hari sebelum operasi dan berlanjut selama 5 hari setelah operasi dapat menurunkan risiko serangan jantung setelah operasi bypass.

Nah, itulah beberapa manfaat kunyit  yang berguna bagi kesehatan.

Manfaat Kunyit Putih

Setelah mengetahui manfaat kunyit kuning seperti di atas, hal penting lainnya yang harus diketahui adalah terdapat jenis kunyit lainnya yang juga memiliki manfaat untuk tubuh.

Kunyit putih memiliki berbagai unsur kimia yang meliputi tianin, pati, kurkumin, minyak atsiri, gula, saponin, resin, flavonoid, hingga toxic protein yang memiliki kemampuan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kunyit putih bagi kesehatan, di antaranya:

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat kunyit putih yang sejak lama digunakan adalah untuk mengobati masalah pencernaan. Selain itu, minyak esensial dari kunyit putih berguna dalam pengobatan kolik, sesak napas, menurunnya nafsu makan, perut kembung, dan buang air besar tidak teratur.

  • Meredakan Peradangan dan Nyeri

Kunyit putih adalah agen antiinflamasi yang membantu mengobati peradangan, luka, dan penyakit kulit lainnya. Selain itu, manfaat kunyit putih juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional  untuk mengobati penyakit radang usus (radang usus besar).

Bahkan, kunyit putih juga bisa digunakan untuk melindungi paru-paru pasien asma dengan membatasi pelepasan mediator inflamasi selama terapi jangka pendek.

Sifat diuretik kunyit putih mendukung penghilangan zat beracun dan kelebihan cairan tubuh, terutama pada persendian. Jika tidak ada detoksifikasi, hal itu dapat menyebabkan peradangan dan rasa sakit pada kasus radang sendi dan rematik.

Selain itu, manfaat kunyit putih lainnnya adalah mengurangi suhu tubuh selama demam dengan membersihkan mikroba infeksius dan meningkatkan keringat.

Manfaat Kunyit Hitam

Tidak seperti kunyit kuning atau kunyit putih, kunyit hitam tidak begitu dikenal di masyarakat. Berikut ini adalah manfaat kunyit hitam yang berguna bagi kesehatan, di antaranya:

  • Meningkatkan Imunitas

Sifat koleretik, antimikroba, dan karminatif yang ada di dalam kunyit hitam dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat kunyit hitam bisa dimanfaatkan untuk demam, disentri, dan infeksi cacing.

  • Mengatasi Masalah Seksual

Manfaat kunyit hitam telah terbukti menyembuhkan impotensi atau hal-hal yang berkaitan dengan kondisi kesuburan seperti  PCOS, endometriosis, fibroid rahim, kista ovarium, nyeri pramenstruasi, amenore karena kurangnya aliran darah atau stagnasi darah.

  • Mengatasi Masalah Pernapasan

Kunyit hitam adalah salah satu jenis kunyit yang paling ampuh dalam penyembuhan penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, pneumonia, batuk, dan pilek.

  • Membantu Menurut Berat Badan dan Mengatur Gula Darah

Kunyit hitam dipercaya membantu dalam pemecahan lemak makanan di dalam tubuh. Jika Anda mencari berat badan ideal, menambahkan sedikit kunyit hitam ke asupan harian bisa dicoba untuk mencegah berat badan berlebih.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa produksi empedu yang efisien membantu pencernaan yang lebih baik dan mencegah penyakit hati. Manfaat kunyit hitam ini berguna untuk mengurangi risiko mengembangkan resistensi insulin dalam tubuh.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau dr. Jati Satriyo

Sumber:

  1. Ware, Megan, RDN, LD. 2018. Everything you need to know about turmeric. https://www.medicalnewstoday.com/articles/306981.php. (Diakses pada 31 Oktober 2019).
  2. TURMERIC. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-662/turmeric. (Diakses pada 31 Oktober 2019).
  3. Gunnars, Kris, BSc. 2018. 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin. https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-turmeric#section9. (Diakses pada 31 Oktober 2019).
  4. Turmeric vs Curcumin: Which Should You Take. https://www.healthline.com/nutrition/turmeric-vs-curcumin#turmeric. (Diakses pada 31 Oktober 2019). (Diakses pada 31 Oktober 2019).
  5. Migala, Jessica. 2019. What Is Turmeric (Curcumin)? The Lowdown on the Benefits of the Golden Spice, and How to Get Your Fix. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/turmeric-curcumin-benefits-side-effects-types-more/#healthbenefits. (Diakses pada 31 Oktober 2019).
  6. 10 REASONS WHICH MAKES BLACK TURMERIC AN EXOTIC HERB. http://empyreanforests.com/blog/10-reasons-which-makes-black-turmeric-an-exotic-herb/. (Diakses pada 31 Oktober 2019).
  7. White turmeric facts and health benefits. https://www.healthbenefitstimes.com/white-turmeric/. (Diakses pada 31 Oktober 2019).