Terbit: 16 Juni 2020 | Diperbarui: 23 Agustus 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Sama halnya dengan putih telur, manfaat kuning telur juga tak kalah bagusnya untuk kesehatan tubuh karena mengandung protein, berbagai vitamin, dan mineral. Salah satu khasiatnya meningkatkan kekebalan tubuh. Yuk ketahui kandungan dan manfaat lainnya di bawah ini!

11 Manfaat Kuning Telur, Kandungan, Cara Memasak yang Benar!

Kandungan Kuning Telur

Kuning telur mengandung protein tinggi, berbagai vitamin, terutama vitamin yang larut dalam air dan lemak. Berikut sejumlah nutrisi yang terkandung dalam satu kuning telur:

  • Kalori: 55
  • Protein: 2,70 gram (g)
  • Lemak: 4,51 g
  • Lemak jenuh: 1,6 gram
  • Kolesterol: 184 miligram (mg)
  • Karbohidrat: 0,61 g
  • Natrium: 8 mg
  • Gula: 0,10 g
  • Thiamin: 0,030 mg
  • Riboflavin: 0,090 mg
  • Niasin: 0,004 mg
  • Vitamin B6: 0,060 mg
  • Vitamin B12: 0,332 mikrogram (mcg)
  • Vitamin A: 64,8 mcg
  • Vitamin E: 0,439 mg
  • Vitamin D (D2 dan D3): 0,918 mcg
  • Vitamin K: 0,119 mcg

Kandungan kuning telur juga memiliki tujuh mineral penting, di antaranya:

  • Kalsium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Sodium
  • Zat besi
  • Zinc

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

Telur adalah salah satu makanan yang sangat mudah didapat, mudah disajikan dalam berbagai jenis masakan, dan sangat menyehatkan karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Berikut sejumlah manfaat kuning telur yang bisa kita dapatkan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem imun dalam tubuh berfungsi mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit. Salah satu caranya bisa didapatkan dari khasiat kuning telur.

Alasan yang membuatnya berkhasiat adalah membran atau selaput dalam satu kuning telur mengandung glikopeptida tersulfasi. Senyawa ini dapat merangsang produksi makrofag, yang merupakan sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit dan infeksi.

2. Menyehatkan Mata

Manfaat kuning telur bisa membantu menangkal masalah penglihatan, termasuk katarak, degenerasi makula, dan gangguan mata umum lainnya yang sering berkembang di atas usia 55 tahun. Ini berkat khasiat kandungan lutein dan zeaxanthin dalam jumlah besar pada kuning telur.

Dalam satu penelitian terkontrol, mengonsumsi 1,3 kuning telur per hari selama 4,5 minggu telah meningkatkan kadar lutein dalam darah sebesar 28% sampai 50% dan zeaxanthin sebesar 114-142%.

Satu butir telur juga memiliki vitamin A yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, kekurangan vitamin A sering kali menyebabkan kebutaan.

3. Meningkatkan Kolesterol Baik

Orang yang memiliki high-density lipoprotein (HDL) atau juga dikenal sebagai kolesterol baik, biasanya dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Salah satu cara terbaik meningkatkan kadar HDL dalam darah adalah makan telur. Dalam satu penelitian menunjukkan bahwa khasiat kuning telur dapat meningkatkan kadar HDL sebesar 10% setelah mengonsumsinya sebanyak dua telur per hari selama enam minggu.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Menurut penelitian yang dilansir Healthline, manfaat kuning telur telah terbukti dapat mengurangi tekanan darah secara signifikan pada tikus karena di dalamnya mengandung beberapa senyawa yang disebut peptida. Bukan tidak mungkin khasiatnya juga bisa untuk manusia.

Seperti yang kita ketahui, tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular.

5. Membantu Pembentukan Otot

Telur utuh (yang berarti makan kuning telur, selain putih telur) merupakan sumber protein yang dapat membantu dalam pembentukan otot. Telur merupakan salah satu makanan yang juga dapat memberikan lebih banyak asam amino yang membantu membangun jaringan otot tanpa lemak.

Oleh karena itu, mengonsumsi kuning telur setelah latihan merupakan cara yang bagus untuk membantu membangun pembentukan otot.

6. Mencegah Pembekuan Darah

Selain membantu pembentukan otot, protein yang terkandung dalam kuning telur diketahui mampu menghambat perkembangan pembekuan darah.

Jika merokok, menjalani gaya hidup yang tidak aktif, menggunakan pil KB, atau berisiko mengalami pembekuan darah, tambahkanlah kuning telur ke dalam menu makanan sehari-hari untuk menjalani hidup yang sehat.

7. Antiinflamasi

Kolin adalah kandungan kuning telur yang memiliki sifat antiinflamasi (peradangan) dan juga membantu dalam mengatur fungsi kardiovaskular. Jika menderita radang sendi dan endometriosis, maka Anda harus menambahkan kuning telur ke dalam menu makanan.

8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain manfaat sinar matahari yang memberikan vitamin D, khasiat kuning telur juga dapat memberikan vitamin yang sama. Vitamin ini dapat membantu mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, merupakan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Oleh karena itu cukupi asupan vitamin ini, karena jika kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang seperti rakhitis pada anak-anak dan nyeri tulang yang disebabkan oleh osteomalacia (kelainan tulang yang menjadi lunak) pada orang dewasa.

9. Menyehatkan Otak

Kolin tidak hanya membantu mengurangi peradangan kronis dan kadar homocysteine dalam darah, tetapi kandungan kuning telur ini juga menjadi salah satu pengatur jaringan saraf. Kolin adalah komponen penting dari asetilkolin, salah satu neurotransmiter terpenting dalam sistem saraf.

Manfaat kolin lainnya termasuk:

  • Mengatur membran sel dalam tubuh untuk memutuskan mana yang masuk dan keluar dari sel.
  • Meningkatkan perkembangan otak dan memori jangka panjang pada janin dalam rahim maupun anak-anak.
  • Bertanggung jawab untuk fungsi hati dan pencegahan kanker.

10. Sumber Asam Lemak Esensial

Kandungan kuning telur yang penuh nutrisi dikemas dengan DHA (docosahexaenoic acid) dan AA (arachidonic acid), bentuk lemak omega 3 dan omega 6 yang paling bermanfaat untuk tubuh. Keduanya adalah lemak yang harus terdapat dalam menu makan karena tidak diproduksi dalam tubuh. Asam lemak esensial ini penting untuk kesehatan membran sel.

11. Menyehatkan Rambut

Menurut Melanie A. Sachs, penulis Ayurvedic Beauty Care, manfaat kuning telur yang diaplikasikan langsung pada rambut bermanfaat memperbaiki rambut yang rusak. Kuning telur mengandung kombinasi vitamin yang ditemukan di dalamnya, termasuk vitamin A dan E, biotin, dan folat yang dipercaya membantu pertumbuhan rambut dan menyehatkan rambut.

Cara mengaplikasikan masker kuning telur untuk rambut sangat mudah, Anda cukup memijatkan kuning telur yang telah dikocok pada kulit kepala dan rambut selama beberapa menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

Kuning telur juga dapat ditambahkan pada menu makan anda untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat. Misalnya, makan kuning telur untuk sarapan yang dapat meningkatkan nutrisi, termasuk protein, vitamin B, dan folat yang bagus untuk rambut.

Baca Juga: 12 Manfaat Putih Telur bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Cara Memilih hingga Memasak Telur dengan Benar

Perhatian kesehatan yang paling umum dalam mengonsumsi telur adalah keracunan makanan dari bakteri Salmonella. Ayam secara alami membawa Salmonella dan bisa mencemari telurnya dengan bakteri.

Infeksi Salmonella bisa sangat serius, terutama untuk anak kecil, orang dengan kondisi kekebalan tubuh, dan mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Namun, melakukan beberapa langkah pencegahan keamanan dasar ketika membeli, menyimpan, dan memasak telur secara signifikan bisa mengurangi risiko keracunan Salmonella.

Berikut ini berapa hal yang harus diperhatikan saat memilih hingga memasak telur dengan benar:

  • Membeli telur dari toko terpercaya atau peternak lokal tepercaya untuk memastikan telur tidak retak, tidak memiliki lubang, atau kotor.
  • Selalu menyimpan telur di kulkas pada suhu 4 derajat Celsius dan pastikan telur didinginkan sebelum membeli.
  • Mencuci tangan dan semua permukaan terbuka dengan sabun dan air segera setelah bersentuhan dengan telur mentah.
  • Membuang telur yang rusak, kotor, atau retak.
  • Membuang habis bungkus telur dan cangkang telur.
  • Hindari telur yang memiliki konsistensi, penampilan, atau bau yang tidak sedap.
  • Menjaga telur mentah dari makanan lain, terutama yang dikonsumsi mentah.
  • Memasak telur (baik direbus maupun dimasak telur ceplok) sampai setidaknya putihnya kencang, apalagi untuk orang berisiko infeksi lebih tinggi harus memasak telur sampai putih dan kuning telur kencang.
  • Memasak telur orak-arik sampai matang.
  • Makan telur yang sudah didinginkan sesaat setelah dimasak, setidaknya lebih dari 2 jam.

Baca Juga: Penderita Kolesterol Tinggi Tak Boleh Makan Kuning Telur?

Meski ada banyak manfaat kuning telur yang bisa didapatkan, banyak ahli yang menyarankan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi kuning telur. Jika Anda ingin memiliki jantung yang kuat, Anda memang disarankan untuk mengonsumsi enam butir telur per minggu.

Namun, jika Anda mengidap penyakit jantung dan kolesterol tinggi, jangan makan lebih dari empat butir telur per minggu. Bahkan, para ahli menyarankan agar penderita penyakit jantung dan diabetes tidak mengonsumsi telur lebih dari tiga butir per minggu.

 

  1. Anonim. 2017. Vitamin D. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-d/. (Diakses pada 16 Juni 2020)
  2. Gunnar, Kris. 2018. Top 10 Health Benefits of Eating Eggs. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-health-benefits-of-eggs. (Diakses pada 16 Juni 2020)
  3. Gustin, Anthony. Tanpa Tahun. Egg Yolk Nutrition: Top 7 Reasons To Eat The Yolks. https://dranthonygustin.com/egg-yolk-nutrition/. (Diakses pada 16 Juni 2020)
  4. Huizen, Jennifer. 2019. All you need to know about egg yolk. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320445. (Diakses pada 16 Juni 2020)
  5. Kapoor, Swati. 2016. The Amazing Health Benefits of Egg Yolk. https://www.practo.com/healthfeed/the-amazing-health-benefits-of-egg-yolk-4933/post. (Diakses pada 16 Juni 2020)
  6. Nagdeve, Meenakshi . 2020. 10 Surprising Home Remedies For Damaged Hair. https://www.organicfacts.net/damaged-hair.html. (Diakses pada 16 Juni 2020)
  7. Watson, Kathryn. 2018. Egg Yolk for Hair. https://www.healthline.com/health/egg-yolk-for-hair. (Diakses pada 16 Juni 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi