Jangan Dikupas, Kulit Timun Ternyata Beri 3 Manfaat Tak Terduga Ini!

Manfaat-kulit-timun-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Andrew Malone

DokterSehat.Com– Apakah Anda terbiasa mengupas kulit timun sebelum mengolahnya? Jika iya, maka kini ada baiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan tersebut, karena ternyata kulit timun memiliki banyak manfaat yang tak kalah pentingnya bagi tubuh, lho.

Timun sebagai sayuran yang mudah diperoleh di pasaran merupakan salah satu alternatif sayur yang murah dan bergizi. Berbagai olahan atau masakan sayur dari timun juga beragam dan cenderung mudah dibuat.

Timun bisa dikonsumsi secara langsung, di olah sebagai acar atau dicampurkan dalam masakan misalnya sebagai bahan baku menu gado-gado. Rasanya yang segar, sangat cocok dipadukan dengan banyak jenis olahan makanan.

Doktersehat - Mentimun
Photo Credit: Flickr.com/silva erglis

Manfaat kulit timun untuk kesehatan

Terkenal dengan manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi, timun ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa pada bagian kulitnya. Penasaran apa saja manfaat dari kulit timun?

Yuk kita simak apa saja manfaat yang akan dirasakan tubuh jika kita mengonsumsi kulit timun di bawah ini!

1. Sumber serat dan cairan yang baik

Anda tentu sering mendengar bahwa buah dan sayur, utamanya yang memiliki kulit tipis, dianjurkan untuk langsug dikonsumsi tanpa mengupas kulitnya, bukan?

Hal ini juga berlaku untuk timun, dimana dengan mengonsumsi kulit timun kandungan serat yang masuk dalam tubuh akan lebih lengkap.

menyehatkan-kulit-akibat-matahari-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Kandungan serat yang lengkap, meliputi serat larut dan tak larut air akan mendukung fungsi serat tubuh, utamanya pencernaan lebih optimal.

Selain itu, kulit timun juga memiliki kandungan cairan yang cukup tinggi. Hal ini tentu sangat baik untuk pencernaan dan hidrasi tubuh.

2. Kulit timun kaya akan kandungan antioksidan

Selain serat dan cairan, kulit timun terbukti memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari bagian daging timun. Hal ini nampak dari warna kulit timun yang cenderung lebih gelap dari bagian daging timun.

Kulit timun, utamanya yang berwarna hijau gelap, memiliki kandungan antioksidan jenis beta karoten yang tinggi.

Beta karoten ini akan mendukung fungsi vitamin A untuk tubuh lebih maksimal, sehingga manfaat vitamin A, utamanya untuk kesehatan mata akan terserap lebih baik.

gangguan-pada-mata-doktersehatSelain itu, beta karoten juga memberikan fungsi peningkatan kekebalan tubuh, yang akan membuat tubuh lebih kuat melawan virus dan penyakit.

3. Memiliki kandungan vitamin K yang tinggi

Tidak perlu bingung memilih bahan makanan apa yang mengadung banyak vitamin K, pilih saja timun dan konsumsi bersamaan dengan kulitnya

Anda bisa memperoleh manfaat dari asupan vitamin K di kulit timun, yaitu fungsinya untuk mencegah pengenceran darah serta mendukung fungsi pembentukan tulang yang baik.

Photo Credit: Best Vegetable 2017

Nah, itu dia tiga manfaat mengonsumi kulit timun yang super hebat untuk tubuh. Akan tetapi, kadang ada beberapa kulit timun yang terasa pahit, lalu kira-kira, bagaimana cara memilih timun dengan kulit yang baik untuk dikonsumsi?

Tips memilih timun dengan kulit yang baik dikonsumsi

Agar Anda bisa mengonsumsi kulit timun dengan pilihan yang tepat, beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah:

    • Pilih timun yang sudah matang dan segar

Timun yang kulitnya terasa pahit bisa jadi masih mentah, sehingga masih terdapat banyak getah pada bagian bawah kulit.

Untuk itu, Anda bisa memilih timun yang sudah matang, ditunjukkan dengan ukuran yang cukup besar dengan seluruh bagian timun yang proposional, atau bagian pangkal buah tidak mengecil.

manfaat-timun-suri-doktersehat
photo credit : pexels.com

Pastikan timun memiliki tampilan yang segar dan tidak ada bagian yang lembek atau busuk.

    • Usahakan pilih kulit timun berwarna hijau tua dan merata

Kulit timun yang berwarna hijau tua memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Hidari memilih kulit timun yang sudah menguning karena bisa jadi rasanya pahit.

    • Cuci timun dengan benar

Kulit buah yang tipis membuat kita harus mencuci timun dengan benar.

mencuci-buah-dan sayur-doktersehat
Photo Credit: Health And Love Page

Pastikan Anda mencuci timun di air mengalir dan cucilah hingga pestisida atau lapisan lilin pada timun hilang. Kedua hal ini bisa jadi penyebab kulit timun terasa pahit.