Terbit: 13 April 2020 | Diperbarui: 21 Mei 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Manfaat kulit manggis cukup populer di Indonesia. Dibanding dagingnya, kulit buah ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Guna mendapatkan manfaatnya Anda cukup mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak. Apa saja khasiat yang berguna bagi tubuh? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

11 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan (Lengkap)

Kandungan Kulit Manggis

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa komponen dalam buah manggis (Garcinia mangostana L.) yang paling besar adalah kulitnya yakni 70-75%, sedangkan daging buahnya hanya 10-15%, dan bijinya 15-20 %. Kandungan xanthone tertinggi terdapat di dalam kulitnya.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit buah manggis mengandung senyawa yang memiliki aktivitas farmakologi sebagai:

  • Antibakteri
  • Antiinflamasi
  • Antihistamin
  • Antimalaria
  • Antijamur
  • Anti-aging
  • Stroke
  • Terapi HIV

Manfaat Kulit Manggis

Sebelum membahas mengenai khasiat kulit manggis, pada dasarnya semua bagian dari buah manggis mulai dari daging, kulit, sampai bijinya menyimpan manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan senyawa xanthone yang tinggi pada kulit manggis membuatnya banyak digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan.

Berikut ini adalah berbagai manfaat kulit manggis yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mencegah Kulit Keriput

Manfaat kulit manggis yang pertama yaitu berguna untuk membuat kulit lebih muda.

Senyawa xanthone yang berfungsi sebagai anti-aging dapat menghalangi teroksidasinya vitamin dan asam lemak tak jenuh ganda (yang merupakan penyusun dinding sel saraf) oleh radikal bebas. Kondisi ini akan menghambat rusaknya jaringan sel yang menjadi penyebab kulit keriput akibat hilangnya elastisitas kolagen dan otot. Selain itu, kulit manggis juga bisa menghambat perkembangan bintik pigmen seperti flek.

2. Menurunkan Gula Darah

Khasiat berikutnya adalah kemampuannya untuk menurunkan gula darah penderita diabetes.

Meski klaim ini masih dilakukan dalam penelitian yang terbatas, ekstrak kulit manggis terbukti mampu menurunkan gula darah. Namun, penurunan kadar gula darah setiap penderita diabetes berbeda-beda. Hal itu disebabkan karena berbedanya kadar gula awal dan respons sistem metabolisme tubuh terhadap ekstrak yang diberikan.

3. Mencegah Kebutaan Akibat Diabetes

Terkait dengan penjelasan sebelumnya, khasiat kulit manggis yang bisa didapatkan adalah mencegah kebutaan yang disebabkan oleh diabetes.

Perlu diketahui, terganggunya retina mata yang diakibatkan dari komplikasi diabetes bisa berujung pada kebutaan permanen. Semakin lama seseorang menderita diabetes, semakin besar peluangnya untuk mengalami kelainan retina atau retinopati diabetik.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Senyawa xanthone dipercaya dapat menurunkan trigliserida.

Turunnya kadar trigliserida dalam darah pada akhirnya dapat mencegah penyakit jantung. Trigliserida merupakan lipid yang berpengaruh terhadap kerja jantung. Tingginya kadar trigliserida terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner, terutama seseorang yang memiliki masalah kesehatan lain.

5. Menghambat Perkembangan Sel Kanker

Manfaat kulit manggis berikut yang cukup penting adalah mencegah dan mengobati penyakit kanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian microgram gammamangostin pada tikus mampu menghentikan inflamasi dengan menghambat produksi enzym cyclooxygenase -2 (COX-2) penyebab inflamasi. Sementara gammamangostin mempunyai efek antiinflamasi yang lebih baik daripada obat antiinflamasi.

Penelitian lain mengungkapkan, alpha-mangostin yang diisolasi dari kulit manggis mampu menghambat sel leukemia HL-60.

6. Mencegah Tuberkulosis

Senyawa xanthone yang ada di dalam buah manggis menurut sebuah penelitian mampu menghentikan perkembangan bakteri Mycobacterium tuberculosis penyebab tuberkulosis (TBC).

7. Mencegah Terjadinya Alergi

Komponen alami yang ada di kulit manggis selain bisa mencegah peradangan, juga bisa memberi perlindungan dari terjadinya alergi.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain senyawa penting seperti xanthone, manggis juga kaya akan nutrisi seperti mineral dan vitamin yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berbagai nutrisi tersebut mampu melindungi tubuh dari penyakit yang melemahkan sistem imunitas.

9. Mempercepat Penyembuhan

Sifat antibakteri dan antiinflamasi yang ada di dalam manggis bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Jika Anda tidak ingin mengonsumsi ekstrak kulit manggis, Anda bisa menyiapkan rebusan daun dan kulit manggis.

10. Mengatasi Masalah Menstruasi

Jika siklus menstruasi Anda tidak normal, salah satu cara alami yang bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah manggis. Buah ini dipercaya membantu mengatur siklus menstruasi, yang pada akhirnya membuat seorang wanita dapat melakukan aktivitas harian dengan normal.

11. Mengatasi Sariawan

Manfaat kulit manggis yang terakhir adalah kemampuannya untuk mengatasi sariawan. Hal itu dipengaruhi oleh sifat astringen alami yang ada di dalamnya.

Setelah Anda mengetahui berbagai khasiat kulit manggis seperti di atas, hal penting yang perlu diketahui adalah studi perbandingan tahap pematangan, pelarut ekstraksi, dan kualitas bahan mengungkapkan kontribusi signifikan dalam memengaruhi manfaat dan kinerja sifat antioksidan dari ekstrak kulit manggis.

Oleh karena itu, beberapa aplikasi potensial dalam produk makanan, farmasi, dan kosmetik yang mengandung ekstrak manggis dapat dipertimbangkan untuk digunakan. Namun, terkait keamanannya harus dinilai secara menyeluruh. Jika Anda ragu mengenai manfaat kulit manggis, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

  1. Anonim. In vitro antioxidant properties of mangosteen peel extract. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4252444/. (Diakses pada 13 April 2020).
  2. Naja, Ahlun. Fakta Dibalik Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan. https://www.academia.edu/11690706/Fakta_Dibalik_Manfaat_Kulit_Manggis_Bagi_Kesehatan. (Diakses pada 13 April 2020).
  3. Nagdeve, Meenakshi. 12 Powerful Benefits Of Mangosteen. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/mangosteen.html. (Diakses pada 13 April 2020).
  4. Yatman, Eddy. Universitas Borobudur. KULIT BUAH MANGGIS MENGANDUNG XANTON
    YANG BERKHASIAT TINGGI. https://media.neliti.com/media/publications/218735-kulit-buah-manggis-mengandung-xanton-yan.pdf. (Diakses pada 13 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi