Manfaat Kulit Lemon untuk Kulit yang Belum Banyak Diketahui

Lemon-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/TIM HOGGARTH

DokterSehat.Com– Lemon merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan dan vitamin C. Tidak heran jika lemon kerap digunakan untuk merawat dan melindungi kesehatan kulit. Tidak hanya air perasan lemon yang ampuh menjaga kesehatan kulit Anda. Siapa yang menyangka jika kulit dari buah lemon ternyata juga dapat digunakan untuk merawat kulit.

Photo Credit: Flickr.com/TIM HOGGARTH

1. Mencegah Kanker Kulit

Salah satu manfaat dari kulit lemon adalah mencegah kanker kulit. Dilansir dari laman Livestrong hal ini lantaran kulit lemon mampu mengurangi jumlah sel karsinoma yang menjadi penyebab kanker kulit. Hal tersebut juga telah dibuktikan lewat sebuah artikel yang berjudul Lemon Tea Fights Skin Cancer karangan Drs. Iman Hakim dan Robert Harris dari Universitas Arizona.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Air perasan lemon memang mengandung vitamin C yang ampuh mempercepat proses penyembuhan jerawat. Namun, kulit lemon ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang paling banyak menyerang. Anda dapat menggunakan kulit lemon dengan ekstrak lemon atau pun bahan lain. Aplikasikan pada kulit yang berjerawat sebanyak dua kali dalam sehari, yakni saat pagi dan malam hari.

3. Mencerahkan Warna Kulit

Anda juga dapat menggunakan kulit lemon untuk mencerahkan kulit secara alami. Dilansir dari laman Livestrong, kulit lemon mengandung citric acids dan juga plant acids yang membersihkan kulit sekaligus membuatnya tampak lebih cerah. Tidak hanya itu saja, kandungan kedua asam alami pada kulit lemon tersebut juga mampu meluruhkan sel kulit mati sehingga wajah akan tampak bebas kusam.

Kulit lemon yang biasanya langsung dibuang ternyata memiliki beragam manfaat untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Tidak jauh berbeda dengan air perasan lemon, kulitnya juga diperkaya dengan kandungan vitamin dan antioksidan tinggi. Anda dapat menggunakan kulit lemon secara langsung atau mengombinasikannya dengan bahan lain.