Terbit: 9 Juni 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Tidak hanya dagingnya saja, manfaat kulit kentang juga sama bagusnya untuk memenuhi gizi harian dan khasiatnya untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Selengkapnya simak penjelasan di bawah ini, mulai dari kandungan kulit kentang, manfaat, cara mengolah, dan efek samping!

10 Manfaat Kulit Kentang, Kandungan, Cara Mengolah, Efek Samping

Kandungan Kulit Kentang

Memakan kulit kentang alih-alih kentang utuh, Anda juga akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan karena mengandung mineral dan vitamin yang dapat memenuhi angka kecukupan gizi (AKG) harian tubuh.

Berikut ini sejumlah kandungan nutrisi dari dalam satu kulit kentang:

  • Vitamin B5: 10 persen AKG
  • Vitamin B6: 21 persen AKG
  • Karbohidrat: 27 gram atau 9 persen AKG
  • Kalsium: 20 miligram, atau 2 persen AKG
  • Kalium: 332 miligram, atau 7 persen AKG
  • Fosfor: 59 miligram, atau 5 persen AKG
  • Magnesium: 25 miligram, atau 6 persen AKG
  • Mangan: 0,4 miligram, atau 16 persen AKG
  • Protein: 2,5 gram atau 5 persen AKG
  • Serat: 4,6 gram atau 18 persen AKG
  • Tembaga: 0,5 miligram, atau 53 persen AGK
  • Vitamin C: 8 gram, atau 9 persen AKG
  • Zat besi: 4 gram, atau 23 persen AKG
  • Zinc: 0,3 miligram, atau 3 persen AKG

Manfaat Kulit Kentang untuk Kesehatan

Mengonsumsi kulit kentang akan mendapatkan lebih banyak serat, vitamin, dan mineral, serta rendah kalori yang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini sejumlah manfaat kulit kentang yang bisa Anda nikmati:

1. Menyehatkan Pencernaan

Kulit kentang mengandung banyak serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Kandungan seratnya bahkan hampir empat kali lebih banyak daripada kentang panggang dengan kulitnya.

Selain dapat melancarkan buang air besar (BAB), serat dalam kulit kentang juga bermanfaat membantu meringankan divertikulitis, sindrom iritasi usus, wasir dan kondisi usus lainnya. Serat makanan juga diketahui berpotensi mengurangi risiko kanker usus besar.

2. Menyehatkan Tulang

Manfaat kulit kentang dapat membantu menyehatkan tulang karena kandungan mineral di dalamnya dapat memelihara struktur dan kekuatan tulang. Nutrisi ini termasuk kalium, kalsium, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi dan zinc.

Makan kulit kentang dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan membantu mengurangi risiko osteoporosis pada wanita setelah menopause, serta mendukung struktur dan kekerasan gigi dan tulang.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Khasiat kulit kentang juga dapat membantu mengelola tekanan darah secara alami berkat sejumlah kandungan mineral, termasuk kalsium, magnesium, dan potasium. Masing-masing mineral ini memiliki fungsi yang saling berkaitan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.

Potasium membantu fungsi otot untuk melemaskan dinding pembuluh darah, yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium digunakan untuk melakukan sinyal listrik di jantung dalam mengontrol detak jantung yang tidak teratur. Sedangkan magnesium membantu mempertahankan ritme jantung normal dan pengaturan tekanan darah.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kulit kentang sangat baik karena mengandung banyak flavonoid, sejenis fitonutrien yang berkhasiat sebagai antiinflamasi dan antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

Salah satu flavonoid yang ditemukan di kulit kentang adalah quercetin, yang dikenal karena stimulasi sistem kekebalan tubuh dan telah terbukti memiliki sifat antivirus yang dapat menghambat pelepasan histamin. Histamin adalah zat kimia yang dihasilkan sel-sel di dalam tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi.

5. Mencegah Kanker

Kulit kentang mengandung banyak phytochemical yang memiliki aktivitas antioksidan. Selain itu, kandungan kulit kentang juga memiliki memiliki banyak asam klorogenik yang dapat mengikat karsinogen dan mencegah tubuh dari perkembangan kanker.

6. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Selain menyehatkan pencernaan, kandungan serat yang tinggi dengan antioksidan, glikoalkaloid, dan polifenol di dalam kulit kentang juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Guna mendapatkan manfaat kulit kentang yang menyehatkan, konsumsilah olahan kentang yang tidak dikupas kulitnya.

7. Mengontrol Gula Darah

Menambahkan kulit kentang ke dalam makanan bisa mengontrol gula darah. Ini karena dalam kandungan kulit kentang kaya akan serat dan juga nutrisi lain yang diperlukan untuk mencegah naiknya kadar gula darah dalam tubuh.

Khasiat kulit kentang jika dikonsumsi secara rutin atau dalam jangka panjang dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

8. Menurunkan Berat Badan

Kentang mengandung karbohidrat tinggi yang memiliki peran penting dalam mengatur berat badan. Selain itu, kulitnya memiliki lemak, natrium, dan kolesterol dalam jumlah nominal. Ini adalah alasan mengapa manfaat kulit kentang cocok untuk membantu program penurunan berat badan.

9. Mencerahkan Bintik Gelap di Kulit

Meski memiliki bintik-bintik kecil, namun kandungan kulit kentang menawarkan senyawa fenolik, antibakteri, dan antioksidan yang berkhasiat sebagai pemutihan ringan pada bintik-bintik gelap di kulit.

Cara mendapatkan khasiat kulit kentang untuk kulit wajah cukup mudah, Anda hanya menggosok kulit kentang yang sudah dikupas di atas bintik-bintik gelap seperti kulit yang terbakar matahari dan lingkaran hitam. Lakukanlah secara teratur sampai mendapatkan hasil yang maksimal dalam mencerahkan kulit wajah.

10. Mengobati Anemia

Manfaat kulit kentang dapat mencegah kemungkinan kekurangan darah atau anemia. Makan kulit kentang mampu memenuhi asupan zat besi yang tinggi untuk tubuh. Zat besi yang terkandung dalam kulit kentang bisa membantu menjaga jumlah darah tetap stabil.

Baca Juga: 11 Manfaat Ubi Ungu yang Mengagetkan

Cara Mengolah Kulit Kentang

Sebelum mengolahnya, cari kentang organik yang aman dari pestisida karena makan makanan dari produk organik akan lebih menyehatkan tubuh.

Berikut beberapa cara mengolah kulit kentang untuk pengobatan dan kecantikan:

  • Bersihkan kulit kentang. Kulit kentang yang telah dipisahkan dari dagingnya dicuci menggunakan air hingga bersih.
  • Potong kulit kentang. Mengupas kulit kentang biasanya memanjang, untuk itu potong menjadi beberapa bagian agar mudah dikonsumsi atau diolah untuk perawatan kulit.
  • Rebus kulit kentang. Rebus dalam air selama lima menit. Air rebusan air kulit kentang bermanfaat sebagai ramuan untuk mengobati rematik, hipertensi, dan masalah kesehatan lainnya.
  • Memanggang kulit kentang. Cara yang lebih baik untuk memakannya agar mendapatkan manfaat untuk kesehatan, adalah dengan membuat kentang panggang dan ditambahkan sedikit mentega, garam, dan merica, serta toping (misalnya paprika, tomat, atau sayuran lainnya).
  • Menghaluskan kulit kentang. Kulit yang sudah dihaluskan dicampur sedikit susu sampai menjadi pasta kental. Oleskan pasta ini ke kulit wajah dan biarkan selama 15 hingga 30 menit. Bilas wajah dan keringkan dengan handuk bersih.

Efek Samping Kulit Kentang

Mengonsumsi kulit kentang aman, namun orang yang memiliki penyakit kelamin dan cenderung mengalami afrodisiak tidak disarankan mengonsumsinya karena memiliki racun alkaloid yang mempengaruhi organ seksual. Orang yang memiliki alergi (gatal, kemerahan, pembengkakan) juga harus menghindarinya.

_

Itulah khasiat kulit kentang untuk kesehatan hingga efek sampingnya bagi tubuh. Meski pengobatan alami yang direkomendasikan, namun efektivitasnya belum terbukti secara medis. Menggunakan kulit kentang untuk pengobatan sebaiknya dibarengi dengan pola hidup sehat.

Sebelum mengonsumsi kulit kentang, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang kondisi medis yang diderita, alergi, dan dosisnya ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Health benefits of Potato Skin. https://www.healthbenefitstimes.com/potato-skin/. (Diakses pada 9 Juni 2020)
  2. Kerr, Gord. 2019. The Benefits of Eating Potato Skins. https://www.livestrong.com/article/442807-the-benefits-of-eating-potato-skins/. (Diakses pada 9 Juni 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi