Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Produksi melanin di dalam tubuh, di bagian epidermis menentukan warna kulit yang akan Anda miliki. Bila jumlah melanin semakin banyak, maka kulit akan berwarna semakin gelap. Begitu juga sebaliknya. Jangan khawatir jika kulit Anda gelap, kandungan melanin pada kulit yang banyak, ternyata menyimpan beberapa keuntungan. Dilansir dari Atlanta Black Star, berikut ulasannya.

Manfaat yang Akan Anda Dapatkan Jika Kulit Kaya Melanin

1. Melanin Penting untuk Otak, Saraf, dan Fungsi Organ

Pada manusia, melanin adalah penentu utama warna kulit dan rambut. Namun, beberapa orang tahu bahwa melanin ditemukan di hampir setiap organ tubuh dan diperlukan oleh otak dan saraf untuk beroperasi, mata untuk melihat, dan sel untuk bereproduksi. Selain itu, melanin juga ditemukan di vaskularis stria dari telinga bagian dalam.

Bukan hanya ity, bahkan di otak, juga terdapat jaringan dengan melanin termasuk medula dan pigmen-bantalan neuron di daerah batang otak, seperti lokus coeruleus dan substansia nigra. Pun terdapat di zona retikularis kelenjar adrenal. Sehingga, kandungan melanin yang tinggi, membawa berita bagus untuk fungsi organ vital lainnya.

2. Melanin dapat Menghancurkan Radikal Bebas

Radikal bebas telah terlibat sebagai penyebab kerusakan luas pada sel manusia. Dalam sebuah artikel yang ditulis untuk situs web Sun and Your Skin, Diana Clarke, menulis tentang peran melanin dalam mengais-ngais radikal bebas, mencegah kerusakan kulit yang dapat mereka sebabkan. Bagaimana? Mengetahui hal ini merasa beruntung bukan sudah kaya akan melanin? Anda akan lebih besar terlindungi dari radikal bebas.

3. Perlindungan Superior dari Efek Radiasi Ultraviolet

Paparan sinar matahari berpotensi menyebabkan penuaan dini pada kulit, serta berbagai kanker kulit. Kemampuan Anda untuk menahan efek merusak dari radiasi ultraviolet matahari bergantung pada jumlah melanin di kulit Anda, yang ditentukan oleh jumlah melanosit akrif pada kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Melanin adalah penyerap cahaya yang efektif; pigmen mampu mengusir lebih dari 99,9% radiasi UV yang diserap. Bahkan pada orang yang paling berkulit terang sekalipun, melanosit tubuh merespons paparan sinar matahari dengan menghasilkan lebih banyak melanin, karena itu, sehabis terkena matahari, kulit akan cenderung lebih gelap.

Namun, untuk tingkat perlindungan tertinggi yang dapat diberikan oleh melanin secara signifikan adalah tetap pada kulit yang lebih gelap secara alami.

Ketiga keunggulan kulit yang kaya melanin di atas, membuktikan bahwa yang kita lihat buruk, tidak menyenangkan, tidak selamanya seperti itu. Ada hal-hal lain yang menguntungkan bagi si kulit hitam.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi