Terbit: 1 Desember 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Selain buahnya, kulit jeruk juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Cari tahu apa saja khasiat dari kulit jeruk melalui informasi di bawah ini!

14 Manfaat Kulit Jeruk yang Jarang Disadari

Kulit Jeruk dan Kandungan Nutrisinya

Bukan tanpa alasan mengapa kulit jeruk punya dampak positif bagi kesehatan tubuh, entah jika Anda memakannya secara langsung—diolah menjadi jus—atau menjadikannya krim kulit. Ini karena pada kulit buah berwarna oranye tersebut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti:

  • Vitamin A
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Piridoksin
  • Folat
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Serat

Selain itu, pada kulit ini juga terkandung polifenol. Polifenol adalah senyawa alami yang memiliki sifat antioksidan dan berdasarkan penelitian telah terbukti mampu membantu mencegah dan mengatasi sejumlah penyakit kronis.

Manfaat Kulit Jeruk bagi Kesehatan Tubuh

Mulai sekarang, setiap Anda makan jeruk, jangan langsung buang kulitnya. Alih-alih membuangnya, Anda bisa mengolah kulit menjadi minuman jus atau krim topikal guna mendapatkan manfaat ajaibnya berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Manfaat kulit jeruk yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan paru-paru dan mencegah organ pernapasan tersebut dari penyakit. Ini karena pada kulit tersebut terdapat kandungan vitamin C.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Vitamin C pada kulit buah tersebut berfungsi untuk membersihkan paru-paru, pun saluran pernapasan. Dengan demikian, kinerja sistem pernapasan Anda dapat bekerja dengan baik.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Sejumlah sumber mengatakan jika kulit jeruk juga diperkaya oleh komponen-komponen alami seperti:

  • Citral
  • Decanal
  • Limonene

Komponen-komponen alami tersebut kabarnya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan fungsi mata. Akan tetapi, bukti ilmiah yang mendukung hal ini masih sedikit sehingga belum dapat dipastikan kebenarannya.

3. Membantu Mengatasi Peradangan

Sebuah penelitian menunjukkan bagaimana kulit jeruk memiliki sifat antiinflamasi yang sangat baik. Penelitian lebih lanjut bahkan menemukan jika kulit jeruk dapat menekan peradangan dengan cara yang mirip dengan obat antiinflamasi yakni indometasin.

Ini karena pada kulit tersebut juga terkandung flavonoid. Senyawa ini diketahui dapat menembus sel membran untuk menyembuhkan peradangan.

4. Merawat Kesehatan Sistem Pencernaan

Makan kulit jeruk juga bisa membantu merawat kesehatan sistem pencernaan Anda. Bagaimana bisa? Jawabannya tidak lain karena pada kulit tersebut terkandung serat.

Sebagaimana kita ketahui, serat merupakan zat yang sangat erat kaitannya dengan kesehatan sistem pencernaan. Kekurangan asupan serat pun tak pelak kerap memicu terjadinya sejumlah gangguan pencernaan, seperti sembelit alias susah buang air besar.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi jus kulit jeruk bisa menjadi salah satu cara yang bisa diterapkan. Ya, kandungan kalori yang sedikit membuat kulit ini dapat menjaga agar berat badan tetap terkendali.

Lagipula, pada kulit juga terkandung serat. Ini dapat menghasilkan efek kenyang yang lebih lama sehingga frekuensi makan bisa dikurangi yang mana hal tersebut penting untuk membuat berat badan turun.

6. Membantu Mengendalikan Diabetes

Manfaat kulit jeruk selanjutnya adalah untuk mengendalikan diabetes. Ini karena padanya terkandung pektin. Pektin adalah serat yang menurut penelitian dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Penelitian lain juga menunjukkan bagaimana pengobatan dengan ekstrak kulit jeruk dapat membantu mencegah nefropati diabetik. Selain itu, kandungan zat pada kulit bekerja dengan menyingkirkan protein RLIP76. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya lonjakan gula darah yang berujung pada diabetes.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Kulit jeruk kaya akan flavonoid yang disebut hesperidin. Menurut penelitian, hesperidin ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Seperti yang kita ketahui, keduanya merupakan faktor utama pemicu penyakit jantung.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Jeruk Purut yang jarang Disadari

8. Melindungi Gigi

Pada kulit jeruk juga terkandung zat-zat yang bersifat antibakteri. Hal ini lantas membuat kulit tersebut dapat mencegah masalah pada tubuh akibat infeksi bakteri, salah satunya kerusakan gigi.

Selain melindungi gigi dari kerusakan, kulit jeruk juga memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan gigi, yakni memutihkan gigi. Ya, menggosokkan kulit jeruk—atau pasta yang dicampur dengan esktrak kulit jeruk—dapat membantu mengembalikan putih gigi secara alami karena padanya terkandung senyawa bernama limonene.

9. Merawat Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat dan terawat tentu menjadi impian banyak orang, termasuk Anda salah satunya. Nah, dari sekian banyak cara alami untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terawat, menggunakan kulit jeruk adalah salah satunya.

Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan kulit wajah maupun kulit di area lainnya ini tidak lepas dari adanya kandungan vitamin C. Vitamin tersebut memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu merawat sel-sel kulit dan melindunginya dari kerusakan.

10. Meminimalisir Risiko Kanker

Kandungan flavonoid dalam kulit jeruk bekerja dengan cara menghambat protein RLIP76. Protein ini memiliki keterkaitan dengan penyakit kanker. Sehingga, mengonsumsinya akan membuat Anda terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

11. Mencegah Penyakit Alzheimer

Apakah ada manfaat kulit jeruk bagi otak? Tentu saja ada. Kulit buah ini menurut penelitian ternyata dapat membantu mencegah—atau setidaknya meminimalisir risiko—penyakit Alzheimer.

Khasiat kulit jeruk yang satu ini tidak lepas dari adanya kandungan senyawa polifenol. Polifenol diklaim dapat merawat sel-sel otak sehingga organ tersebut terhindar dari kerusakan yang salah satunya dapat memicu penyakit Alzheimer ini.

12. Mengatasi Reaksi Alergi

Mengatasi reaksi alergi akibat respons keliru dari sistem kekebalan tubuh dapat Anda atasi dengan cara alami, salah satunya mengonsumsi jus kulit jeruk. Ya, kandungan komponen aktif pada kulit ini ternyata dapat mencegah sistem imun menghasilkan histamin, yakni senyawa yang memunculkan reaksi alergi seperti kulit gatal dan hidung bersin tersebut.

Namun, efek ini mungkin tidak berlaku bagi semua orang. Oleh karena  itu, sebaiknya tetap menggunakan obat-obatan medis antihistamin—dengan resep dokter—guna meredakan reaksi alergi tersebut.

13. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kulit jeruk lainnya yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda yang rutin mengonsumsinya jadi tidak rentan terserang penyakit. Lagi-lagi, hal ini karena pada kulit tersebut terkandung vitamin C, sama seperti buahnya. Vitamin ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh, dan salah satunya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

14. Merawat Kesehatan Rambut

Beraktivitas di bawah sinar matahari serta udara yang penuh dengan polusi tidak hanya merusak kulit, tetapi juga merusak rambut. Tidak heran jika rambut tampak lebih kusam, kasar, dan mudah patah. Kendati demikian, hal tersebut dapat teratasi dengan menggunakan kulit jeruk.

Kombinasi antara buah dan kulit jeruk akan menutrisi kulit kepala dan rambut secara optimal. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang notabene merupakan sumber antioksidan juga menjadikan kulit kepala dan rambut terlindungi dari dampak buruk akibat radikal bebas. Jadi jangan heran jika rambut tampak lebih berkilau.

 

  1. Anonim. 2018. Orange Peel For Weight Loss: Here’s Why You Can Use Orange Rind To Burn Fat. https://food.ndtv.com/food-drinks/orange-peel-for-weight-loss-heres-why-you-can-use-orange-rind-to-burn-fat-1857602 (accessed on 1 December 2020)
  2. McGrane, K. 2019. Can You Eat Orange Peels, and Should You? https://www.healthline.com/nutrition/can-you-eat-orange-peels#benefits (accessed on 1 December 2020)
  3. Tadimalla, R. 2019. Top 10 Benefits Of Orange Peels – Why They Make Your Life Better. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-orange-peels-for-beauty-and-health/ (accessed on 1 December 2020)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi