10 Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan

kolang-kaling-doktersehat
Photo Credit: Wikipedia

DokterSehat.Com– Saat berpuasa, kolak dan es campur yang terdiri dari pisang, kelapa muda, candil, dan kolang-kaling merupakan salah satu jenis takjil yang paling banyak digemari. Rasanya yang manis dan lezat sangat cocok untuk dinikmati ketika berbuka puasa. Tak hanya melepas dahaga, manfaat kolang-kaling ternyata baik untuk kesehatan.

Kolang-kaling merupakan jenis buah yang berwarna putih dan memiliki tekstur kenyal ketika dimakan. Kolang kaling sering dianggap sebagai makanan ringan yang memiliki rasa lezat ketika diolah menjadi kolak atau olahan makanan manis lainnya.

Manfaat Kolang-kaling bagi Kesehatan

Selain enak, berikut ini khasiat kolang-kaling yang baik untuk kesehatan Anda, Teman Sehat!

1. Baik untuk pencernaan

Ketika berpuasa, seringkali pencernaan tidak bekerja dengan baik sehingga menimbulkan masalah pada pencernaan. Kondisi tersebut membuat tubuh terasa tidak nyaman selama berpuasa. Ternyata, untuk mengatasi masalah tersebut, kolang-kaling menjadi solusinya. Sebab, manfaat kolang-kaling dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan kolang-kaling mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa mengatasi masalah sulitnya buang air besar.

2. Memperkuat tulang

Selama ini Anda mungkin hanya tahu bahwa untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang hanya perlu minum susu setiap hari. Namun, tidak hanya susu saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Khasiat kolang-kaling ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar kalsium yang terkandung di dalam kolang-kaling yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

3. Menurunkan merat badan

Kolang kaling juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Sebab, selain mengandung karbohidrat yang bisa diandalkan sebagai sumber energi bagi tubuh, kolang-kaling juga ternyata mengandung gelatin yang dapat menekan nafsu makan berlebihan. Sehingga, bisa dijadikan sebagai makanan yang tepat pada saat program diet Anda berlangsung.

4. Menyehatkan jantung

Serat yang tinggi dalam kolang-kaling juga dapat menyehatkan jantung, karena serat kolang-kaling dapat membantu membersihkan pembuluh darah dari kolesterol, yang memicu penyakit arterioclerosis, ini karena terhalangnya sistem kardiovaskular.

5. Cegah anemia

Kandungan zat besi dalam kolang-kaling merupakan komponen dari hemoglobin, yang bermanfaat memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Jika zat besi dalam tubuh tercukupi, maka tubuh dapat mencegah terjadinya anemia.

6. Mencegah dehidrasi

Manfaat kolang-kaling dapaat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, karena kandungan air dan tinggi serat, serta banyak mengandung vitamin dan mineral. Makan kolang-kaling memang menyegarkan, karena makanan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

7. Menguatkan tulang

Selain menyegarkan, khasiat kolang kaling juga dapat menguatkan tulang, karena kolang kaling merupakan sumber kalsium. Kalsium dapat menjaga kesehatan tulang serta memperkuatnya, sehingga membantu mencegah osteoporosis.

8. Menjaga metabolisme tubuh

Kolang kaling memiliki kandungan mineral, seperti zat besi, zink, kalium, dan kalsium, ini bermanfaat membantu proses metabolisme dalam sel-sel tubuh. Sehingga tubuh memiliki jumlah energi dan menyehatkan tubuh.

9. Meremajakan kulit

Kolang-kaling juga mengandung kolagen yang cukup tinggi sehingga bermanfaat dalam peremajaan kulit. Coccok buat Anda yang ingin tampak awet muda.

10. Kaya vitamin dan kandungan gizi lainnya

Tubuh membutuhkan vitamin dan gizi yang cukup agar tetap selalu sehat. Vitamin dan gizi tersebut bisa Anda dapatkan pada kolang-kaling. Sebab, kolang-kaling merupakan paket lengkap untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin. Kolang-kaling juga mengandung mineral, serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi, yang semuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh.