5 Manfaat Kolagen untuk Kulit, Perut, dan Persendian

manfaat-kolagen-untuk-tubuh-doktersehat

DokterSehat.Com – Begitu mendengar kata kolagen, apa yang langsung Anda pikirkan saat ini? Kemungkinan besar berhubungan dengan kesehatan wajah. Kolagen adalah asam amino yang selama ini dianggap mampu melindungi kulit dan mencegahnya dari penuaan dini meski usia dari wanita tidak muda lagi.

Nah, apakah kolagen hanya berhubungan dengan kesehatan kulit saja? Jawabannya adalah tidak. Asam amino yang sangat penting ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh khususnya yang berhubungan dengan kesehatan perut dan juga persendian di dalam tubuh.

Manfaat kolagen untuk kesehatan tubuh

Secara umum, kolagen adalah salah satu jenis asam amino yang terdiri dari proline, glycine, glutamine, dan arginine. Komponen ini akan saling mengikat satu dengan yang lain untuk memberikan cukup banyak manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat dari kolagen yang sangat besar untuk kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Salah satu manfaat dari kolagen yang sangat besar adalah menjaga kesehatan dari kulit. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, pemberian dosis kolagen pada  sekelompok wanita dengan usia 35-55 tahun, didapatkan hasil yang cukup baik. Pemberian kolagen bisa menurunkan kadar pada kulit dan membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Kolagen juga diketahui bisa mengurangi penurunan jumlah air di dalam tubuh dan meningkatkan elastisitas dengan sempurna. Pemberian kolagen juga mencegah terjadi selulit dan stretch mark yang sangat mengganggu apalagi muncul di bagian kulit perut dan juga kaki. Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan kolagen banyak atau mengonsumsi suplemen kalau takut tidak bisa mencukupinya.

  1. Mengatasi masalah persendian

Setiap tulang akan disambungkan dengan persendian atau ligamen. Di dalam persendian ini banyak terdapat kolagen yang bisa digunakan untuk membantu pergerakan. Kalau jumlah kolagen di persendian menurun dengan cukup drastis, Anda akan sering mengalami masalah persendian yang rasanya sangat menyakitkan.

Masalah persendian ini biasanya sering sekali dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Namun, semua orang bisa tetap mengalaminya apa pun usianya. Kalau Anda tidak ingin mengalami masalah persendian yang sangat mengganggu, ada baiknya untuk banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan kolagen yang daftarnya bisa Anda lihat pada pembahasan akhir artikel ini.

  1. Membantu menyembuhkan masalah perut

Perut sering sekali mengalami masalah berupa rusaknya permukaan akibat sembelit atau gangguan pencernaan dan pembuangan. Kolagen yang merupakan protein atau asam amino ini bisa melindungi lapisan luar dari usus dan saluran cerna sehingga luka atau mungkin inflamasi bisa segera disembuhkan dan tidak menyebabkan masalah.

Kolagen juga menjaga jumlah mikroba yang ada di dalam usus. Akhirnya usus tidak akan mengalami gangguan dan kerja dari flora normal atau mikroba baik di dalam sana bisa maksimal untuk ikut membusukkan makanan hingga membantu pengeluaran saat buang air besar.

  1. Meningkatkan metabolisme

Mengonsumsi makanan dengan kandungan kolagen yang tinggi bisa meningkatkan metabolisme pada tubuh. Kolagen membuat tubuh memiliki otot yang lean atau bebas lemak. Saat otot bebas lemak tumbuh cukup banyak di dalam tubuh, metabolisme juga akan meningkat.

Kalau Anda ingin memiliki otot besar dan bebas lemak, makanan dengan kandungan kolagen tinggi cukup direkomendasikan. Konsumsi setiap hari dan variasikan dalam diet agar tidak bosan

  1. Menguatkan gigi dan kuku

Gigi dan juga butuh dikuatkan agar tidak murah atau mengalami pengeroposan. Gigi yang tidak mendapatkan cukup banyak asupan nutrisi biasanya mudah keropos sedikit demi sedikit dan tahu-tahu bolong di beberapa tempat. Kuku juga demikian. kalau asupan kolagen di tubuh terpenuhi kuku mudah patah dan robek tidak akan terjadi lagi.

Sumber utama kolagen

Kolagen bisa didapatkan dari beberapa bahan makanan. Kalau Anda ingin memenuhi asupan asam amino ini, ada baiknya mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini.

  • Sebenarnya gelatin merupakan kolagen yang dibuat menjadi serbuk kering. Gelatin biasanya terbuat dari beberapa jaringan dari hewan seperti sapi. Pengolahan gelatin dilakukan dengan mencampurnya dengan air atau agar-agar untuk memberikan rasa yang lebih nikmat dan mudah sekali dikonsumsi.
  • Kaldu dari tulang. Beberapa tulang dari sapi biasanya masih mengandung bagian yang tersambung ke otot atau sendi-sendi yang akan meleleh jika terkena air panas. Setelah dimasak selama beberapa jam semua sari dari tulang dan zat yang ada di sekitarnya akan larut dan bisa digunakan sebagai sumber gelatin.
  • Putih telur. Kalau Anda mengonsumsi putih telur secara rutin, tubuh akan mendapatkan asupan glycine dan proline yang merupakan asam amino pembentuk kolagen. Anda bisa mengonsumsi putih telur setiap hari atau seminggu 3 kali untuk menyuplai kolagen ke dalam tubuh.
  • Tanaman yang banyak berasal dari laut dan masuk dalam kategori ganggang atau alga ini memiliki banyak sekali kandungan asam amino pembentuk kolagen. Selain itu, spirulina yang banyak digunakan sebagai suplemen ini juga mengandung banyak sekali zat besi.
  • Buah jeruk dan sejenisnya. Jeruk mengandung glycine dan proline yang merupakan elemen kolagen. Dengan mengonsumsi jeruk, kebutuhan kolagen di tubuh khususnya kulit akan terpenuhi. Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Makanan yang mengandung sulfur atau aroma tidak sedap. Beberapa jenis makanan yang masuk dalam jenis ini adalah bawang putih, bawang merah, brokoli, dan kubis.

Kolagen adalah nutrisi yang sangat penting tidak hanya untuk wajah saja. Kalau Anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat setiap saja, tambahkan bahan makanan yang cukup banyak mengandung kolagen ke dalam diet. Selanjutnya selalu atur pola makan dengan baik dan jangan pernah melupakan olahraga.