Selain Bagus untuk Kulit, Inilah 7 Manfaat Lain dari Kolagen

manfaat-kolagen-doktersehat

DokterSehat.Com – Jika Anda mendengar kata kolagen, sebagian besar akan langsung membayangkan beragam produk kecantikan yang menawarkan perawatan bagi kulit. Dalam realitanya, kolagen memiliki fungsi yang jauh lebih besar dari sekadar memberikan tampilan kulit lebih optimal. Apa saja manfaat kolagen yang berguna bagi kesehatan tubuh?

Mengenal Lebih Jauh Apa itu Kolagen

Sebelum Anda mengetahui manfat kolagen atau manfaat collagen, Anda juga perlu apa itu kolagen. Kolagen sendiri secara harafiah bisa disebut sebagai semacam protein yang memiliki pengaruh besar bagi tulang, gigi, persendian, otot, dan tentu saja kulit.

Pada kulit, kolagen bisa memengaruhi kekenyalan dan kekuatan kulit. Senyawa protein ini juga memengaruhi pergantian sel kulit lama oleh sel kulit baru. Namun seiring berjalannya waktu, kulit bisa kehilangan kekencangan dan kehilangan elastisitasnya akibat dari produksi kolagen yang berkurang.

Perlu diketahui, di dalam tubuh sendiri terdapat setidaknya 27 jenis kolagen yang memiliki peran masing-masing. Secara umum, dunia medis membagi kolagen menjadi kolagen alami dan kolagen sintetis.

Kolagen alami bisa kita dapatkan dari konsumsi makanan sehat sehari-hari layaknya ikan, sayuran, dan buah-buahan. Sementara itu, kolagen sintetis banyak ditemukan dalam obat-obatan.

Kolagen sendiri memiliki peran besar dalam menjaga lancarnya peredaran darah dan kesehatan mata. Dinding pembuluh darah arteri dan pembuluh darah kapiler akan lebih kuat dengan adanya kolagen sehingga risiko pecahnya pembuluh darah bisa diminimalisir.

Kolagen juga memiliki peran besar dalam menjaga cakram optik yang memengaruhi normalnya penglihatan. Bagi otot-otot tubuh sendiri, kolagen bisa berperan besar dalam menjaga serat otot rangka dan otot polos yang berpengaruh besar pada kekuatan otot.

Bahkan, manfaat kolagen lainnya adalah memiliki peran besar dalam membentuk tulang dan gigi yang semakin kuat. Selain itu, regenerasi dari sel tulang dan gigi juga akan semakin baik jika kita banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kolagen.

Selain beberapa manfaat kolagen seperti yang dijelaskan di atas, terdapat beberapa manfaat lain yang harus Anda tahu, di antaranya:

  1. Meredakan nyeri sendi

Ketika tulang rawan Anda melemah dan memburuk seiring bertambahnya usia, Anda mungkin mulai merasa kaku dan sendi-sendi mulai terasa sakit. Guna mengatasi masalah ini, Anda harus mendapatkan manfaat kolagen karena kolagen dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri sendi.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa mereka yang memiliki gejala osteoarthritis dan rheumatoid arthritis mengalami penurunan rasa sakit saat mendapatkan asupan kolagen.

2. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Manfaat kolagen berikutnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan kulit dan rambut. Meningkatnya kadar kolagen dalam tubuh ini dapat membuat kulit lebih kencang, meningkatkan kehalusan, dan membantu sel-sel kulit untuk terus memperbarui dan memperbaiki kondisi agar tetap normal.

Konsumsi kolagen selama delapan minggu berturut-turut dapat meningkatkan elastisitas kulit, kelembapan kulit dan tingkat kekasaran kulit. Hal ini membuat kolagen menjadi salah satu bahan perawatan kulit alami terbaik yang bisa Anda gunakan.

Meningkatnya elastisitas kulit melalui asupan kolagen dapat membantu mengurangi lekukan pada kulit.

3. Membantu membangun otot dan membakar lemak

Kolagen adalah komponen utama dari jaringan otot, sehingga bukanlah hal mengejutkan jika hal itu dapat memiliki dampak besar dalam membangun massa otot. Manfaat kolagen ini didapatkan karena kolagen juga mengandung jumlah glisin terkonsentrasi, asam amino yang terlibat dalam sintesis creatine. Dengan begitu, hal ini dapat memberikan otot bahan bakar yang diperlukan saat Anda melakukan latihan.

4. Mengurangi selulit

Selain menjaga kulit Anda sehat dan bersinar, manfaat kolagen juga dapat membantu memperbaiki munculnya selulit. Selulit adalah ketika lapisan lemak di bawah kulit mendorong melawan jaringan ikat, sehingga menciptakan penampilan berlesung pipit atau bergelombang.

Meskipun tampaknya menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi apakah kolagen membantu mengurangi penampilan selulit. Sebuah tinjauan tahun 2015 menemukan bahwa hanya acoustic wave therapy yang memiliki manfaat potensial untuk mengobati selulit.

Meski begitu, diperkirakan 80 hingga 90 persen wanita memiliki selulit. Ini adalah kondisi alami dari penuaan dan pembentukkan kulit.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Perlu diketahui, kolagen berada di jaringan ikat usus dan membantu mendukung serta memperkuat lapisan pelindung saluran pencernaan. Hal ini penting karena menjadi penghalang sindrom usus bocor yang memungkinkan sejumlah partikel asing masuk ke aliran darah.

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang-orang yang memiliki tingkat kolagen lebih rendah berisiko mengalami penyakit radang usus. Oleh karena itu, Anda bisa membantu membangun jaringan yang melapisi saluran pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus yang lebih baik dengan kolagen.

Selain itu, asam amino dalam kolagen membantu membangun jaringan yang melapisi kolon dan saluran pencernaan, di mana hal itu dapat membantu mengobati gejala dan gangguan gastrointestinal, termasuk sindrom usus bocor, irritable bowel syndrome, acid reflux, penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Selain itu, manfaat collagen lainnya juga membantu penyerapan air di dalam usus.

6. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Prolin salah satu asam amino yang membantu dinding arteri melepaskan penumpukan lemak dalam aliran darah, mengecilkan lemak di arteri dan meminimalkan penumpukan lemak. Prolin diperlukan untuk perbaikan jaringan di dalam sendi dan arteri serta membantu mengontrol tekanan darah.

Sebagai bagian dari kolagen yang ditemukan di dalam persendian, prolin menyangga tubuh dari efek getaran atau goncangan dan membantu menjaga tulang rawan seiring bertambahnya usia. Manfaat collagen lanjutan juga terkait dengan pencegahan arteriosclerosis karena menjaga arteri tetap bersih dari penumpukan plak yang berbahaya.

Selain itu, arginine dalam kolagen membantu produksi oksida nitrat, yang memungkinkan vasodilatasi yang lebih baik—artinya pelebaran arteri dan relaksasi sel otot dan pembuluh darah memungkinkan sirkulasi yang lebih baik.

7. Meningkatkan kesehatan hati

Jika Anda ingin mendetoksifikasi tubuh Anda dari zat berbahaya, meningkatkan aliran darah dan menjaga jantung Anda tetap optimal, Anda bisa mendapatkannya dari kolagen. Kandungan glisin di dalam kolagen membantu meminimalkan kerusakan yang dialami hati saat menyerap zat asing, racun, atau alkohol melebihi ambang batas.

Penelitian bahkan menemukan bahwa glisin dapat digunakan untuk membantu mengurangi kerusakan hati akibat alkohol dan bentuk lain dari luka hati akut atau kronis.

Nah, itulah beberapa manfaat kolagen yang berguna bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba.