11 Manfaat Kol untuk Kesehatan (No. 7 Tak Disangka)

gambar-kol-doktersehat

DokterSehat.Com – Meskipun kol termasuk sayuran yang bisa memicu perut kembung tetapi ada beberapa manfaat kol bagi kesehatan yang akan mengejutkan Anda. Oleh karena itu, jangan tergesa-gesa untuk menghindari kol karena Anda akan kehilangan khasiat kol yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Masyarakat juga mengenal kol dengan sebutan lain yaitu kubis. Ada berbagai varian dari spesis kol berdasarkan warna, di antaranya hijau, ungu, merah dan putih. Semua varian kol tersebut sama-sama memiliki manfaat yang mengesankan bagi kesehatan.

Kandungan zat gizi kol

Sayuran jenis cruciferous seperti brokoli, kol atau kubis, dan lainnya memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan golongan sayuran cruciferous kaya akan zat-zat gizi yang sangat penting bagi tubuh. Berbagai khasiat kol yang ada tidak lepas dari kandungan gizinya.

Ada berbagai kandungan zat gizi yang dikandung oleh tanaman kol. Beberapa kandungan zat gizi dari kol di antaranya adalah protein, serat, vitamin K, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin A, kalsium, potasium, zat besi, magnesium, mangan, dan lainnya.

Manfaat kol bagi kesehatan tubuh

Di balik gas yang dihasilkannya, ternyata sayuran kol memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Berbagai manfaat kol ini bisa meningkatkan kesehatan Anda dan bahkan mencegah dari berbagai jenis penyakit.

Berikut ini adalah beberapa khasiat kol bagi tubuh:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kol bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini dikarenakan kandungan vitamin C yang ada di dalam kol. Kandungan vitamin C pada kol membuat tanaman kol termasuk tanaman yang kaya akan antioksidan.

Zat antioksidan pada tanaman kol juga bermanfaat untuk proses detoksifikasi tubuh. Khasiat kol yang lain melalui kandungan antioksidannya adalah membuang racun-racun dari dalam tubuh. Darah di dalam tubuh akan menjadi bersih karena terbebas dari racun.

2. Mengobati peradangan dan infeksi

Peradangan dan infeksi biasa dialami oleh banyak orang. Jangan terlalu cepat untuk mengambil obat-obatan kimia untuk mengatasi infeksi atau peradangan. Manfaat kol ternyata mampu mengobati peradangan dan infeksi.

Kandungan sulfur dan glutamin di dalam kol memiliki sifat antiinflamasi yang cukup kuat. Khasiat kol bisa untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, iritasi, dan lainnya. Selain itu, kol juga berkhasiat untuk mengobati infeksi karena bisa melawan mikroba penyebab infeksi.

3. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Kondisi kesehatan saluran pencernaan sangat memengaruhi kesehatan tubuh. Saluran pencernaan yang sehat bisa menjaga kesehatan tubuh dan sebaliknya. Apabila saluran pencernaan memiliki masalah maka tubuh juga akan mengalami beberapa masalah.

Manfaat kol bisa untuk menjaga dan meningkatkan saluran pencernaan. Meskipun kol banyak menghasilkan gas tetapi khasiat kol bagi saluran pencernaan tidak boleh diabaikan. Kol kaya akan serat dan kandungan gizi lainnya. Zat-zat ini bisa mengatasi masalah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus.

4. Menjaga kesehatan jantung

Mungkin tidak terpikirkan sebelumnya oleh Anda bila kol berkhasiat menjaga kesehatan jantung. Tanaman kol memiliki kandungan polifenol yang cukup melimpah. Kandungan polifenol ini bisa menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah.

Sebagaimana yang diketahui bahwa kolesterol LDL adalah kolesterol jahat yang bisa mengancam kesehatan jantung. Apabila kadar kolesterol LDL menurun maka hal ini pun bisa menurunkan risiko gangguan kardiovaskular sehingga jantung menjadi lebih sehat.

5. Mengontrol tekanan darah

Tubuh memerlukan tekanan darah yang normal yaitu tidak tinggi dan tidak rendah. Tekanan darah tinggi (hipertensi) ataupun tekanan darah rendah (hipotensi) sama-sama tidak sehat. Keduanya bisa membuat tubuh sakit dan memicu penyakit lainnya.

Tanaman kol terutama yang berwarna merah memiliki kandungan antosianin yang bisa membuat arteri menjadi lebih lentu sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Manfaat kol yang satu ini juga terkait erat dengan kesehatan jantung.

6. Menjaga kesehatan tulang

Kesehatan tulang sangatlah penting bagi tubuh. Tulang berfungsi untuk menyokong struktur tubuh, bergerak, dan melindungi organ-organ dalam yang lunak. Dengan demikian, kesehatan tulang harus selalu dijaga.

Anda perlu mengonsumsi kol karena manfaat kol bisa untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini disebabkan kandungan kalsium, magnesium, dan mineral lainnya di dalam kol. Mineral adalah zat gizi mikro yang memiliki manfaat erat terkait tulang. Konsumsi kol bisa mencegah terjadinya osteoporosis.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Otak adalah organ vital tubuh yang memainkan peranan penting bagi tubuh. Segala perintah untuk tubuh bersumber dari otak. Tanpa otak yang optimal maka produktivitas yang baik akan sulit terwujud. Oleh karena itu, konsumsilah sayuran kol untuk mendukung produktivitas Anda.

Manfaat kol bisa untuk meningkatkan kesehatan otak. Kandungan yodium, antosianin, dan vitamin K di dalam kol bisa memengaruhi kerja saraf yang penting terhadap daya pikir dan konsentrasi. Asupan kol dapat mencegah terjadinya penyakit Parkinson, Alzheimer, dan demensia.

8. Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker harus dicegah sebelum menyerang Anda. Anda bisa mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit kanker dengan mengonsumsi kol. Manfaat kol bisa mencegah penyakit kanker prostat, kanker paru-paru, kanker usus, kanker payudara, dan lainnya.

Di dalam kol terdapat kandungan glukosinolat yang sangat tinggi. Kandungan glukosinolat ini memiliki sifat antikarsinogenik yang bisa menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh. Ini juga dapat mencegah muncul tumor ganas yang sering kali menjadi kanker.

9. Mencegah terjadinya katarak

Sayuran kol mengandung beta-karoten melalui kandungan vitamin A di dalamnya. Beta-karoten ini sangat baik bagi penglihatan. Oleh karena itu, konsumsilah kol karena manfaat kol dapat meningkatkan kesehatan mata dan juga mencegah terjadinya katarak.

10. Merawat kulit dan wajah

Kulit dan wajah yang sehat dan cantik adalah dambaan bagi semua orang terutama kaum hawa. Tidak perlu pergi ke salon atau menggunakan berbagai jenis perawatan kecantikan. Manfaat kol bisa merawat kulit tubuh dan wajah Anda dengan sangat baik.

Berbagai jenis kandungan di dalam kol seperti antioksidan, sulfur, dan antosianin memiliki peran penting terhadap kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan tersebut bisa mengatasi tanda-tanda penuaan seperti kerutan, flek, dan lainnya.

Selain itu, khasiat kol juga bisa untuk mengatasi dan mencegah terjadinya jerawat. Kol berefek mengeringkan jerawat sehingga jerawat cepat bisa diatasi. Ini juga dikarenakan sifat antibakteri yang dimiliki oleh kol.

11. Merawat rambut

Selain menjaga kesehatan kulit, manfaat kol juga bisa untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Kandungan belerang pada kol bisa membantu mengatasi rambut kering dan rontok.

Kandungan antioksidannya bisa membantu pertumbuhan rambut. Kol juga bisa membuat rambut menjadi lebih sehat dan halus serta bersinar. Anda bisa menggunakan jus kol sebagai masker rambut untuk merawat rambut Anda.