Terbit: 18 Oktober 2019
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Manfaat kluwek bukan hanya sebagai bumbu makanan, namun juga sebagai obat tradisional. Kluwek adalah salah satu bumbu yang biasa digunakan untuk berbagai makanan Indonesia. Kluwek berbentuk seperti batu dan mengeluarkan warna hitam alami. Ketahui apa saja manfaat kluwek, kandungan nutrisi, efek samping kluwek, dll.

6 Manfaat Kluwek bagi Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Apa Itu Kluwek?

Kluwek adalah buah yang berasal dari pohon kepayang. Kluwek merupakan tumbuhan asli Indonesia dan Malaysia. Kluwek yang memiliki nama latin Pangium edule juga memiliki berbagai sebutan seperti, pucung, football fruit, sis nut, pangi, pakem, sis, riamel, dan kepayang.

Kluwek adalah sejenis rempah asli Indonesia yang dimanfaatkan sebagai bumbu khas berbagai masakan Indonesia seperti rawon, sayur brongkos, dan makanan daerah khas lainnya. Dikenal sebagai bumbu makanan, sebenarnya semua bagian dari pohon kluwek mengandung racun berbahaya yaitu hidrogen sianida, namun racun ini akan hilang bila Anda mengolahnya dengan benar.

Kandungan Nutrisi Kluwek

Terlepas dari kandungan racun hidrogen sianida, terdapat banyak sekali kandungan nutrisi dan vitamin alami dari kluwek.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi kluwek, yaitu:

  • 2,4 gram copper.
  • 0,58 gram vitamin C.
  • 0,50 gram zat besi.
  • 54,49 gram karbohidrat.
  • 0,073 gram magnesium.
  • 0,119 gram fosfor.
  • 0,000353 gram mangan.
  • 4,56 gram total lemak.

Anda bisa mendapatkan kandungan nutrisi kluwek tersebut dengan cara mengolah kluwek dengan aman dan benar. Biasanya racun hidrogen sianida di biji kluwek dapat hilang dengan mencucinya dengan air.

Manfaat Kluwek bagi Kesehatan

Kluwek atau yang lebih populer disebut pucung adalah bumbu untuk membuat aroma dan rasa makanan menjadi lebih sedap. Pucung juga menghasilkan warna hitam yang kemudian dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami dalam menu masakan rawon.

Bukan hanya membuat makanan menjadi lebih enak, biji kluwak juga memiliki banyak khasiat. Berikut ini adalah manfaat kluwek bagi kesehatan, yaitu:

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Kluwek memiliki kandungan zat besi yang setara dengan 62,75% dari kebutuhan zat harian tubuh. Zat besi merupakan agen yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Zat besi juga berperan dalam proses penyembuhan tubuh Anda dari berbagai infeksi dan penyakit.

2. Menurunkan Risiko Asam Urat

Kluwek mengandung vitamin C yang setara dengan 65,33% dari kebutuhan harian tubuh Anda. Kandungan ini juga dapat membantu untuk mengatasi gejala asam urat walaupun pengobatan yang benar harus tetap Anda lakukan.

3. Memelihara Kesehatan

Manfaat kluwek selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan Anda. Kluwek mengandung copper atau tembaga yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Copper berfungsi untuk menjaga sel-sel saraf, memproduksi kolagen, menjaga kesehatan jantung, serta memelihara kekebalan tubuh.

Baca Juga: 11 Manfaat Cranberry untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kluwek adalah bahan herbal yang mengandung magnesium yang kemudian dikaitkan sebagai agen untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan mengurangi risiko penyakit stroke. Bila Anda kekurangan magnesium, Anda mungkin memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena penyakit jantung.

5. Sistem Pencernaan

Kluwek juga mengandung serat yang berperan untuk melancarkan sistem pencernaan, menormalkan pergerakan usus, serta mengurangi risiko sembelit. Nah, itulah manfaat pucung bagi kesehatan pencernaan Anda.

6. Mengatasi Sindrom PMS

Kluwek mengandung mangan yang juga berperan untuk mengurangi rasa sakit, emosi tidak stabil, dan sakit kepala. Kandungan ini kemudian dikaitkan untuk mengatasi gejala sindrom PMS pada wanita. Wanita dengan gejala sindrom PMS juga disarankan makan makanan pereda nyeri seperti yoghurt, teh, nanas, dll.

Nah, itulah manfaat pucung atau kluwek bagi kesehatan. Bumbu yang mengeluarkan warna hitam alami ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, ya.

Baca Juga: 21 Manfaat Buah Tin, Si Buah Surga yang Menakjubkan!

Manfaat Kluwek Lainnya

Berikut ini manfaat kluwek lainnya selain untuk kesehatan tubuh, yaitu:

  • Biji kluwek memiliki sifat antiseptik yang kemudian dimanfaatkan untuk pelestarian ikan dan udang di daerah Jawa.
  • Biji kluwek juga digunakan untuk membius ikan agar dapat dipancing dengan mudah.
  • Biji kluwek ditumbuk dan dimanfaatkan untuk menangkap tikus dan ayam liar, hal ini mungkin berkaitan dengan kandungan racun asam sianida di kluwek.
  • Minyak dari pohon kepayang dimanfaatkan sebagai bahan pembuat sabun dan pewarna merah alami.
  • Kayu dari pohon kepayang atau pohon kluwek juga dimanfaatkan untuk produksi korek api.

Manfaat kluwek ternyata tidak hanya untuk kesehatan, namun bermanfaat juga untuk industri lain, ya!

Baca Juga: Daun Kratom: Manfaat dan Efek Samping (Lengkap)

Peringatan Konsumsi Kluwek

Seperti yang sudah disebutkan, kluwek mengandung hidrogen sianida yang dapat menyebabkan efek berbahaya. Efek samping kluwek juga dapat menyebabkan kantuk, sakit kepala, hingga kematian karena keracunan sianida.

Berikut ini adalah peringatan konsumsi buah kluwek, yaitu:

  • Semua bagian dari kluwek mengandung hidrogen sianida, termasuk biji, buah, kayu, kulit, dan akar.
  • Cara aman untuk menetralisir kluwek dari racun hidrogen sianida adalah dengan membiarkan buah matang di pohon hingga jatuh ke tanah.
  • Racun akan hilang bila kluwek direndam, direbus sampai mendidih, memanggang, atau dicuci selama satu hari.
  • Metode lain untuk mengurangi toksisitas hidrogen sianida adalah dengan fermentasi selama 40 hari.
  • Biji kluwek yang dijual di pasaran umumnya sudah melalui banyak proses netralisir sehingga aman untuk dijadikan bumbu makanan.
  • Bila Anda menelan biji kluwak tanpa proses netralisir, akan menimbulkan efek samping kluwek yaitu muntah, kontraksi lidah, pembengkakan perut, hingga kematian.

Bila Anda ingin menggunakan kluwek sebagai bumbu, sebaiknya Anda harus mengolahnya dengan benar. Anda harus mencuci bahkan merendamnya terlebih dahulu dalam air selama beberapa waktu untuk mengurangi risiko keracunan hidrogen sianida. Nah, itulah manfaat kluwek atau pucung bagi kesehatan. Semoga informasi kesehatan ini bermanfaat bagi Anda.

 

  1. Philippine Medical Plants. 2016. Pañgi. http://www.stuartxchange.org/Pangi.html. (Diakses pada 18 Oktober 2019).
  2. Health Benefits Times. 2017. Rowal Fruit Pangium Edule. https://www.healthbenefitstimes.com/rowal-fruit/. (Diakses pada 18 Oktober 2019).
  3. Health Benefits Times. 2017. Football Fruit facts and health benefits. https://www.healthbenefitstimes.com/football-fruit-facts-and-health-benefits/. (Diakses pada 18 Oktober 2019).
  4. Aussie Taste. 2019. KELUAK NUT (PANGIUM EDULE). https://aussietaste.com.au/glossary/grains-legumes-nuts-seeds-a-to-z/kluwak-nut/. (Diakses pada 18 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi