8 Manfaat Klorofil dan Efek Samping untuk Kesehatan

manfaat-klorofil-k-link-doktersehat

DokterSehat.Com – Ternyata, klorofil tidak hanya memiliki manfaat bagi tumbuhan saja melainkan juga bermanfaat bagi tubuh manusia. Ada beberapa manfaat klorofil yang menakjubkan bagi tubuh manusia jika dikonsumsi sesuai aturan. Anda bisa mendapatkan klorofil dari makanan maupun dari suplemen kesehatan.

Pada artikel ini terdapat informasi lebih dalam tentang klorofil. Anda bisa mengetahui apa itu klorofil, cara mendapatkan asupan klorofil, sumber klorofil dari makanan, apa saja manfaat klorofil, manfaat klorofil k link, dan efek samping klorofil bagi tubuh.

Apa itu klorofil?

Klorofil adalah zat hijau daun yang umumnya terdapat pada tumbuhan atau sayuran hijau. Ada beberapa kandungan yang terdapat di dalam klorofil seperti vitamin dan antioksidan. Manfaat klorofil pada tumbuhan adalah untuk membantu proses fotosintesis.

Pada manusia, klorofil memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Orang-orang mengonsumsi klorofil dalam bentuk makanan dan suplemen kesehatan. Pada klorofil dalam bentuk suplemen biasanya terdapat tambahan zat seperti tembaga.

Cara mendapatkan asupan klorofil

Ada dua cara mendapatkan asupan klorofil, yaitu dengan cara langsung mengonsumsi makanan atau mengonsumsi suplemen klorofil. Jika Anda termasuk orang yang anti dengan suplemen maka Anda bisa mengonsumi sayuran yang berwarna hijau.

Namun, bagi Anda yang ingin mengikuti cara modern yang sedang populer maka Anda bisa mendapatkan asupan klorofil dalam bentuk suplemen kesehatan (suplemen klorofil). Suplemen klorofil tersedia dalam bentuk pil, kapsul, dan tetesan. Sebaiknya Anda melakukan konsulltasi dulu dengan dokter sebelum memakai klorofil.

Sumber klorofil dari makanan

Meskipun tidak seefektif suplemen klorofil karena terkait daya serap dan proses cerna, sumber klorofil dari makanantetap memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang merupakan sumber klorofil alami.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang merupakan sumber klorofil:

  • bayam
  • sawi hijau
  • brokoli
  • kubis hijau
  • teh hijau matcha
  • kacang hijau
  • peterseli
  • kacang polong
  • daun bawang
  • arugula
  • alfalfa
  • dan lainnya

Apa sajakah manfaat klorofil bagi tubuh?

Banyak orang yang telah mengetahui jika manfaat klorofil baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan, klorofil juga bermanfaat untuk kecantikan. Beberapa penelitian medis telah membuktikan beberapa manfaat klorofil untuk tubuh.

Anda bisa melihat beberapa manfaat klorofil di bawah ini:

1. Melawan penyakit kanker

Manfaat klorofil bisa untuk melawan berbagai jenis penyakit kanker. Kandungan yang ada di dalam klorofil mampu menghambat pertumbuhan kanker. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa klorofil bisa menurunkan risiko dan mengobati kanker pada tikus percobaan.

2. Meredakan nyeri pankreatitis

Klorofil baik dikonsumsi oleh para penderita pankreatitis kronis. Hal ini dikarenakan manfaat klorofil bisa meredakan nyeri atau rasa sakit pada penderita pankreatitis kronis. Akan tetapi, cara mengonsumsinya secara intravena yang dilakukan oleh tenaga medis.

3. Mengatasi gangguan darah

Asupan klorofil dapat mengatasi gangguan darah seperti talasemia dan anemia. Manfaat klorofil bisa membantu Anda dalam meningkatkan kualitas sel darah merah dan memperbaiki kondisi darah. Ini dikarenakan klorofil hampir mirip dengan hemoglobin secara kimiawi.

4. Membantu menurunkan berat badan

Tidak hanya untuk kesehatan medis, klorofil juga memberikan manfaat terhadap program diet Anda. Klorofil dapat menurunkan berat badan. Program penurunan berat badan memiliki peluang berhasil yang lebih tinggi jika diserta dengan mengonsumsi klorofil.

5. Mempercepat penyembuhan masalah kulit

Klorofil memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Hal ini membuat klorofil memiliki kemampuan untuk meredakan radang dan melawan infeksi bakteri yang terjadi di kulit. Manfaat klorofil juga berlaku untuk menyembuhkan luka pasca operasi.

6. Sebagai deodoran alami

Sudah sejak lama, klorofil diketahui dapat menetralisir bau badan. Manfaat klorofil bisa mengurangi aroma tidak sedap pada tubuh atau mulut. Bagi pasien yang telah menjalani kolostomi bisa mengonsumsi klorofil agar bau tidak sedap bisa berkurang.

7. Mengobati jerawat

Klorofil juga memiliki manfaat untuk mengobati jerawat. Jadi, bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat maka menggunakan klorofil bisa menjadi salah satu cara mengobati jerawat secara alami.

Sifat antibakteri pada klorofil dapat mengurangi dan menurunkan aktivitas bakteri yang telah menginfeksi wajah sehingga timbul jerawat. Selain itu, klorofil juga dapat mengecilkan pori-pori wajah.

8. Cara agar awet muda

Manfaat klorofil yang satu ini sangat disukai oleh para wanita terutama yang telah memasuki usia 30 tahun atau lebih. Klorofil dapat memudarkan tanda-tanda penuaan seperti flek hitam, bintik usia, keriput, dan lainnya.

Manfaat klorofil k link bagi tubuh

Manfaat klorofil di atas merupakan manfaat klorofil secara umum. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa suplemen klorofil seperti klorofil k link yang terbuat dari daun Alfalfa (Medicago sativa) memiliki beberapa manfaat tambahan. Anda bisa melihat manfaat klorofil k link di bawah ini.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat klorofil k link bisa membantu tubuh Anda menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Klorofil liquid k link dapat menghambat pertumbuhan mikroba merugikan dan bahkan membahayakan kesehatan saluran pencernaan.

2. Menjaga kesehatan gusi

Klorofil k link memiliki tambahan manfaat yang baik untuk kesehatan gusi Anda. Kesehatan gusi harus dijaga karena sangat terkait dengan kepercayaan diri Anda. Gusi yang tidak sehat biasanya akan membuat napas menjadi bau. Jadi, asupan klorofil dapat membantu Anda untuk mengurangi bau mulut tidak sedap.

3. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Kabar baik bagi Anda bahwa manfaat klorofil k link bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Klorofil k link berkhasiat untuk memperbaiki metabolisme yang bisa menjaga kadar gula darah tetap normal.

4. Menjaga kesehatan tubuh

Tidak hanya untuk kesehatan gusi, manfaat klorofil k link juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Hal ini dikarenakan klorofil k link bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, kandungan yang ada di dalam klorofil k link juga memiliki sifat antibakteri yang akan mengalahkan kuman-kuman yang sedang menyerang tubuh.

Efek samping klorofil bagi tubuh

Anda telah mengetahui beberapa manfaat klorofil secara umum dan manfaat klorofil k link yang merupakan suplemen klorofil dengan tambahan manfaat tertentu. Meskipun manfaat yang dihadirkan oleh klorofil begitu banyak, ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan.

Klorofil memang tidak beracun, baik yang bersumber dari makanan maupun dari suplemen kesehatan. Akan tetapi, efek samping klorofil bisa memicu terjadinya masalah pencernaan seperti diare dan gastrointestinal.

Di samping itu, efek samping pengonsumsian klorofil yang tidak tepat juga dapat membuat feses atau tinja menjadi berwarna hijau atau hitam. Pada penggunaan klorofil secara topikal yaitu berupa gel maka efek sampingnya bisa menimbulkan rasa gatal.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan klorofil terutama dalam bentuk suplemen maka sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sehingga Anda tahu apakah Anda bisa atau tidak dan tahu dosis tepat.

Para ibu hamil atau ibu menyusui sebaiknya tidak menggunakan suplemen klorofil apalagi tanpa konsultasi dengan dokter kandungan. Walaupun belum ada data yang menyebut efek samping klorofil pada ibu hamil atau menyusui tetapi ini bisa mencegah hal-hal yang buruk terhadap janin dan bayi.

 

Sumber:

  1. K-Link: Temukan Manfaat Zat Hijau Daun yang Bebas Efek Samping dari Produk K-Link. https://k-link.co.id/sejuta-manfaat-zat-hijau-daun-atau-klorofil-untuk-tubuh/ diakses pada 29 November 2018