Terbit: 11 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ngemil merupakan sebuah kebiasaan yang sering dilakukan oleh hampir setiap orang, ksususnya wanita. Akan tetapi, aktivitas ngemil sendiri bisa membuat berat badan mengalami kenaikan, terlebih lagi jika ngemil makanan yang mengadung kalori cukup tinggi. Oleh karenanya, bagi Anda yang menyukai ngemil, sebaiknya memilih makanan sehat yang tidak menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.

3 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperolah dari Kismis

Salah satu makanan yang biasa dijadikan sebagai cemilan adalah kismis. Rasanya yang manis dan sedikit asam, serta bentuknya yang kecil membuat banyak orang mengonsumsi kismis sebagai pengganti permen. Kismis sendiri mengandung gula, lemak, serat, mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari kismis khususnya bagi kesehatan, diantaranya:

1. Mengatasi Anemia

Anemia merupakan sebuah kondisi dimana tekanan darah di dalam tubuh sangat rendah. Hal ini bisa disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, terutama ketika gemar begadang. Untuk mengatasi anemia, umumnya harus rutin mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B-kompleks. Kismis memiliki kandungan tersebut sehingga cocok dikonsumsi sebagai cemilan dan bisa mengobati anemia. Kandungan kismis juga membantu memproduksi sel darah merah.

2. Mengobati Infeksi

Ketika Anda mengalami infeksi, suhu tubuh akan meningkat sehingga menyebabkan demam. Biasanya, untuk mengobati infeksi, Anda mengonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter. Mulai sekarang, Anda bisa mengobati anemia hanya dengan cara ngemil, yakni ngemil kismis. Hal ini dikarenakan kismis mengandung fitonutrien polifenol yang dikenal sebagai anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko demam dan membunuh bakteri dalam tubuh.

3. Perawatan Mulut dan Gigi

Bagi Anda yang sering berinteraksi dengan orang lain, kesehatan dan kesegaran mulut harus selalu dijaga. Jika Anda mengalami bau mulut, tentu akan mengganggu orang di sekitar, bukan? Untuk menjaga kesegaran mulut, Anda bisa mengonsumsi kismis yang dipercaya ampuh mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, kandungan asam oleanolic yang terdapat di dalam kismis juga bisa membantu menjaga gigi dari masalah seperti gigi berlubang dan gigi rapuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi