Terbit: 9 April 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Manfaat kentang untuk kesehatan sudah banyak diketahui. Kentang adalah sayuran akar dalam jenis umbi-umbian yang dijadikan sebagai makanan pokok di beberapa negara. Berdasarkan U.S. Department of Agriculture, kentang adalah jenis tanaman keempat terbanyak yang dikonsumsi di seluruh dunia setelah beras, gandum, dan jagung. Ketahui apa manfaat kentang, kandungan nutrisi, dll.

18 Manfaat Kentang untuk Kesehatan (Nutrisi Lengkap)

Kandungan Nutrisi Kentang

Anda mungkin suka makan kentang dengan berbagai olahan seperti kentang goreng, kentang balado, kentang rebus, perkedel kentang, dan sajian lezat lainnya. Bukan hanya enak, kentang juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin, lho! 

Berikut ini kandungan nutrisi kentang per 173 gram:

  • Kalori: 161
  • Lemak: 0,2 gram
  • Protein: 4,3 gram
  • Karbohidrat: 36,6 gram
  • Serat: 3,8 gram
  • Vitamin C: 28% dari RDI
  • Vitamin B6: 27% dari RDI
  • Kalium: 26% dari RDI
  • Mangan: 19% dari RDI
  • Magnesium: 12% dari RDI
  • Fosfor: 12% dari RDI
  • Niasin: 12% dari RDI
  • Folat: 12% dari RDI

Reference Daily Intake (RDI) adalah referensi intake harian atau jumlah asupan yang direkomendasikan per hari.

Kentang juga mengandung:

  • Sodium
  • Asam alfa-lipoat
  • Quercetin
  • Antioksidan
  • Serat

Kandungan nutrisi pada kentang mungkin berbeda-beda tergantung pada jenis, cara mengolah, dan mengupas kentang. Kentang yang digoreng mengandung lebih banyak minyak daripada kentang panggang. Selain itu, mengupas kentang juga dapat mengurangi nutrisi karena ada berbagai manfaat kulit kentang.

Apa Manfaat Kentang untuk Kesehatan?

Kentang memiliki nama Latin Solanum tuberosum yang merupakan salah satu sumber makanan yang penting. Terdapat berbagai macam manfaat kentang untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Kentang mengandung karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin B kompleks, dan rendah lemak. Kandungan ini berfungsi untuk produksi dan cadangan energi bukan menambah lemak.

Selain itu, kentang juga mengandung serat yang cukup untuk mempertahankan berat badan ideal. Kentang juga dikenal sebagai makanan “bulking agent” dalam sistem pencernaan atau makanan untuk membentuk otot bukan lemak.

2. Melancarkan Metabolisme

Salah satu olahan kentang yang mungkin Anda suka adalah kentang rebus. Manfaat kentang rebus adalah untuk melancarkan penyerapan energi (metabolisme) dan pencernaan.

Kentang rebus mengandung vitamin B6 yang berperan dalam metabolisme energi dengan memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Senyawa ini digunakan untuk produksi energi di dalam tubuh Anda.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kentang mengandung zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan zinc yang merupakan kombinasi nutrisi untuk membentuk kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, asupan fosfor dan kalsium yang cukup berguna untuk menjaga struktur dan mineralisasi tulang yang tepat agar tulang kuat, sehat, serta terhindar dari risiko osteoporosis di masa depan.

Baca Juga: 6 Kreasi Resep Donat Kentang yang Empuk dan Sehat

4. Mengontrol Gula Darah

Tahukah Anda bahwa kentang mengandung serat pati khusus yang disebut dengan pati resisten. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus, pati resisten menunjukkan penurunan resistensi insulin yang berarti memiliki potensi untuk mengurangi kadar gula darah yang berlebihan.

Studi lain menunjukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi makanan pati resisten mengalami penurunan gula darah lebih baik setelah makan. Kentang rebus mungkin menjadi alternatif makanan pokok untuk orang dengan gula darah tinggi, namun konsultasikan kembali dengan dokter sebelum Anda mengonsumsinya.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kentang mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan rendah kolesterol yang baik untuk mendukung kesehatan jantung.

Selain itu, kentang juga mengandung serat yang berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan antioksidan untuk mengatasi radikal bebas. Komponen tersebut dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

6. Mencegah Kanker

Manfaat kentang untuk kesehatan yang selanjutnya adalah berpotensi untuk mencegah kanker. Kentang mengandung antioksidan dan asam folat tinggi untuk perbaikan DNA dan mengatasi kerusakan sel-sel.

Selain itu, kandungan serat pada kentang juga dikatakan berpotensi untuk menurunkan risiko kanker kolorektal. Kandungan vitamin C dan quercetin juga dikaitkan dengan penurunan risiko jenis kanker lainnya.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Bukan hanya buah jeruk, tapi kentang juga mengandung vitamin C yang tinggi, lho! Manfaat vitamin C adalah untuk memperbaiki berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, polusi udara, atau radikal bebas dari asap kendaraan.

Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan untuk menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur serta warna kulit Anda secara alami.

Kentang juga mengandung vitamin lainnya yang bagus untuk kulit, seperti vitamin B kompleks, potasium, magnesium, zinc, dan fosfor untuk menutrisi kulit dari dalam. Beberapa orang bahkan merasakan manfaat kentang untuk masker wajah, lho!

Baca Juga: 10 Manfaat Kentang untuk Kecantikan Kulit

8. Meningkatkan Sistem Imun

Selain dagingnya, ternyata kulit kentang juga memiliki kandungan Vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium dan nutrisi lainnya yang sama dengan daging kentang. Manfaat kulit kentang adalah untuk meningkatkan sistem imun dari kandungan vitamin C yang tinggi.

Sistem imun adalah sistem alami di dalam tubuh yang bertugas untuk melawan serangan infeksi dari virus, bakteri, jamur, dan mikroorganisme lain. Tanpa sistem imun yang kuat, Anda mungkin akan mudah sakit.

9. Mengatasi Inflamasi

Manfaat kentang rebus lainnya adalah untuk mengatasi inflamasi atau peradangan. Kentang mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, kalium, dan juga vitamin B6 untuk mengatasi peradangan di saluran pencernaan.

Selain itu, kentang juga memiliki sifat antiinflamasi untuk mengatasi peradangan lainnya di jaringan tubuh seperti radang sendi. Berdasarkan saran dari Arthritis Foundation, penderita radang sendi direkomendasikan untuk makan kentang untuk mengontrol gejalanya.

10. Meningkatkan Fungsi Otak

Berdasarkan laporan dari University of Maryland Medical Center, vitamin B6 bertugas untuk memproduksi bahan kimia di otak seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Kombinasi bahan kimia di otak ini berperan untuk mengurangi risiko attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), stres, atau gejala depresi.

Selain itu, kadar karbohidrat dalam kentang dapat membantu menjaga kadar glukosa dalam darah. Berdasarkan laporan dari American Journal of Clinical Nutrition, peningkatan kadar glukosa berpengaruh pada peningkatan memori.

11. Meningkatkan Performa Atletik

Kentang sering dikonsumsi para atlet sebagai makanan pokok utama karena karbohidrat kompleks yang mudah diproduksi sebagai cadangan energi dalam tubuh. Selain itu, manfaat kentang rebus juga dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit yang didapat dari kandungan natrium dan kalium pada kentang.

Nah, itulah berbagai manfaat kulit kentang untuk kesehatan. Setelah membaca ini Anda mungkin ingin sering-sering makan kentang, ya!

Baca Juga: 11 Manfaat Ubi Ungu yang Mengagetkan

Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan

Salah satu olahan populer untuk menikmati kentang adalah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Apa saja manfaat kentang rebus? Berikut ini ulasannya!

1. Sumber Antioksidan

Kandungan vitamin C, flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik berperan sebagai antioksidan untuk tubuh. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas yang memicu kerusakan sel.

Berdasarkan studi, antioksidan pada kentang dikatakan dapat membantu menekan pertumbuhan sel kanker hati dan sel kanker usus besar. Walaupun demikian, diperlukan lebih banyak penelitian terhadap manusia sebelum membuat rekomendasi kentang sebagai alternatif pencegahan kanker.

2. Membuat Anda Cepat Kenyang

Salah satu alasan kenapa kentang dijadikan makanan pokok di beberapa negara adalah karena kentang mengandung karbohidrat kompleks yang diproduksi menjadi energi dan membuat Anda cepat kenyang. Anda mungkin tidak ingin makan yang lain lagi.

3. Makanan Gluten-Free

Gluten adalah sejenis protein yang terdapat di biji-bijian seperti gandum. Makanan bebas gluten (gluten free) ditujukan untuk mereka yang tidak toleran pada gluten seperti penderita penyakit celiac.

4. Mengatasi Diare

Kentang mengandung serat kasar untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Selain itu, kentang juga memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga mudah dicerna.

5. Mengatasi Penyakit Kudis

Berdasarkan laporan dari Journal of Agriculture and Food Chemistry, kentang memiliki kandungan vitamin C dan karotenoid tinggi yang berperan untuk mengatasi berbagai masalah kulit termasuk kudis.

6. Sumber Energi

Kentang adalah sumber energi yang baik untuk tubuh. Kentang mengandung karbohidrat dan protein yang dijadikan sebagai cadangan energi sama seperti nasi, roti, atau jagung.

7. Jenis Makanan Serbaguna

Siapa yang tidak suka olahan kentang? Kentang adalah makanan sehat yang lezat dengan berbagai menu. Anda dapat memasak kentang dengan keju, mentega, atau minyak zaitun untuk tambahan rasa dan nutrisi.

Itulah berbagai manfaat kentang rebus untuk kesehatan. Anda juga dapat konsumsi kentang dengan kulitnya karena terdapat manfaat kulit kentang juga untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Nagdeve, Meenakshi. 2020. 11 Incredible Benefits Of Potatoes. https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/health-benefits-of-potato.html. (Diakses pada 9 April 2020).
  2. Raman, Ryan MS, RD. 2018. 7 Health and Nutrition Benefits of Potatoes. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-potatoes. (Diakses pada 9 April 2020).
  3. Szalay, Jessie. 2017. Potatoes: Health Benefits, Risks & Nutrition Facts. https://www.livescience.com/45838-potato-nutrition.html. (Diakses pada 9 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi