Tak Hanya Bikin Kenyang, Ini 4 Manfaat Hebat Kentang yang Jarang Orang Tahu

doktersehat-kentang-goreng

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata kentang, Anda tentu beranggapan bahwa kentang adalah salah satu bahan makanan yang super mengenyangkan, ya?

Tak heran, karena kentang merupakan salah satu bahan makanan berkarbohidrat yang terkenal sebagai pengganti nasi.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kentang juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh yang jarang orang tahu, penasaran?Ya, jika dibandingkan dengan nasi, kentang merupakan bahan makanan yang memiliki keunggulan karena merupakan bahan makanan jenis umbi yang kaya akan antioksidan.

Keunggulan kentang tersebut, juga diiringi dengan adanya kandungan vitamin, mineral dan fitokimia.

Keunggulan kentang tidak hanya sampai disitu, kentang juga memiliki manfaat yang super untuk kesehatan organ dan sistem tubuh.

Beberapa manfaat konsumsi kentang untuk kesehatan tubuh, adalah:

1. Mengontrol kadar gula darah tubuh

Sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat, kentang memiliki kandungan pati resisten yang baik untuk mengontrol kadar gula darah tubuh.

doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1cHal ini telah terbukti pada studi yang ditunjukkan oleh Journal of Medicine, yang menyebutkan bahwa kadar gula darah penderita diabetes menjadi lebih terkontrol setelah mengonsumsi kentang.

Kondisi ini disebut sebagai salah satu manfaat yang dirasakan karena adanya kandungan pati resisten yang efektif menjaga kesehatan tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kentang memiliki kandungan antioksidan jenis karotenoid,vitamin B dan vitamin C yang tinggi. Hal ini membuat konsumsi kentang mampu memberikan manfaat yang sangat baik untuk peredaran darah jantung.

doktersehat-jantungKondisi ini tentu wajar mengingat antioksidan alami, antioksidan dari vitamin C dan vitamin B merupakan kombinasi yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah hingga menjaga kesehatan pembuluh darah jantung.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Dibandingkan dengan nasi, kentang memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Dalam 100 gram nasi, terdapat 0,4-0,5 gram serat, sedangkan dalam berat yang sama, kentang memiliki kandungan serat yang 3-4 kali lebih tinggi.

Kondisi ini tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat serat adalah salah satu zat gizi yang penting untuk melancarkan pencernaan tubuh.

doktersehat-kanker-usus-besar-Inkontinensia-Usus-1024Hal ini juga didukung dengan kandungan pati resisten pada kentang, yang bisa memberikan manfaat berupa menjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat tersebut diperoleh dengan proses pengubahan pati resisten menjadi asam lemak rantai pendek yang bermanfaat bagi usus, hingga mencegah terjadinya kanker pada pencernaan.

4. Mendukung kesehatan saraf otak

Vitamin B yang kaya pada kentang mampu memberikan manfaat yang luar biasa pada kesehatan saraf otak.

University of Maryland menyebutkan bahwa hal ini disebabkan asupan vitamin B kompleks, khususnya B6, mampu memberikan asupan hormon yang baik untuk otak, yaitu hormon serotonin, dopamin dan norephinefrin.

Hormon tersebut mampu menjaga kesehatan saraf otak hingga mampu mengatasi stres dengan baik.

Tidak hanya itu kentang juga memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk melancarkan aliran darah ke otak.

Nah, itu dia empat manfaat konsumsi kentang bagi kesehatan tubuh. Kini, Anda tidak hanya akan mendapatkan manfaat berupa rasa kenyang dari kentang sebagai pengganti nasi, namun juga manfaat yang sangat baik bagi kesehatan sistem dan organ tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa memilih kentang sebagai pengganti nasi lebih sering, atau memilih kentang sebagai salah satu sajian camilan.doktersehat-kentang-rebusSajian dari kentang yang bisa Anda konsumsi adalah kentang tumbuk, kentang panggang, keripik kentang yang dipanggang atau menggunakan olahan kentang, yaitu tepung kentang, sebagai bahan baku sajian jajanan atau camilan harian.

Hal ini tidak hanya mudah, namun juga super bermanfaat, bukan? Jadi, apakah Anda tertarik untuk mulai memilih kentang sebagai sajian makanan harian Anda?