10 Manfaat Kentang untuk Kecantikan Kulit

manfaat-kentang-doktersehat
Photo Cresdit: flickr.com

DokterSehat.Com– Menjaga kesehatan kulit merupakan hal yang sangat penting. Tidak hanya menjadikan penampilan tetap menarik, kulit yang sehat juga menghindarkan Anda dari sejumlah penyakit. Merawat kesehatan kulit bisa dilakukan dengan sejumlah cara, salah satunya kentang. Manfaat kentang ternyata sangat baik untuk kulit. Berikut 10 khasiat kentang untuk kecantikan kulit yang bisa Anda coba di rumah.

Manfaat Kentang untuk Merawat Kulit

1. Mengunci kelembapan kulit

Salah satu manfaat kentang adalah dapat mengunci kelembapan kulit secara optimal. Dilansir dari laman Stylecraze, kentang mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C sendiri merupakan salah satu bahan alami yang juga menjaga sel-sel kulit tetap terhidrasi.

2. Membersihkan noda bekas jerawat

Tidak hanya menjaga kulit tetap lembap, menggunakan kentang sebagai masker wajah atau kulit ternyata membantu Anda menghilangkan noda bekas jerawat. Hal ini lantaran kentang mengandung bahan yang bersifat sebagai memutihkan. Tidak heran jika menggunakan masker kentang segar mampu membersihkan sel kulit mati dan memudarkan noda hitam pada wajah.

3. Mencegah penuaan dini

Munculnya garis-garis halus pada kulit tentu akan mengganggu penampilan Anda. Kendati demikian, tidak perlu khawatir karena hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan kentang. Kentang mengandung vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan bahan yang mampu menjaga kulit terbebas dari dampak buruk radikal bebas yang juga memicu penuaan dini.

Kentang sendiri sudah digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit sejak zaman dahulu. Tidak hanya menjadikan kulit lebih cerah, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya juga memberikan sejumlah manfaat baik bagi kesehatan kulit. Kendati demikain, tentu saja Anda harus rutin menggunakan kentang untuk mendapatkan hasil optimal.

4. Mencerahkan kantung mata hitam

Menerapkan irisan kentang di bawah mata dapat membantu mencerahkan lingkaran gelap di bawah mata.

Caranya, kupaslah kentang mentah dan iris menjadi potongan besar. Bungkus dengan kain bersih dan letakkan di atas lingkaran mata yang menghitam selama sekitar 20 menit. Cuci perlahan mata Anda dengan air hangat.

5. Mengatasi kulit keriput

Kentang bekerja efektif dengan baik dalam memperlambat tanda-tanda penuaan, terutama kerutan di wajah. Antioksidan dalam sayuran, seperti vitamin C, dapat mengatasi kulit yang mulai keriput.

Caranya, kupas dan tumbuk kentang hingga halus kemudian oleskan pada kulit Anda. Biarkan selama sekitar 20 menit dan kemudian cuci dengan air dingin.

6. Mengobati kulit terbakar matahari

Khasiat kentang baik untuk mengobati kulit yang terpapar sengatan matahari. Caranta hanya menggunakan irisan kentang dingin di area kulit yang terkena sengatan matahari. Biarkan selama sekitar 20 menit. Anda juga bisa mengoleskan jus kentang pada kulit. Rutin melakukannya memberi sensasi dingin dan bahkan mengurangi menyamarkan kulit cokelat karena berjemur.

7. Membantu mencerahkan kulit

Apakah Anda tahu bahwa kentang adalah agen pencerah kulit alami? Ini yang bisa Anda lakukan menggunakan kentang dan lemon.

Caranya parut kentang mentah dan oleskan masker di wajah Anda. Bilas dengan air setelah 30 menit.

Lakukan cara ini dengan teratur dapat membuat wajah Anda bersih dan cerah.
Anda juga dapat menggunakan jus kentang dan lemon untuk mencerahkan kulit Anda secara alami. Masker lemon kentang dapat bertindak sebagai pemutih ringan dan melakukan pekerjaan dengan baik.

8. Mengatasi kulit kering

Jika mengalami kulit kering, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan bahan yang biasa Anda temukan di dapur, yakni dengan memilih satu kentang dan setengah sendok teh dadih.

Caranya parut kentang dan aduk dengan dadih. Oleskan pasta di wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Kemudian cuci dengan air biasa. Masker ini melembapkan kulit dan merawat kulit kering.

9. Mengengkat sel kulit mati

Cukup gunakan kentang parut dan terapkan di wajah dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini dengan teratur dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit Anda.

10. Meningkatkan kesehatan kolagen

Kentang kaya akan vitamin C, yang membangun kolagen. Menggunakan kentang secara teratur (dengan cara yang sehat) dapat membantu meningkatkan kesehatan kolagen.