Dahsyat, Ini 4 Manfaat Kentang Ungu untuk Kesehatan

manfaat-kentang-ungu-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengonsumsi kentang ungu? Jika belum, maka tak ada salahnya untuk menyantap varietas kentang yang satu ini. Sebab, khasiatnya tak kalah dari kentang pada umumnya. Sesuai dengan namanya, kentang yang satu ini memiliki warna ungu hampir keseluruhan yang disebabkan oleh konsentrasi antosianin yang dikandungnya.

Hanya berbeda warna saja, tapi teksturnya nyaris sama. Selain itu, kentang ungu juga memiliki nutrisi serta khasiat yang sangat banyak. Menurut penelitian terbaru, kentang ungu sangat kaya akan serat dan protein, namun rendah kalori. Lantas, kentang ungu juga menawarkan berbagai nutrisi penting lainnya, mulai dari vitamin B, vitamin C, antioksidan, dan masih banyak lagi.

Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat dari kentang ungu.

1. Antioksidan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kentang ungu kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid. Seperti diketahui, antioksidan memang selalu berhubungan dengan berbagai macam manfaat kesehatan. Tapi, fungsi utamanya adalah menangkal radikal bebas yang bisa membuat peradangan serta penyakit lainnya.

2. Melancarkan Pencernaan

Siapa sangka, makanan yang futuristik ini terjaga juga ampuh dalam mengatasi masalah pencernaan. Hal itu dikarenakan kentang ungu bisa merangsang gerak peristaltik di usus kecil. Jika rangsangan tersebut baik, maka akan meredakan gejala sembelti, kram, kembung, bahkan sakit perut atau mulas.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat selanjutnya adalah bisa melancarkan peredaran darah. Memang tak disangka, makanan alami yang satu ini ternyata sering dikonsumsi sebagai terapi stroke. Sebab, kentang ungu bisa mengurangi kadar kolesterol yang akhirnya menipiskan darah sehingga sirkulasi bisa lancar dan tersuplai ke seluruh tubuh tanpa hambatan.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Semua jenis kentang mengandung potasium, termasuk kentang ungu yang satu ini. Konsentrasi potasium yang dimiliki kentang dipercaya bisa mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Alhasil, risiko penyakit jantung akan berkurang secara efektif.