Bukan Sekedar Barang Mistis, Ini 6 Manfaat Kemenyan untuk Kesehatan

manfaat-kemenyan-doktersehat

DokterSehat.Com – Apa yang terlintas dipikiran Anda jika mendengar kata kemenyan? Sebagian besar orang beranggapan bahwa kemenyan merupakan benda yang berkaitan dengan hal mistis. Jika ditelusuri, ternyata manfaat kemenyan tidak selalu berkaitan dengan hal mistis, bahkan terdapat beberapa manfaat kemenyan yang ternyata berkaitan dengan kesehatan.

Apa Itu Kemenyan?

Kemenyan atau menyan diolah dari getah atau resin pohon dari familia Styracaceae. Di Indonesia sendiri, pohon yang menghasilkan getah yang diolah menjadi kemenyan biasa disebut dengan pohon kemenyan. Beberapa daerah di Indonesia memiliki kebiasaan untuk membakar kemenyan saat ritual adat atau ketika berziarah. Hal ini lah yang kemudian membuat kemenyan sering kali dikaitkan dengan hal mistis.

Kemenyan juga banyak dimanfaatkan dalam industri kosmetik dan fasmasi. Kemenyan dikenal dengan nama benzoin dalam dunia kesehatan. Bentuk kemenyan paling umum adalah berupa bongkahan kristal, namun kini terdapat juga minyak kemenyan dan ekstrak kemenyan dalam bentuk serbuk. Kemenyan juga mungkin dicampurkan dengan bahan lainnya sebagai bahan obat.

Manfaat Kemenyan untuk Kesehatan

Sepertinya kita harus membuang jauh-jauh kesan seram dari kemenyan, karena pada dasarnya kemenyan merupakan bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat. Kemenyan bahkan memiliki kandungan zat antioksidan seperti saponin dan polifenol. Yuk, simak beberapa manfaat kemenyan untuk kesehatan berikut ini!

1. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat kemenyan untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan mulut. Kemenyan atau benzoin banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan gigi dan mulut untuk mengatasi masalah seperti gusi bengkak. Selain itu, kemenyan juga digunakan dalam pengobatan herpes mulut.

2. Antiseptik

Manfaat kemenyan selanjutnya adalah sebagai antiseptik. Fungsi dari antiseptik adalah untuk membasmi mikroorganisme yang ada di permukaan kulit dan membran mukosa. Antiseptik dapat membantu melindungi tubuh kita agar bakteri dan virus yang mendekat, tidak dapat berkembang. Kemenyan juga dipercaya aman untuk digunakan pemilik kulit sensitif.

3. Mencegah dan mengatasi infeksi kulit

Kemenyan juga digunakan sebagai bahan obat yang dapat mencegah dan mengatasi infeksi kulit. Kemenyan memiliki efek antiinflamasi atau antiperadangan. Obat topikal dengan kandungan kemenyan dapat menghentikan pendarahan ringan pada kulit dan meredakan pembengkakan.

Kemenyan sebagai obat topikal banyak digunakan untuk berbagai masalah kulit mulai dari mengatasi dekubitus pasien tirah baring, ulkus kulit, hingga kulit kering dan pecah-pecah. Kemenyan juga dipercaya dapat melindungi kulit dan mencegah berbagai masalah kulit seperti jerawat hingga penuaan dini.

4. Gangguan saluran pernapasan

Manfaat kemenyan selanjutnya adalah dijadikan sebagai obat untuk mengatasi gangguan saluran pernapasan. Kemenyan merupakan salah satu bahan obat yang bekerja sebagai dekongestan. Obat jenis ini bekerja dengan cara membantu mengeluarkan dahak yang ada dalam saluran pernapasan.

Keberadaan dahak dalam saluran pernapasan merupakan penyebab dari tersumbatnya hidung dan saluran pernapasan. Kemenyan dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah saluran pernapasan seperti radang tenggorokan, radang pita suara, flu dan batuk, hingga bronkitis.

5. Mengetasi perut kembung

Manfaat kemenyan selanjutnya adalah untuk saluran pencernaan. Beberapa masalah saluran pencernaan dapat ditandai dengan gejala perut kembung. Tugas kemenyan adalah untuk meradakan masalah perut kembung.

Kemenyan merupakan jenis obat karminatif yang mengatasi kolik angin dalam perut. Obat ini bekerja dengan cara mengeluarkan gas dalam perut agar kembung yang dirasakan pun mereda.

6. Aroma terapi

Manfaat kemenyan untuk kesehatan adalah sebagai aroma terapi. Minyak esensial kemenyan dapat menjadi aroma terapi yang dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan. Maka dari itu, kemenyan juga dipercaya mampu untuk mencegah dan mengatasi stres.

Cara menggunakan kemenyan sebagai aropa terapi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama Anda dapat menambahkan minyak kemenyan ke dalam alat diffuser yang memang digunakan untuk menyebarkan minyak esensial ke seluruh ruangan. Cara lainnya adalah dengan cara mencampurkan minyak kemenyan pada air hangat yang Anda gunakan untuk mandi.

Itu dia 6 manfaat kemenyan untuk kesehatan. Kemenyan sebagai obat tentunya sudah dapat dipastikan aman untuk digunakan. Namun bukan berarti penggunaan kemenyan bebas dari efek samping karena pada dasarnya setiap obat berpotensi menimbulkan efek samping.

Salah satu efek samping yang bisa timbul adalah seperti reaksi alergi. Perlu diingat juga bahwa manfaat kemenyan untuk kesehatan dapat didapatkan jika kemenyan sudah diolah menjadi bentuk obat atau minyak esensial. Jadi, Anda tidak dapat mendapatkan manfaatnya secara langsung hanya dengan membakar kemenyan.