10 Manfaat Kecambah yang Tidak Disangka, Bisa Mencegah Kanker?

jenis-jenis-kecambah-doktersehat

DokterSehat.Com – Kecambah atau yang biasa dikenal dengan sebutan toge ternyata memiliki beberapa manfaat yang tidak disangka. Banyak yang tidak menyangka jika manfaat kecambah sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Ketahuilah apa saja manfaat kecambah karena bisa membuat Anda lebih bersemangat untuk mengonsumsi kecambah agar tubuh tetap sehat. Baca terus untuk menemukan kandungan kecambah, manfaat kecambah, dan informasi lainnya terkait kecambah.

Apa itu kecambah?

Kecambah adalah tumbuhan yang baru saja mengalami pertumbuhan dari bijinya. Setiap tumbuhan yang memiliki biji akan mengalami tahap perkecambahan. Tahap perkecambahan bagi tanaman berbiji merupakan tahap pertumbuhan yang pertama.

Ada tiga bagian dari kecambah, yaitu radikula (akar embrio), hipokotil, dan kotiledon. Kecambah atau toge sering dijadikan sebagai bahan pangan terutama diolah dengan cara ditumis atau direbus menjadi sayuran.

Kecambah mengandung zat gizi apa saja?

Jangan meragukan kandungan zat gizi yang dikandung oleh kecambah. Meskipun masih sangat muda, kecambah memiliki beberapa kandungan zat gizi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tidak heran jika banyak manfaat kecambah yang bisa didapat.

Sudah diketahui sejak dulu bahwa kecambah kaya akan kandungan vitamin E dan vitamin C. Beberapa kandungan zat lain yang dikandung kecambah, yaitu protein, lemak, maltosa, folat, saponin, kanavavin, dan fitoestrogen.

Baca Juga: Suka Makan Tauge? Nikmati Manfaat Toge Berikut Ini

Manfaat kecambah bagi kesehatan tubuh

Kecambah termasuk bahan pangan yang banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan ada beberapa manfaat kecambah yang bisa didapatkan. Manfaat kecambah yang ada tentunya tidak terlepas dari beberapa kandungan zat yang ada di dalamnya.

Yuk, simak beberapa manfaat kecambah bagi kesehatan tubuh!

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebelumnya telah disinggung bila kecambah memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah yang besar. Selain itu, kecambah juga mengandung senyawa penting, yaitu saponin. Kedua kandungan zat tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dan senyawa saponin di dalam kecambah bisa merangsang produksi interferon dan sel limfosit. Sel limfosit dan interferon yang banyak bisa mempertahankan kesehatan tubuh dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat kecambah juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan folat dan protein di dalam kecambah bisa menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan begitu, jantung dan pembuluh darah bisa terjaga kesehatannya.

3. Merawat kecantikan kulit

Kulit yang cantik dan menawan serta terlihat awet muda merupakan idaman bagi setiap orang terutama kaum hawa. Hal ini bisa didapatkan jika Anda memasukkan toge atau kecambah ke dalam menu harian Anda secara teratur.

Pengonsumsian toge merupakan salah satu cara merawat kulit agar tetap kencang secara alami. Kecambah termasuk pangan yang kaya akan kandungan vitamin E. Vitamin E telah terbukti dapat merawat kecantikan kulit Anda.

4. Sebagai sumber antioksidan

Kecambah bisa dibilang memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Manfaat kecambah ini tidak lepas dari kandungan vitamin C yang cukup banyak. Kandungan vitamin C memiliki senyawa antioksidan yang sangat berguna bagi kesehatan.

Baca Juga: Cara Mengolah Kecambah, Begini yang Benar!

5. Mencegah terjadinya osteoporosis dini

Kata siapa mencegah osteoporosis hanya dengan minum susu? Anda bisa mencegah terjadinya osteoporosis dini dengan mengonsumsi kecambah. Hal ini disebabkan di dalam kecambah terdapat kandungan zat yang menyerupai estrogen.

Kandungan zat yang dimaksud adalah fitoestrogen. Fitoestrogen memiliki manfaat sebagaimana estrogen yang mampu meningkatkan kepadatan tulang. Tulang yang padat dapat mecegah terjadinya osteoporosis dini.

6. Mengatasi masalah menstruasi

Kandungan fitoestrogen di dalam kecambah juga memberikan manfaat lainnya bagi kaum hawa. Manfaat kecambah juga dapat mengatasi masalah-masalah menstruasi yang biasa dialami oleh beberapa wanita tertentu menjelang dan ketika fase haid berlangsung.

7. Mengurangi keluhan saat menopause

Bagi kebanyakan orang yang mulai memasuki fase menopause biasanya akan memiliki beberapa masalah atau gangguan. Gangguan fisik dan psikis bisa terjadi menjelang dan awal-awal fase menopause.

Namun, Anda tidak perlu bingung karena keluhan menopause ini bisa diatasi secara alami, yaitu dengan mengonsumsi kecambah. Manfaat kecambah memang bisa menurunkan beberapa keluhan menopause.

8. Mencegah penyakit kanker

Tidak ada yang ingin terkena penyakit kanker bukan? Penyakit mematikan ini memang bisa menimpa siapa saja tanpa mengenal status. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena beberapa penyakit kanker yang sering terjadi bisa dicegah.

Cara mencegah kanker secara alami adalah dengan memanfaatkan kecambah sebagai bahan asupan. Manfaat kecambah ini ada dikarenakan senyawa kanavavin yang dikandung oleh kecambah dalam jumlah yang sangat banyak.

Senyawa kanavavin adalah salah satu senyawa fitokimia yang ada di dalam kecambah dan dapat mencegah beberapa jenis penyakit kanker. Konsumsilah kecambah dan Anda akan terhindari dari kanker payudara, kanker darah, kanker usus besar, dan kanker pankreas.

Baca Juga: Benarkah Manfaat Kecambah bisa Meningkatkan Kesuburan?

9. Mengobati penyakit kanker

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Namun, bukan berarti tidak ada jalan atau solusi bagi orang-orang yang sedang menderita kanker. Tidak hanya mencegah kanker, manfaat kecambah juga dapat mengobati penyakit kanker yang diderita.

Kecambah mengandung senyawa antikanker, yaitu senyawa daidzein dan genistein. Kedua senyawa antikanker ini ternyata dapat menghambat pasokan gizi untuk sel-sel kanker. Sel-sel kanker pun akan mati secara perlahan tapi pasti dan penyakit kanker pun bisa diobati.

10. Menurunkan risiko radang sendi

Kecambah baik dikonsumsi oleh orang-orang yang mulai memasuki usia lanjut. Hal ini dikarenakan, manfaat kecambah dapat menurunkan risiko terjadinya masalah medis yang biasa dialami oleh lansia, salah satunya adalah radang sendi atau artritis.

Apabila Anda rutin mengonsumsi toge atau kecambah maka risiko Anda untuk terkena artritis akan berkurang. Jangan tunggu hingga tua, Anda bisa mengonsumsi kecambah sejak masih muda sebagai persiapan.

 

 

Sumber:

  1. IE Sari. 2014. Tinjauan Pustaka: Pengertian Kecambah. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya. http://eprints.polsri.ac.id/1179/3/BAB%20II_002.pdf [diakses pada 2 Januari 2019]