Terbit: 28 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Masyarakat Jawa telah lama mengenal dan memanfaatkan kayu secang sebagai bahan pembuat minuman tradisional. Selain memiliki rasa asam yang segar, kayu secang juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Simak beberapa khasiat dan manfaat kayu secang yang mengejutkan dan telah dibuktikan secara ilmiah.

8 Manfaat Kayu Secang, Obat Segala Penyakit Berbahaya

Bacalah lebih lanjut untuk mengetahui beberapa informasi bermanfaat seputar kayu secang, seperti apa itu kayu secang, kandungan kayu secang, dan manfaat kayu secang.

Apa Itu Kayu Secang?

Kayu secang adalah kayu yang berasal dari pohon secang (Caesalpinia sappan). Anda bisa dengan mudah menemukan kayu secang di Indonesia karena pohon secang berasal dari Asia Tenggara. Umumnya, kayu secang digunakan sebagai bahan pembuat minuman.

Rasa kayu secang cukup menyegarkan sehingga rempah yang satu ini menjadi minuman favorit orang-orang keraton. Selain sebagai minuman, kayu secang juga digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan karena kulit kayu secang bisa memberikan warna merah.

Selain di daerah pulau Jawa, kayu secang dikenal dengan sebutan tertentu di daerah lain. Berikut ini adalah beberapa nama lain kayu secang, seupeung (Aceh), cacang/ lacang (Minangkabau), sepang (Gayo dan Sasak), dan sopang (Batak).

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Di luar negeri, kayu secang dikenal dengan istilah sappanwood yang memakai bahasa Inggris. Kayu secang juga dikenal dengan sebutan soun bagi orang-orang Jepang. Jadi, jangan heran bila kayu secang memiliki banyak nama.

Kandungan Kayu Secang

Jangan heran apabila nanti Anda menemukan beberapa manfaat kayu secang yang mengejutkan. Adanya manfaat kayu secang yang sangat berguna bagi kesehatan, tentunya sangat terkait dengab beberapa zat kimia penting yang dikandung oleh kayu secang.

Kayu secang mengandung beberapa senyawa penting bagi tubuh, di antaranya adalah brazilin, brasilein, alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, terpenoid, kardenolin, fenil propana, dan antrakinon.

Selain itu, kayu secang juga mengandung asam galat, delta-a phellandrene, oscimene, resin, resorsin, dan minyak atsiri yang ada di dalam kayu secang. Kayu secang pun memiliki kandungan zat yang khas sesuai namanya, yaitu sappanchalcone dan Caesalpin P.

Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan Tubuh

Kayu secang yang sering dijadikan sebagai ramuan tradisional memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat kayu secang bisa mengatasi beberapa penyakit mulai dari yang ringan hingga yang cukup berat.

Yuk, simak beberapa manfaat kayu secang yang mengejutkan ini!

1. Mengobati kanker dan tumor

Manfaat kayu secang yang paling utama adalah bisa mengobati berbagai jenis penyakit kanker dan tumor. Kayu secang memiliki kandungan kloroform, n-butanol, dan metanol air yang memiliki sifat antikanker.

Kandungan senyawa-senyawa tersebut bisa menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor. Hal ini dikarenakan beberapa senyawa tersebut bersifat toksik bagi sel kanker dan tumor. Galur sel kanker pun bisa dihambat dan akhirnya mati.

Baca Juga: Tidak Hanya Pemberi Rasa Manis untuk Wedang Secang, inilah 10 Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan Tubuh

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Anda termasuk orang yang cepat jatuh sakit? Jika begitu maka minumlah minuman berbahan kayu secang. Kayu secang banyak mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan.

Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan tersebut bisa mencegah sel-sel tubuh Anda dari kerusakan oksidatif. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa menghambat pembentukan berbagai radikal bebas.

3. Mengobati penyakit asam urat atau gout

Bagi Anda penderita penyakit gout atau asam urat maka mengonsumsi ramuan kayu secang baik untuk Anda. Kayu secang bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat karena memiliki kandungan sappanchalcone dan Caesalpin P.

Kedua kandungan tersebut memiliki sifat antiinflamasi. Sifat antiinflamasi yang ada di dalam kayu secang dapat mengobati penyakit asam urat Anda. Sebagaimana diketahui bahwa penyakit gout sangat terkait dengan peradangan di sendi.

4. Mengatasi penyakit diabetes

Manfaat kayu secang juga bisa mengatasi penyakit diabetes. Kayu secang mengandung senyawa yaitu brazilin yang dapat menurunkan gula darah. Di samping itu, kayu secang juga mengandung beberapa senyawa penting.

Beberapa senyawa penting tersebut di antaranya adalah senyawa brazilin, kaesalpin P, sappankalkon, dan protosappanin A. Senyawa-senyawa tersebut bertindak sebagai inhibitor atau penghambat enzim aldosa reduktase yang menyebabkan komplikasi diabetes.

5. Mengobati masalah diare

Kayu secang memang sangat cocok menjadi minuman ketika musim hujan tiba. Pasalnya, selain bisa menghangatkan tubuh, kayu secang juga bisa mengobati penyakit yang biasanya muncul saat musim hujan.

Manfaat kayu secang bisa mengobati diare karena kayu secang mengandung beberapa zat yang bersifat antidiare. Beberapa zat yang memiliki sifat antidiare tersebut, yaitu galat, brazilin, oscimene, resin, resorsin, dan tanin.

Baca Juga: Yuk Minum Beras Kencur dan Dapatkan 8 Manfaat Kencur Ini!

6. Mencegah kerusakan hati

Kayu secang juga memiliki manfaat mengejutkan lainnya. Manfaat kayu secang bisa mencegah kerusakan hati. Hal ini dikarenakan kayu secang memiliki kandungan senyawa yang diharapkan dapat menghambat penurunan angka SAT.

7. Mencegah penyakit jantung koroner

Telah disebutkan sebelumnya bahwa kayu secang memiliki banyak kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan yang tersimpan di dalam kayu secang tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saja.

Zat-zat yang bersifat antioksidan di dalam kayu secang juga bisa mencegah terjadinya salah satu penyakit berbahaya, yaitu penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner bisa dicegah karena zat di dalam kayu secang bisa meredam berbagai radikal bebas.

Melalui antioksidan beberapa radikal bebas seperti radikal bebas hidroksil, radikal eroksil, radikal alkoksil, singlet oksigen, hidrogen peroksida, dan anion superoksida bisa dihambat pembentukannya di dalam tubuh dan jantung pun menjadi lebih sehat.

8. Melancarkan sistem peredaran darah

Jangan bingung bila setelah meminum wedang secang atau minuman lainnya berbahan kayu secang, Anda seperti merasa lebih segar. Ini dikarenakan salah satu manfaat kayu secang yang dapat merelaksasi pembuluh darah.

Pembuluh darah pun menjadi lebih rileks dan aterosklerosisi atau penebalan arteri bisa dicegah dan diatasi. Sistem peredaran darah menjadi lebih lancar. Tentunya, kelancaran sistem peredaran darah memberikan dampak positif pada bagian tubuh lain.

 

Sumber:

  1. Ir. Lukas Tersono Adi. 2006. Tanaman Obat & Jus untuk Asam Urat & Rematik. Jakarta: AgroMedia
  2. Dr. Sri Suryaningsum & Dra. Anis Siti Hartati. 2018. Wedang Uwuh. Klaten: Nugrah Media
  3. Gagas Ulung & Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB. 2014. Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi