8 Manfaat Karbohidrat, Bisa Memperbaiki Mood?

sumber-karbohidrat-doktersehat

DokterSehat.Com – Karbohidrat adalah salah satu zat gizi makro yang memiliki banyak manfaat. Tidak ada yang bisa mengabaikan manfaat karbohidrat bagi tubuh. Hal yang penting untuk disadari adalah begitu melimpahnya jenis makanan sumber karbohidrat seolah alam pun turut mendukung manfaat karbohidrat bagi banyak mahluk hidup.

Semua manusia di dunia ini tak luput dari kebutuhan akan karbohidrat. Tetaplah membaca penjelasan bermanfaat di bawah ini untuk mengenal lebih dalam seputar karbohidrat. Cari tahu apa itu karbohidrat, jenis-jenis karbohidrat, manfaat karbohidrat, jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat, kebutuhan karbohidrat harian, dan informasi lainnya.

Apa itu karbohidrat?

Karbohidrat adalah salah satu zat gizi makro selain protein dan lemak. Kata “karbohidrat” berasal dari dua kata yaitu “karbon” dan “hidrat”. Ini mengartikan bahwa karbohidrat adalah hidrat dari karbon.

Istilah karbohidrat juga biasa dikenal dengan istlah hidrat arang atau sakarida. Kata sakarida sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu sákcharon, yang artinya adalah “gula”. Karbohidrat tersusun dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen.

Jenis-jenis karbohidrat

Anda pastinya sudah tahukan bahwa karbohidrat merupakan sumber makanan utama atau makanan pokok bagi manusia. Karbohidrat memiliki beberapa jenis jika melihat jumlah molekulnya. Ada beberapa jenis karbohidrat, yaitu monosakarida, disakarida, oligosakarida, dan polisakarida. Anda bisa melihat penjelasannya di bawah ini.

Berikut ini adalah jenis-jenis karbohidrat, di antaranya adalah:

1. Monosakarida

Monosakarida adalah jenis karbohidrat yang hanya terdiri dari satu molekul gula. Molekul gula sederhana ini hanya terdiri dari beberapa atom C (karbon). Contoh dari monosakarida adalah glukosa, galaktosa, dan fruktosa.

Glukosa dan galaktosa termasuk aldosa yang sama-sama terdiri dari ikatan ganda atom karbon-oksigen dan atom hidrogen. Fruktosa termasuk ke dalam ketosa yang mirip dengan aldosa tetapi memiliki tambahan dua atom karbon.

2. Oligosakarida

Oligosakarida adalah jenis karbohidrat yang terdiri dari minimal 2 hingga 10 molekul gula. Ada beberapa penamaan pada oligosakarida ini, seperti jika terdiri dari dua molekul gula disebut disakarida, tiga molekul gula disebut triosa, dan seterusnya.

Contoh dari disakarida yaitu laktosa, sukrosa, dan maltosa. Laktosa merupakan gabungan molekul glukosa dan galaktosa, sedangkan sukrosa terdiri dari molekul glukosa dan fruktosa, dan maltosa terdiri dari dua molekul glukosa.

3. Polisakarida

Jenis karbohidrat yang terakhir yaitu polisakarida yang merupakan jenis karbohidrat dengan jumlah molekul yang kompleks. Polisakarida terdiri dari banyak sakarida. Contoh polisakarida di antaranya adalah selulosa, glikogen, dan amilum.

Manfaat karbohidrat bagi tubuh manusia

Ada beberapa manfaat karbohidrat bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Informasi mengenai manfaat karbohidrat menjadi penting bagi Anda karena setelah Anda mengetahuinya maka Anda akan selalu berusaha menjaga kebutuhan karbohidrat terpenuhi.

Yuk disimak beberapa manfaat karbohidrat yang penting bagi tubuh!

1. Sumber tenaga bagi tubuh

Manfaat karbohidrat yang utama adalah sebagai sumber tenaga bagi tubuh. Proses pencernaan akan memecah karbohidrat menjadi molekul sederhana yaitu glukosa. Glukosa sendiri merupakan sumber energi utama bagi tubuh.

Inilah alasan dibalik rasa kenyang yang Anda rasakan setelah mengonsumsi makanan sumber karbohidrat seperti nasi. Karbohidrat merupakan zat gizi makro yang menyumbang energi paling besar bagi tubuh.

2. Meningkatkan fungsi otak

Mungkin Anda heran jika dikatakan bahwa manfaat karbohidrat bisa meningkatkan fungsi otak. Namun, faktanya karbohidrat memang bermanfaat bagi otak. Glukosa yang merupakan hasil pecahan karbohidrat merupakan ‘makanan’ bagi otak.

Otak hanya menerima zat gizi dalam bentuk glukosa sebagai ‘makanan’ tunggalnya. Glukosa inilah yang membantu otak untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Jadi, bagi Anda yang harus berpikir keras maka mengonsumsi karbohidrat terutama yang mengandung banyak molekul glukosa bisa membantu Anda berpikir.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat karbohidrat juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Pasalnya, asupan karbohidrat bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida serta meningkatkan kadar kolesterol HDL sehingga kesehatan jantung Anda bisa terjaga.

4. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Apabila kebutuhan karbohidrat harian bisa dicukupi dengan baik maka karbohidrat membawa manfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit. Konsumsi karbohidrat yang baik seperti gandum utuh mampu menurunkan risiko penyakit seperti kanker dan diabetes.

5. Membantu menurunkan berat badan

Makan karbohidrat bisa menurunkan berat badan? Ya jika Anda mengonsumsi asupan karbohidrat yang juga kaya akan serat makanan seperti yang terdapat pada olahan gandum utuh seperti roti gandum, sereal gandum, dan lainnya.

Serat makanan pada jenis makanan karbohidrat tersebut bisa membuat Anda terasa kenyang lebih lama. Jadi, ini bisa membantu Anda mengonsumsi makanan lebih banyak dan berat badan Anda pun bisa turun.

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat karbohidrat yang satu ini juga sangat erat kaitannya dengan kandungan serat di dalam karbohidrat. Beberapa jenis asupan karbohidrat bisa membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan yang sangat baik untuk program diet Anda.

Di samping itu, karbohidrat juga bermanfaat untuk mencegah semeblit, mengurangi jumlah gas di dalam perut, dan menurunkan risiko terkena penyakit kolon seperti diverticulitis, dan lainnya. Sistem pencernaan yang baik juga turut memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

7. Membantu memperbaiki kualitas tidur

Benarkan manfaat karbohidrat bisa memperbaiki kualitas tidur? Mengapa bisa demikian? Suatu hal yang wajar jika Anda menyangsikan manfaat karbohidrat yang satu ini. Akan tetapi, Anda perlu menyimak penjelasan berikut.

Asupan karbohidrat seperti gandum utuh merupakan asupan yang lambat dicerna oleh tubuh. Hal ini ternyata berdampak positif bagi kualitas tidur Anda. Proses pencernaan karbohidrat kaya serat yang lambat membuat tidur Anda lebih banyak.

8. Bisa memperbaiki mood?

Tidak hanya memperbaiki kualitas tidur, manfaat karbohidrat juga bisa membantu Anda untuk memperbaiki mood Anda yang sering tidak stabil. Umumnya, orang-orang akan cenderung memiliki mood yang buruk ketika kadar glukosa sedang rendah.

Kadar glukosa yang rendah bisa membuat Anda mudah jengkel dan tersinggung alias ‘baper’. Jadi, jika Anda sedang baper atau jengkel maka konsumsilah karbohidrat segera sehingga mood Anda akan kembali baik.

Apa saja makanan yang banyak mengandung karbohidrat?

Anda tidak perlu cemas sama sekali dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Hal ini dikarenakan begitu banyaknya aneka jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi. Beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat, di antaranya seperti beras, gandum, jagung, kentang, ubi, singkong, pisang, kacang hitam, oat, pasta, dan lainnya.

Berapa kebutuhan karbohidrat sehari?

Pada umumnya, kebutuhan karbohidrat yang harus dipenuhi dalam sehari tidaklah sama bagi semua orang. Adanya perbedaan kebutuhan karbohidrat dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, dan kondisi fisiologis seperti kehamilan.

Kebutuhan karbohidrat biasanya sekitar 45% hingga 65% dari kebutuhan energi total yang diperlukan oleh tubuh dalam sehari. Jadi, Anda bisa mengetahui berapa kebutuhan karbohidrat yang harus Anda penuhi dalam sehari setelah mengetahui kebutuhan energi total dalam kalori.