Manfaat Merawat Kulit dengan Karamel

doktersehat-manfaat-karamel
Photo Credit: Pexels.com/Angele J

DokterSehat.Com– Saat membaca judul artikel ini, kemungkinan banyak dari Anda yang langsung mengernyitkan dahi. Tidak jarang pula Anda akan bertanya-tanya bisakah karamel digunakan untuk merawat kulit, padahal karamel biasa dicampurkan pada makanan atau minuman.

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah ya, karamel dapat digunakan untuk merawat kulit secara alami. Hal ini lantaran karamel terbuat dari gula yang sedari awal sudah dilengkapi dengan kandungan bahan aktif berupa vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit.

Kendati sudah berbentuk lebih kental, karamel ternyata juga kerap dicampurkan sebagai bahan tambahan pada sejumlah skincare. Nah, berikut alasan mengapa karamel digunakan dalam beauty treatment atau produk kecantikan.

1. Berguna Sebagai Eksfoliator

Salah satu alasan mengapa Anda dapat merawat kulit menggunakan karamel adalah teksturnya yang dapat digunakan sebagai eksfoliator. Dilansir dari laman My Dairy Diet, karamel dapat meluruhkan sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit.

Karamel dengan tekstur yang sedikit kasar karena masih mengandung sejumlah granula gula dapat mengangkat debu mau pun kotoran yang terjebak dan menyumbat pori-pori kulit.

2. Menjadikan Kulit Lebih Glowing

Tidak hanya itu saja, penggunaan karamel dalam beauty products atau beauty treatment ternyata juga menjadikan kulit tampak lebih glowing. Hal ini tentu saja berkaitan dengan fungsi karamel yang dapat dijadikan sebagai salah satu eksfoliator alami.

Saat kulit terbebas dari kotoran dan sel kulit mati, kulit akan tampak lebih bersih, glowing dan flawless. Apalagi kulit terasa lebih lembut setelah pemakaian karamel.

3. Kulit Terasa Lebih Lembut

Karamel yang terbuat dari gula ini ternyata juga mengandung protein di dalamnya. Protein merupakan salah satu bahan aktif yang berfungsi untuk menjaga sel kulit tetap sehat.

Saat sel kulit sehat, sel kulit juga dalam keadaan lembap. Kondisi yang demikian tentu akan berdampak pada tekstur kulit yang terasa lebih kencang dan lembut.

Anda yang tertarik menggunakan karamel dapat langsung mengaplikasikannya pada kulit. Selain itu, Anda juga dapat mengombinasikannya dengan sejumlah bahan alami lainnya yang mampu memberikan manfaat lebih. Anda yang tidak ingin repot dapat langsung menggunakan skincare dengan kandungan esktrak karamel di dalamnya.