Terbit: 19 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Adakah manfaat kapur sirih bagi kesehatan? Budaya nyirih sering dilakukan oleh orang tua, yaitu mengunyah daun sirih yang dicampur dengan kapur sirih. Nyirih juga dipercaya dapat membantu membersihkan dan membuat gigi kuat, namun bagaimana fakta medisnya? Ketahui khasiat kapur sirih, kandungan nutrisi, efek samping kapur sirih, dll.

7 Manfaat Kapur Sirih untuk Kecantikan (Kandungan dan Efek Samping)

Kandungan Nutrisi Kapur Sirih

Kapur sirih terbuat dari cangkang kerang kepah yang dibakar dengan potongan kulit kayu selama sekitar 10 sampai 11 jam. Setelah itu, cangkang kerang kepah masuk dalam proses penghancuran dengan air, lalu dihaluskan hingga menjadi bubuk putih kapur sirih.

Kapur sirih mengandung senyawa kalsium hidroksida Ca (OH)2. Kalsium hidroksida diformulasi melalui senyawa kalsium oksida dan air, serta mengandung sifat basa yang kuat. Kalsium hidroksida umumnya digunakan untuk kebutuhan industri seperti produksi kertas, konstruksi bangunan, produksi bahan kulit, pengelolaan limbah, dll.

Sementara beberapa kalangan menggunakan kalsium hidroksida untuk kebutuhan kesehatan, perawatan kecantikan, perawatan gigi, perawatan rambut, campuran makanan, dll.

Selain kandungan senyawa kalsium hidroksida, belum ada penelitian lebih lanjut tentang kandungan nutrisi kapur sirih. Kandungan senyawa kalsium hidroksida dalam kapur sirih juga dinilai berbahaya dan berisiko efek samping bagi kesehatan.

Manfaat Kapur Sirih bagi Kesehatan

Masyarakat tradisional menggunakan kapur sirih untuk pengobatan alternatif dan perawatan kecantikan alami. Orang tua umumnya menggunakan campuran kapur sirih, buah pinang, dan daun sirih untuk merawat kesehatan gigi dan mulut mereka.

Sementara, sebagian lainnya menggunakan kapur sirih untuk perawatan kecantikan, menghilangkan bau ketiak, meluruskan rambut, dan mengolah makanan, seperti:

  • Membuat makanan yang digoreng lebih renyah.
  • Membuat acar lebih renyah.
  • Membuat keripik lebih garing dan tahan lama.
  • Membuat ketupat lebih lembut.

Benarkah ada manfaat kapur sirih? Berikut ini adalah penjelasannya!

1. Perawatan Gigi

Berdasarkan penelitian dari National Institutes of Health, kalsium hidroksida digunakan dalam perawatan gigi sebagai agen antimikroba untuk melindungi gigi dari infeksi tertentu, membunuh bakteri di gigi, serta melindungi pulpa gigi.

Kalsium hidroksida juga digunakan untuk mencegah pembengkakan dan mengurangi rasa sakit sebelum operasi endodontik yaitu penyakit di bagian dalam gigi. Sementara itu, perawatan gigi harian dengan kapur sirih tidak dianjurkan atau belum dapat dipastikan khasiatnya secara medis, walaupun sama-sama mengandung kalsium hidroksida.

Baca Juga: 20 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami yang Mudah dan Cepat

2. Perawatan Rambut

Manfaat kapur sirih untuk rambut adalah untuk meluruskan rambut keriting. Kapur sirih mengandung kalsium hidroksida yang merupakan salah satu bahan alkali aktif yang digunakan dalam beberapa produk krim pelurus rambut.

Berdasarkan data dari Cornell Center for Materials Research, cara kerja senyawa kalsium hidroksida dalam meluruskan rambut adalah dengan memecah ikatan disulfide  yang menghubungkan sistein. Sistein adalah asam amino dalam konsentrasi tinggi yang membuat struktur rambut keriting. Senyawa kalsium hidroksida memutuskan ikatan tersebut dan membuat struktur rambut menjadi lurus.

Walaupun demikian, tidak semua orang cocok dengan produk pelurus rambut yang mengandung kalsium hidroksida. Beberapa produk bahkan memproduksi dua versi krim pelurus rambut, yang mengandung kalsium hidroksida dan yang tidak.

Penggunaan kapur sirih yang mengandung kalsium hidroksida untuk perawatan rambut alami juga tidak dapat dipastikan khasiatnya karena terdapat risiko kerusakan rambut dan reaksi alergi pada kulit kepala.

3. Mengatasi Bau Badan

Beberapa orang juga percaya adanya manfaat kapur sirih untuk ketiak. Cara menghilangkan bau badan secara alami adalah dengan mencampur perasan jeruk nipis dan kapur sirih lalu mengoleskannya di bagian ketiak.

Belum ada penelitian yang memadai untuk uji klinis kandungan kapur sirih untuk mengatasi bau badan, dan campuran larutan kalsium hidroksida langsung ke kulit dalam jumlah berlebihan akan berbahaya dan menimbulkan efek samping pada kulit Anda.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

4. Perawatan Kecantikan

Sebagian masyarakat juga percaya bahwa kapur sirih dapat dijadikan perawatan kulit alami untuk mengatasi jerawat. Manfaat kapur sirih untuk mengatasi jerawat adalah mitos. Penggunaan larutan kapur sirih yang langsung dioleskan ke kulit dengan luka terbuka atau peradangan seperti jerawat dapat membuat iritasi kulit dan masalah kulit lainnya.

5. Mengolah Produk Jagung

Kalsium hidroksida juga digunakan untuk mengolah jagung menjadi tepung jagung. Senyawa kalsium hidroksida memudahkan proses pengolahan biji jagung menjadi tepung jagung, namun nutrisi penting dalam jagung banyak terurai dalam proses ini.

Di Amerika Tengah, kalsium hidroksida digunakan dalam tepung jagung untuk mengolah tortilla, sopes, tamale, dll. Dalam jumlah yang tidak berlebihan, senyawa kalsium hidroksida masih aman untuk dikonsumsi.

6. Produksi Gula

Larutan kapur sirih juga digunakan untuk mengolah jenis gula tertentu seperti gula tebu dan bit gula dalam proses pemurnian. Gula dicampur dengan larutan kapur sirih untuk menghilangkan kotoran dan meningkatkan stabilitas produk.

Baca Juga: Benarkah Daun Sirih Berbahaya untuk Miss V?

7. Produksi Beberapa Jenis Makanan

Berdasarkan data dari Absolute Astronomy, beberapa jenis makanan dan minuman diproses dengan campuran kalsium hidroksida seperti, minuman ringan, jus buah, minuman beralkohol, olahan ikan, dll. Larutan kalsium hidroksida dapat memecah protein pada makanan dan membuat teksturnya menjadi lembut.

Penggunaan kalsium hidroksida yang diproduksi khusus untuk makanan dan dalam jumlah yang tidak berlebihan masih aman dikonsumsi, namun bila Anda mengkonsumsi kapur sirih yang ditujukan untuk bahan industri maka dapat menyebabkan keracunan kalsium hidroksida.

Efek Samping Kapur Sirih

Berikut ini adalah efek samping kapur sirih yang mungkin terjadi akibat keracunan senyawa kalsium hidroksida, yaitu:

  • Bengkak di tenggorokan
  • Sensasi bibir atau lidah terbakar
  • Muntah darah
  • Gangguan penglihatan
  • Sensasi terbakar di hidung, mata, atau telinga
  • Gangguan pernapasan
  • Sakit perut
  • Mual dan muntah
  • Tekanan darah turun
  • Muntah darah
  • Iritasi kulit
  • Botulisme

Keracunan senyawa kalsium hidroksida yang terkandung dalam kapur sirih dapat membahayakan jiwa. Harap gunakan kapur sirih yang sesuai standarisasi material yang layak digunakan untuk memproduksi perlengkapan makan untuk mengurangi bahaya dan efek samping senyawa kalsium hidroksida.

 

  1. Baum Josh. 2019. Calcium Hydroxide Uses. https://www.livestrong.com/article/181921-calcium-hydroxide-uses/. (Diakses pada 11 November 19, 2019).
  2. Klik Kalsel. 2018. Begini Proses Pembuatan Kapur Sirih di Pulau Sugara. https://klikkalsel.com/begini-proses-pembuatan-kapur-sirih-di-pulau-sugara/. (Diakses pada 11 November 19, 2019).
  3. Vandergriendt, Carly. 2018. How Is Calcium Hydroxide Used in Food, and Is It Safe?. https://www.healthline.com/health/calcium-hydroxide. (Diakses pada 11 November 19, 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi