Terbit: 9 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sampai saat ini, tidak sedikit orang yang selalu menganggap bahwa kalori adalah biang kerok dari segala masalah pada tubuh. Adapun berbagai masalah yang akan ditimbulkan karena kalori mulai dari obesitas, penyakit jantung, stroke, dan berbagai macam penyakit metabolik lainnya.

Apakah Kalori Selamanya Buruk Bagi Tubuh?

Namun, benarkah kalori seburuk itu tanpa ada manfaat lain?

Perlu diketahui, segala sesuatu di dalam tubuh kita sebenarnya memiliki peranan masing-masing. Hanya saja, ada yang jumlahnya dibatasi, maupun tidak. Sama halnya dengan kalori yang sebenarnya masih memiliki peranan dan manfaat bagi tubuh jika jumlahnya tidak terlampau banyak.

Memang benar, kalori berlebih pada tubuh sangat tidak baik dan bisa memicu datangnya berbagai macam masalah kesehatan. Namun, ketika kalori dalam tubuh dikuras habis, tentu saja bukan sebuah keputusan yang tepat juga. Sebab, kalori pun masih memiliki manfaat, salah satunya adalah sebagai penambah gairah dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Apa hanya itu saja? Tentu saja tidak. Perlu diketahui sebelumnya, kalori ternyata terbagi menjadi dua, yakni kalori kecil dan kalori besar. Sama halnya seperti bakteri baik dan bakteri jahat, tentunya ada posisi yang harus dipertahankan serta yang perlu dibuang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Dalam hal ini, kalori kecil adalah yang bermanfaat bagi tubuh seseorang. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwasanya kalori ternyata kecil bertanggungjawab dalam mengontrol energi serta stamina dalam tubuh. Sehingga, semakin dikuras habis, maka tubuh pun akan semakin lemas karenanya.

Tidak hanya sampai di situ, kekurangan kalori dalam tubuh pun bisa memicu terjadinya gangguan psikologis. Di mana seseorang akan menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung. Sehingga jika ada masalah sedikit, dia akan tersulut emosinya karena mood yang sedang kacau.

Lebih penting lagi, ketika tubuh kita kekurangan kalori maka akan memicu terjadinya pelambatan kinerja otak. Hal itu dikarenakan terjadinya gangguan hormonal serta sistem saraf yang terhubung langsung pada otak. Oleh karenanya, membuang kalori boleh saja, tapi tidak harus sampai bersih karena akan menimbulkan masalah yang tidak pernah terduga sebelumnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi