11 Manfaat Kacang Tanah yang Menyehatkan Tubuh

gambar-kacang-tanah-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah kamu termasuk orang yang gemar mengonsumsi kacang tanah? Itu merupakan hal yang baik karena kacang tanah adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan zat gizi penting. Ada beberapa manfaat kacang tanah yang perlu Anda ketahui.

Baca terus untuk mengetahui lebih jauh tentang kacang tanah. Mari mengenal apa itu kacang tanah. Temukan pula kandungan zat gizi kacang tanah dan beberapa manfaat kacang tanah melalui penjelasan di bawah ini.

Apa itu kacang tanah?

Kacang tanah adalah tanaman polong-polongan. Nama latin kacang tanah adalah Arachis hypogaea L. Spesis kacang tanah termasuk ke dalam golongan suku Fabaceae. Jenis kacang-kacangan yang satu ini pertama kali tumbuh di Amerika bagian selatan.

Dalam bahasa Inggris, kacang tanah dikenal juga dengan nama peanut atau groundnut. Kacang tanah bisa dinikmati mentah, rebus, dan goreng. Ada juga yang menikmati kacang tanah dengan cara disangrai. Semuanya sama-sama memiliki rasa yang lezat.

Kandungan zat gizi kacang tanah

Kacang tanah tidak hanya memiliki rasa yang lezat. Akan tetapi, kacang tanah juga kaya akan protein dan lemak. Kacang tanah juga mengandung zat gizi lain seperti karbohidrat,  serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B, sodium, potasium, kalsium, dan zat besi.

Jenis lemak yang dikandung oleh kacang tanah tentunya adalah lemak nabati. Kandungan lemak yang banyak dikandung oleh kacang tanah adalah lemak tidak jenuh tunggal dan ganda. Kacang tanah mengandung omega-6 dalam jumlah yang cukup banyak.

Manfaat kacang tanah untuk tubuh

Setelah kacang kedelai, kacang tanah merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki manfaat terbanyak. Ada berbagai manfaat kacang tanah yang sangat baik untuh kesehatan tubuh. Manfaat kacang tanah ini tidak hanya untuk sistem organ dan organ saja melainkan juga untuk kulit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang tanah untuh tubuh:

1. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan maka Anda bisa mengonsumsi kacang tanah. Manfaat kacang tanah bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Hal ini dikarenakan kacang tanah akan memberikan rasa kenyang.

Rasa kenyang yang muncul ini akan mencegah Anda dari pengonsumsian berlebih. Anda pun tidak akan makan makanan jenis lain terlalu banyak. Selain memberikan rasa kenyang, kacang tanah temasuk kacang-kacangan yang mengandung serat makanan tidak larut. Ini sangat memengaruhi usaha penurunan berat badan.

2. Mencegah kanker perut

Kacang tanah mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Jenis antioksidan yang ada di dalam kacang tanah memiliki kemampuan mencegah terjadinya penyakit kanker perut. Kandungan antioksidan yang memiliki sifat antikarsinogenik dapat cara mengurangi produksi nitro amino yang bersifat karsinogenik.

Pengonsumsian kacang tanah dalam jumlah yang cukup akan mencegah Anda dari penyakit kanker perut. Oleh karena itu, konsumsilah kacang tanah dengan beragam aneka olahan. Sebaiknya Anda mengonsumsi dalam keadaan mentah atau merebus sebentar.

3. Menjaga kesehatan jantung

Jika Anda senang mengonsumsi kacang tanah maka Anda tidak hanya sedang memuaskan selera kuliner saja melainkan juga turut menjaga kesehatan jantung. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa penyakit jantung adalah penyebab kematian yang utama di dunia ini.

Jantung yang sehat pun menjadi sangat penting bagi setiap manusia. Manfaat kacang tanah bisa menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan produksi oksida nitrat. Kacang tanah juga bermanfaat mencegah stroke.

4. Mencegah terbentuknya batu empedu

Batu empedu biasa terjadi pada orang dewasa. Masalah batu empedu bisa mengganggu kesehatan Anda. Oleh karena itu, pencegahan terbentuknya batu empedu sebaiknya dicegah dengan cara mengonsumsi kacang tanah secara teratur.

Hal ini bisa terjadi karena kacang tanah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Jika kadar kolesterol LDL bisa diturunkan maka pembentukan batu empedu bisa dicegah secara dini.

5. Sumber antioksidan dan zat gizi lain

Kacang tanah memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu kacang tanah juga mengandung vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya yang juga cukup memberikan energi tinggi bagi tubuh.

Kandungan antioksidan di dalam kacang tanah bisa membersihkan darah dari berbagai radikal bebas. Pada kacang tanah yang direbus maka kandungan antioksidan menjadi lebih aktif dan lebih ampuh untuk menangkal radikal bebas.

6. Mendukung pertumbuhan tubuh

Jika Anda sedang dalam masa pertumbuhan maka mengonsumsi kacang tanah adalah hal yang baik. Manfaat kacang tanah bisa mendukung pertumbuhan tubuh. Hal ini dikarenakan kacang tanah mengandung protein dalam jumlah besar.

Kacang tanah juga mengandung asam amino yang membuat tumbuh kembang menjadi lebih pesat. Oleh karena itu, konsumsilah kacang tanah bila ingin memiliki pertumbuhan tubuh yang baik.

7. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan pada kacang tanah memiliki manfaat untuk kulit. Kacang tanah bisa menjaga kesehatan kulit Anda melalui kandungan antioksidannya. Antioksidan akan mencegah terjadinya oksidasi yang akan merusak kulit.

Selain itu, kandungan vitamin E pada kacang tanah juga akan melindungi kulit dari kerusakan akibat oksidatif. Manfaat kacang tanah juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari yang bisa merusak dan membakar kulit.

8. Mencegah beberapa penyakit

Setiap orang tentunya ingin terhindar dari berbagai jenis penyakit. Hal ini bisa diwujudkan dengan cara mengonsumsi kacang tanah. Beberapa jenis penyakit bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang tanah.

Manfaat kacang tanah bisa mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker, alzheimer, dan penyakit sarah lainnya. Masalah infeksi akibat jamur dan virus juga dapat diatasi dengan mengonsumsi kacang tanah.

9. Meningkatkan kesuburan

Kabar bahagia bagi Anda yang belum dikaruniai anak dan suka makan kacang tanah. Pengonsumsian kacang tanah dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda. Jika Anda makan kacang tanah sebelum hamil maka ini akan meningkatkan peluang hamil.

Apabila Anda telah hamil maka teruskanlah mengonsumsi kacang tanah selama tidak menimbulkan alergi. Kacang tanah mengandung asam folat yang bisa mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah kerusakan saraf janin.

10. Mengontrol gula darah

Manfaat kacang tanah dapat membantu Anda di dalam pengontrolan gula darah. Hal ini menjadi hal yang sangat penting bagi Anda penderita diabetes dan juga orang yang telah berusia lanjut.

Kandungan mangan yang ada di dalam kalsium bisa mengatur kadar gula darah agar tetap normal. Kadar gula darah normal sangat penting untuk tetap dimiliki agar tidak mengalami gangguan metabolisme tubuh.

11. Mengatasi depresi

Apakah Anda tahu bila manfaat kacang tanah bisa membantu mengatasi depresi? Mungkin ini adalah hal yang baru bagi Anda. Kondisi tertekan atau depresi disebabkan oleh rendahnya kadar serotonin.

Kacang tanah mengandung triptofan yang bisa meningkatkan pelepasan zat kimia tertentu. Pelepasan zat kimia tersebut bisa meningkatkan kadar serotonin sehingga depresi bisa diatasi. Jika Anda sedang ada pada kondisi tertekan maka mengonsumsi selai kacang atau kacang tanah goreng adalah hal yang bagus.