Terbit: 6 Januari 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kacang pecan adalah jenis kacang yang berasal dari spesies pohon hickory yang berasal dari Meksiko Utara dan Amerika Selatan. Mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting menjadikannya baik untuk dikonsumsi secara rutin. Ketahui manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dan tips mengonsumsinya.

13 Manfaat Kacang Pecan, Baik untuk Otak hingga Tulang

Apa Itu Kacang Pecan?

Kacang pecan adalah kacang dengan warna cokelat yang dapat dimakan mirip dengan kacang kenari. Kacang ini memiliki rasa yang manis seperti mentega dibandingkan dengan kacang lainnya. Hal tersebut menjadikan kacang ini bisa disajikan sebagai makanan pembuka, pencuci mulut, dan hidangan utama. Terlebih lagi, pecan mentah bahkan bebas kolesterol, bebas natrium, dan rendah karbohidrat.

Kandungan Kacang Pecan

Kacang ini kaya akan vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, mata, gigi, tulang, otot, dan saraf. Berikut ini adalah berbagai kandungan yang ada di dalamnya, antara lain:

  • Vitamin A.
  • Folat.
  • Niacin.
  • Riboflavin.
  • Tiamin.
  • Vitamin B6.
  • Vitamin E.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Magnesium.
  • Mangan.
  • Fosfor.
  • Zinc.
  • Kalori.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Copper.

Copper adalah mineral penting yang terlibat dalam banyak aspek kesehatan, termasuk fungsi sel saraf, sistem kekebalan, dan produksi sel darah merah.

Sementara itu, tiamin/vitamin B1 sangat penting untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, sedangkan zinc mineral penting yang berguna untuk mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, serta pertumbuhan sel, fungsi otak, dan penyembuhan luka.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Manfaat Kacang Pecan bagi Kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi kacang ini, antara lain:

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Nutrisi seperti mangan, copper, dan tiamin yang dalam kacang ini ternyata berguna untuk mendukung fungsi otak yang sehat. Tiamin diberikan pada pasien dengan sindrom Wernicke-Korsakoff, yang merupakan kelainan otak yang terjadi pada pecandu alkohol, sedangkan copper dan mangan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di otak.

2. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Manfaat kacang pecan berikut ini berguna bagi Anda yang menderita diabetes tipe 2. Diabetes meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular dan karenanya diperlukan pola makan sehat, salah satu caranya adalah memasukan kacang ini dalam menu diet.

Selain direkomendasikan untuk seseorang yang menderita diabetes, kacang ini juga berguna untuk mencegah terjadinya diabetes.

3. Menjaga Tekanan Darah

Kacang ini memiliki protein, vitamin E, dan sifat antioksidan yang membantu melindungi jantung dan mengurangi risiko hipertensi. Apabila tekanan darah tinggi tidak mendapatkan penanganan, hal itu bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Kacang ini mengandung tocopherol dan flavan-3-ol monomers yang membantu dalam menghambat oksidasi lipid yang ada dalam darah, di mana hal ini pada gilirannya menawarkan perlindungan terhadap penyakit jantung.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, mengonsumsi kacang ini adalah sesuatu yang baik karena meningkatkan rasa kenyang sekaligus meningkatkan metabolisme.

Meskipun kaya akan lemak, kacang ini mengandung protein dan serat yang dapat membuat seseorang merasa kenyang untuk durasi yang lebih lama. Pada akhirnya, hal ini akan membantu menurunkan asupan makanan berkalori tinggi.

5. Mencegah Batu Empedu

Konsumsi kacang ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko batu empedu. Sebuah penelitian mengungkapkan, rutin mengonsumsi kacang ini dapat menurunkan risiko batu empedu pada pria. Pada sebagian besar kasus, batu empedu berasal dari endapan kolesterol yang mengeras kemudian membentuk batu.

6. Mencegah Toksisitas

Senyawa cyclophosphamide dikaitkan dengan penyakit yang mengancam jiwa. Sebuah studi menunjukkan bahwa cangkang pecan dengan efek antioksidannya dapat melindungi organ vital seperti jantung, ginjal, dan kandung kemih dari toksisitas yang disebabkan oleh cyclophosphamide.

7. Mencegah Peradangan

Manfaat kacang pecan berikutnya adalah kemampuannya untuk mencegah peradangan. Hal itu dikarenakan kandungan magnesium yang ada di dalamnya memberikan manfaat antiinflamasi. Ketika peradangan di arteri berkurang, hal tersebut juga menurunkan risiko radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, dan beberapa kondisi lainnya.

8. Menyeimbangkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh merupakan salah satu penyebab dari beberapa gangguan kardiovaskular. Sebuah studi mengungkapkan, kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi pada kacang pecan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

9. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan mangan yang terdapat pada pecan dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang ada di tubuh. Sifat antioksidannya melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit dengan meningkatkan sistem imun.

10. Mengurangi Gejala Menstruasi

Pecan membantu wanita melawan gejala menstruasi seperti kram dan perubahan suasana hati. Nutrisi seperti mangan dan kalsium di dalamnya berguna membantu menjaga kesehatan wanita. Jika sakit atau kram mengganggu aktivitas sehari-hari, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Kompres perut dengan air hangat.
  • Cobalah berjalan kaki atau bersepeda.
  • Pijat perut bagian bawah.
  • Konsumsi obat pereda rasa sakit, paracetamol misalnya.
  • Berhenti merokok.
  • Lakukan teknik relaksasi, seperti yoga dan meditasi.
  • Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

11. Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Sehat

Kacang pecan kaya akan serat, sehingga dapat membantu membantu menjaga kesehatan usus besar dengan memfasilitasi buang air besar secara teratur. Efek positif lanjutannya adalah mencegah terjadinya sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

12. Menjaga Kesehatan Kulit

Kacang ini mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin E,  dan asam ellagic untuk mencegah penuaan dini dan mengurangi terjadinya keriput. Selain itu, kandungan zinc dalam kacang ini membantu mengencangkan kulit.

13. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Fosfor dan kalsium di dalam kacang ini dapat membantu dalam pemeliharaan kesehatan tulang. Tulang terdiri dari sekitar 85% fosfor, sisanya ditemukan di jaringan dan sel. Mineral ini dapat membantu mencegah gejala osteoporosis, terutama pada wanita. Jadi, diet yang memasukkan pecan sangat bagus untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Baca Juga: Kacang Lentil: 7 Manfaat dan Kandungan Gizinya

Menambahkan Kacang Pecan ke dalam Menu Diet Anda

Saat Anda mendambakan camilan yang renyah, ambillah segenggam pecan alih-alih keripik kentang. Pecan memiliki rasa manis alami dan menjadi pengganti yang baik untuk permen saat Anda mengidam gula.

Potongan pecan mentah bisa digunakan untuk chocolate chip pada pancake, muffin, atau adonan kue lainnya. Olahan kacang pecan lainnya dapat digunakan sebagai sebagai topping yoghurt atau oatmeal. Selain itu, cobalah memasukkan pecan ke dalam resep isian atau makanan yang dipanggang.

Penting untuk diketahui bahwa terdapat berbagai jenis kacang pecan. Penamaan kacang ini sering kali diberi nama berdasarkan tempat tumbuh, suku yang berasal dari daerah tersebut, atau nama yang dipilih oleh seorang yang mengembangkannya.

 

  1. Anonim. Health Benefits of Pecans. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-pecans#1. (Diakses pada 6 Januari 2021).
  2. Frey, Malia. 2020. Pecan Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/pecan-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4114348. (Diakses pada 6 Januari 2021).
  3. Nagdeve, Meenakshi. 2020. 15 Surprising Benefits Of Pecan Nutrition. https://www.organicfacts.net/pecans.html. (Diakses pada 6 Januari 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi