10 Manfaat Kacang Panjang, Benarkah Bisa Memperbesar Payudara?

manfaat-kacang-panjang-doktersehat

DokterSehat.Com – Murah, mudah ditemui, dan mudah diolah mungkin menjadi beberapa hal yang dapat menggambarkan kacang panjang. Salah satu kacang-kacangan yang dimanfaatkan sebagai sayuran ini memang sangat populer di Indonesia. Sebagian orang mungkin menemukan kacang panjang hampir setiap hari dalam menu makannnya, tapi sudah tahukan Anda apa saja manfaat kacang panjang untuk kesehatan?

Sekilas Tentang Kacang Panjang

Kacang panjang memiliki nama latin Vigna unguiculata ssp. Sesquipedalis. Kacang panjang memiliki bentuk memanjang hingga mencapai 75 cm. Kacang panjang dikenal dengan beberapa dalam Bahasa lain seperti yardlong bean, Chinese long bean, hingga asparagus bean.

Kacang panjang dimasak bersamaan dengan bagian kulitnya. Sedangkan jika dibiarkan hingga matang sempurna, maka bagian bijinya dapat digunakan seperti kacang kering. Di Indonesia sendiri, cara mengonsumsi kacang panjang paling lazim adalah ketika kacang panjang belum matang sempurna dan dipergunakan sebagai sayuran seperti yang umum kita temukan.

Membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan saja untuk memanen kacang panjang seperti yang biasa kita konsumsi. Waktu yang terbilang cukup pendek sehingga membuat kacang panjang menjadi sayuran yang tidak mengenal musim dan menarik untuk dibudidayakan.

Kandungan Kacang Panjang

Menurut USDA National Nutrient data base, 100 gram kacang panjang memiiki kandungan 47 kkal. Kandungan karbohidratnya adalah 8,35 gram atau dapat memenuhi 6% kebutuhan harian, 2,8 g protein untuk memenuhi 5% kebutuhan harian, dan 0,40 gr lemak untuk memenuhi 2% kebutuhan harian.

Kacang panjang juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin seperti vitamin C, vitamin A, folat, riboflavin, thiamin, pyridoxine, niacin, dan pantothenic acid. Kandungan lainnya adalah mineral seperti magnesium, mangan, fosfor, zat besi, kalsium, tembaga, kalium, selenium, dan zinc. Kacang panjang juga memiliki kandungan senyawa polifenol yang merupakan senyawa antioksidan.

Manfaat Kacang Panjang untuk Tubuh

Terkadang kita tidak menyadari manfaat dari sayuran yang kita konsumsi sehari-hari. Kacang panjang yang sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat kacang panjang yang perlu Anda ketahui!

1. Menurunkan gula darah

Menurunkan gula darah merupakan manfaat kacang panjang yang pertama. Sebuah penelitian menunjukkan adanya aktivitas antihiperglikemik pada ekstrak kacang panjang. Penelitian ini membuktikan bahwa kacang panjang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga terdapat kemungkinan kacang panjang baik untuk penderita diabetes.

Sayangnya penelitian ini baru sebatas penelitian pada hewan saja, sehingga belum diketahui efektivitasnya pada manusia. Namun pada dasarnya hingga kini kacang panjang memang bukan merupakan makanan yang dilarang dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Meredakan nyeri

Penelitian yang sama menunjukkan bahwa manfaat kacang panjang lainnya adalah memberikan efek analgesik atau meredakan nyeri pada tubuh. Hal ini lah yang membuat kacang panjang dipercaya dapat mengatasi nyeri seperti nyeri haid. Kandunagn mineral seperti mangan yang ada dalam kacang panjang memang dapat membantu menurunkan gejala dismenore dan meningkatkan suasan hati.

3. Menurunkan risiko kanker

Manfaat kacang panjang selanjutnya adalah dapat mengurunkan risiko kanker. Beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru, hingga kanker otak dapat dicegah berkat kandungan antioksidan dan juga asam folat yang ada dalam kacang panjang. Maka dari itu, jika ingin menurunkan risiko penyakit berbahaya ini, konsumsilah kacang panjang secara rutin.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kacang panjang lainnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kacang panjang memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat melindungi organ tubuh dari kerusakan. Selain itu, kacang panjang juga diketahui dapat melancarkan peredaran darah. Tidak heran jika kacang panjang disebut-sebut sebagai makanan yang baik untuk jantung.

5. Menambah darah

Mengatasi anemia atau menambah darah dapat dilakukan dengan konsumsi makanan tertentu yang memiliki kandungan zat besi dan mineral lain yang dapat memicu perkembangan sel darah merah. Berkat kandungn berbagai mineral yang ada dalam kacang panjang, maka menambah darah pun menajdi salah satu manfaat kacang panjang yang sayang jika dilewatkan.

6. Meningkatkan stamina

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat lain kacang panjang adalah meningkatkan stamina. Ketika melakukan aktivitas fisik yang lebih berat seperti olahraga, tubuh membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak. Maka dari itu, dengan bantuan kacang panjang yang dapat melancarkan peredaran darah dan memicu pembentukan sel darah merah, stamina Anda dapat tetap terjaga ketika sedang berolahraga.

7. Memperbesar payudara

Manfaat kacang panjang yang populer lainnya adalah dapat memperbesar payudara. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang panjang memliki kandungan fitoestrogen sehingga dapat memicu perkembangan payudara. Banyak orang yang mecoba memperbesar payudara dengan cara mengonsumsi kacang panjang hingga menjadikannya sebagai masker payudara.

Manfaat kacang panjang yang satu ini sulit dibuktikan efektivitasnya, karena umumnya perkembangan payudara juga akan berhenti pada usia ketika pertumbuhan fisik wanita berhenti. Meskipun begitu, cara ini masih dapat dikatakan aman untuk dicoba dibandingkan dengan memperbesar payudara dengan cara suntik atau cara lainnya yang dapat menimbulkan efek samping.

8. Menjaga kecerahan kulit

Menfaat kacang panjang selanjutnya adalah dapat menjaga kecarahan kulit. Peredaran darah yang lancar akan dapat membuat kulit jadi lebih terlihat sehat. Selain itu, kandungan vitamin C juga sangat berguna untuk menjaga kecarahan kulit. Hal ini lah yang membuat banyaknya produk pemutih memiliki kandungan utama vitamin C di dalamnya.

9. Nutrisi untuk ibu hamil

Kacang panjang juga dapat menjadi salah satu nutrisi bagi ibu hamil. Kacang panjang memiliki kandungan asam folat yang sangat penting bagi perkembangan sel dan DNA pada janin. Konsumsi asam folat yang cukup akan menurunkan risiko cacat pada bayi. Kacang panjang dapat menjadi salah satu makanan pendamping untuk memenuhi asupan asam folat pada ibu hamil.

10. Menjaga imunitas tubuh

Manfaat kacang panjang yang terakhir adalah menjaga imunitas tubuh. Kandungan vitamin C dan polifenol dalam kacang panjang dapat menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh, sehingga imunitas pun meningkat. Jika sistem imun terjaga, maka tubuh dapat dengan efektif melawan berbagai macam infeksi.

Efek Samping Kacang Panjang

Kacang panjang memang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, tapi kacang panjang juga dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi terlalu banyak kacang panjang dapat menimbulkan efek samping seperti reaksi alergi, gangguan pencernaan, hingga memicu gangguan hati dan ginjal.

Kacang panjang yang masuk jenis polong-polongan memang mengandung protein yang baik untuk tubuh, tetapi makanan jenis ini memang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Maka dari itu, konsumsilah kacang panjang sewajarnya dan pastikan bahwa Anda tidak mengalami kondisi tertentu yang mengharuskan Anda untuk menghindari kacang panjang.

Itu dia manfaat kacang panjang dan berbagai hal lainnya yang perlu Anda ketahui tentang kacang panjang. Konsumsi makanan yang bergizi merupakan hal yang wajib dilakukan setiap hari. Jangan lupa juga untuk membarenginya dengan pola hidup sehat lainnya dengan konsumsi air putih yang cukup, olahraga rutin, dan tidur dengan teratur!