Menakjubkan! 14 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

gambar-kacang-merah-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda gemar mengonsumsi kacang merah? Kacang merah memang memiliki banyak manfaat. Manfaat kacang merah tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan.

Baca terus untuk mengetahui lebih jauh tentang kacang merah. Ketahui apa itu kacang merah, kandungan zat gizi pada kacang merah, dan manfaat kacang merah melalui informasi di bawah ini

Apa itu kacang merah?

Kacang merah adalah satu satu varietes kacang. Nama latin dari kacang merah adalah Phaseolus vulgaris. Secara Internasional, kacang merah juga dikenal dengan nama kidney beans.

Ini dikarenakan bentuk dan warnai kacang merah yang menyerupai ginjal. Warna kacang merah berwarna merah kecoklatan. Rasa kacang merah cukup lezat apalagi bila telah direbus atau diolah dalam bentuk makanan lain.

Kandungan zat gizi kacang merah

Ada beberapa kandungan zat gizi kacang merah yang perlu Anda ketahui. Kacang merah kaya akan karbohidrat, protein, serat, kalsium, dan vitamin B9 atau asam folat. Selain itu, kacang merah juga mengandung zat besi, potasium, magnesium mangan, tembaga, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan lainnya.

Manfaat kacang merah untuk kesehatan dan kecantikan

Kacang merah adalah varietas kacang yang kaya akan manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan, manfaat kacang merah juga bisa untuk kecantikan. Jadi, jika Anda ingin sehat dan cantik, asupan kacang merah bisa membantu mewujudkannya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang merah untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Kacang merah sangat baik untuk kesehatan jantung. Anda akan temukan manfaat kacang merah bisa menurunkan kadar lipid darah yaitu kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida. Pengonsumsian kacang merah juga akan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

Manfaat kacang merah juga bisa mengendalikan tekanan darah. Ini sangat berkaitan dengan kesehatan jantung. Tingginya kolesterol HDL, rendahnya kolesterol LDL, dan tekanan darah selalu berada dalam kisaran normal bisa membantu jantung tetap sehat.

2. Mengontrol kadar gula darah

Tidak hanya berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah, manfaat kacang merah juga bisa mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah harus selalu dijaga agar tetap normal. Hal ini sangat penting terutama bagi para penderita diabetes.

Kacang merah sangat dianjurkan untuk para penderita diabetes karena bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah yang drastis bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang merah.

3. Mencegah kanker

Kacang merah merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan antioksidan. Ini menandakan bahwa kacang merah mampu menangkal radikal bebas yang sering kali menjadi penyebab penyakit kanker.

Di samping itu, kandungan serat di dalam kacang merah bisa membantu mencegah terjadinya penyakit kanker pencernaan seperti kanker usus. Jadi, pengonsumsian kacang merah bisa mencegah seseorang dari penyakit kanker.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain untuk menangkal radikal bebas, kandungan antioksidan di dalam kacang merah juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makrofag di dalam tubuh akan lebih aktif dan lebih banyak sehingga tubuh mampu menghancurkan zat-zat asing penyebab penyakit.

5. Manfaat kacang merah untuk mengatasi sembelit

Jika Anda sedang mengalami konstipasi atau sembelit maka konsumsi kacang merah dapat membantu. Manfaat kacang merah bisa untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat di dalam kacang merah.

Serat makanan yang terkandung di dalam kacang merah bersifat tidak larut. Ini akan berdampak baik dalam hal ukuran massa tinja. Kandungan serat makanan juga bisa memperbaiki gerakan usus halus supaya lebih baik mencerna makanan.

6. Membantu menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang menjalani program diet karena ingin menurunkan berat badan tetapi mengalami kesulitan? Tidak perlu bersedih, kacang merah bisa membantu Anda dalam hal ini. Pengonsumsian kacang merah dapat menurunkan berat badan Anda.

Mengapa bisa begitu? Ini dikarenakan kandungan protein yang cukup tinggi pada kacang merah. Kandungan protein yang tinggi ini bisa membuat perut terasa penuh daripada lemak ataupun karbohidrat.

Anda pun menjadi cepat kenyang dan terhindar dari makan berlebih. Selain itu, kandungan inhibitor alfa-amilase bisa mencegah penyerapan dan pemecahan pati. Jadi, lebih sedikit kalori yang diserap tubuh dan tentunya ini membantu untuk menurunkan berat badan.

7. Menguatkan tulang

Manfaat kacang merah juga bisa menguatkan tulang. Kandungan kalsium  dan magnesium di dalam kacang merah dapat membantu Anda menjaga kesehatan tulang. Asupan kacang merah mampu mencegah Anda dari osteoporosis karena tulang semakin kuat. Kacang merah juga bisa menurunkan risiko penyakit tulang lainnya dan sendi.

8. Asupan bergizi untuk kehamilan

Para ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi kacang merah baik secara langsung maupun melalui olahan seperti sup atau roti. Hal ini dikarenakan kacang merah mengandung zat-zat gizi penting seperti zat besi, serat, protein, dan lainnya.

Banyak zat-zat gizi yang sangat penting bagi hamil juga terkandung di dalam kacang merah. Zat besi di dalam kacang merah bermanfaat untuk menunjang produksi hemoglobin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Selain itu, kandungan asam folat di dalam kacang tanah juga sangat baik terhadap perkembangan kognitif janin. Janin yang mendapatkan asam folat yang cukup, biasanya akan memiliki kognitif yang bagus.

9. Membentuk otot

Manfaat kacang merah tidak hanya bisa dirasakan oleh para wanita dan anak-anak, para lelaki juga bisa mendapatkan manfaat kacang merah. Manfaat kacang merah bisa membentuk otot pada tubuh.

Kandungan karbohidrat dan protein yang ada di dalam kacang merah bisa memberikan energi yang cukup saat beraktivitas berat seperti olahraga atau latihan lainnya. Magnesium di dalam kacang merah bisa membantu sintesis protein yang bisa membentuk otot.

10. Meredakan migrain

Apakah Anda suka mengalami migrain? Anda bisa mengonsumsi kacang merah karena kacang merah memiliki manfaat untuk meredakan migrain. Kandungan mineral di dalam kacang merah bisa mencegah terjadinya sakit kepala termasuk migren.

11. Menurunkan risiko katarak

Kacang merah juga baik untuk kesehatan mata. Pengonsumsian kacang merah bisa menyembuhkan katarak. Vitamin B3 atau niasin di dalam kacang merah bisa mengobati dan mencegah terjadinya katarak.

12. Meredakan asma

Apakah Anda seseorang yang menderita asma? Jika iya maka konsumsilah kacang merah untuk mengobati asma atau mencegahnya. Kandungan mineral yaitu magnesium bisa menimbulkan efek bronkodilator.

Hal ini membuat saluran pernapasan bekerja lebih baik lagi dan membuat udara yang masuk dan keluar paru-paru menjadi semakin lancar. Asupan magnesium harus cukup karena jika kurang bisa memicu terjadinya asma.

13. Meredakan rheumatoid artritis

Apakah Anda tahu jika kacang merah bisa meredakan peradangan khususnya rheumatoid artritis? Tembaga di dalam kacang merah memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan. Kandungan tembaga juga bisa membuat ligamen dan sendi menjadi lebih fleksibel.

14. Membuang racun-racun tubuh

Banyak sekali racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Racun tersebut bisa masuk melalui makanan, minuman, dan udara yang dihirup. Berbagai racun tersebut harus dibuang dari dalam tubuh agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Manfaat kacang merah bisa membuang racun-racun dari dalam tubuh. Kandungan molybdenum yang ada di dalam kacang merah bisa membantu tubuh membuang seluruh racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Darah dan tubuh pun menjadi bersih dari racun. Ini bisa meningkatkan kesehatan dan menghindari berbagai penyakit.