Terbit: 1 Juli 2020 | Diperbarui: 6 Juli 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Tahukah Anda tentang manfaat kacang hitam bagi kesehatan? Kacang hitam termasuk dalam jenis kacang-kacangan legum yang tinggi protein, serat, karbohidrat, dan nutrisi lengkap lainnya. Ketahui nutrisi, manfaat, dan efek samping kacang hitam di sini.

10 Manfaat Kacang Hitam bagi Kesehatan dan Nutrisinya!

Nutrisi Kacang Hitam

Jenis legum lainnya seperti kacang tanah, lentil, kacang polong, dan kacang hitam kaya akan protein, serat, vitamin, dan beberapa mineral penting untuk tubuh. Ketahui apa saja nutrisi kacang hitam (dalam takaran 86 gram) berdasarkan National Nutrient Database, berikut ini:

  • 114 kilokalori energi
  • 7.62 gram protein
  • 0,46 gram lemak
  • 0,46 gram karbohidrat
  • 7,5 gram serat
  • 0,28 gram gula
  • 23 miligram kalsium
  • 1,81 miligram zat besi
  • 60 miligram magnesium
  • 120 miligram fosfor
  • 305 miligram kalium
  • 1 miligram sodium
  • 0,96 miligram zinc
  • 0,21 miligram tiamin
  • 0,434 miligram niasin
  • 128 msg asam folat
  • 2,8 miligram vitamin K

Kacang hitam juga mengandung fitonutrien atau nutrisi alami dari tumbuhan, termasuk:

  • Saponin
  • Anthocyanin
  • Kaempferol
  • Quercetin

Kandungan lain dari kacang hitam, meliputi:

  • Sifat antioksidan
  • Karbohidrat kompleks
  • Potasium
  • Vitamin C

Kacang hitam juga dianggap sebagai alternatif makanan sehat dengan harga yang lebih murah dari daging namun mengandung berbagai vitamin, nutrisi, dan mineral dalam secangkir kacang hitam yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Manfaat Kacang Hitam bagi Kesehatan

Apakah Anda pernah mencoba makan kacang hitam? Kacang hitam biasanya disajikan sebagai isian bakpao, campuran tumisan, nasi, sup, dan makanan khas Asia lainnya. Kacang hitam memiliki tekstur lunak dan lembut dengan rasa yang enak.

Selain lezat, kacang hitam juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Ketahui apa saja khasiat kacang hitam bagi kesehatan:

1. Mengontrol Diabetes

Setiap satu cangkir kacang hitam mengandung sekitar 172 gram serat. Berdasarkan studi, penderita diabetes tipe 1 disarankan untuk konsumsi makanan tinggi serat untuk mengontrol atau menurunkan kadar glukosa.

Kacang hitam mungkin dapat menjadi alternatif makanan rendah gula dan sehat untuk penderita diabetes. United States Food and Drug Administration (FDA) juga merekomendasikan asupan serat harian 25 gram sehari berdasarkan pola diet 2.000 kalori. Asupan ini mungkin disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang.

2. Mencegah Kanker

Manfaat kacang hitam bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah risiko kanker. Kacang hitam mengandung beberapa agen yang berperan untuk mencegah sel kanker seperti selenium, saponin, serat, folat untuk perbaikan DNA, dan fitonutrien sebagai antioksidan.

Selenium adalah mineral penting untuk meningkatkan fungsi liver dan detoksifikasi senyawa pemicu kanker. Selenium juga dapat membantu meredam pertumbuhan tumor. Sementara antioksidan, polifenol, dan saponin bertugas untuk mencegah sel kanker berkembang biak.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil dan Nutrisinya

3. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam kacang hitam berperan untuk melancarkan sistem pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Makanan berserat tinggi juga dapat menekan nafsu makan Anda sehingga cocok untuk menurunkan berat badan.

Cobalah masukkan kacang hitam ke dalam menu diet sehat Anda. Ini juga akan menurunkan asupan kalori harian secara keseluruhan karena Anda sudah merasa kenyang.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan memenuhi asupan serat, asam folat, vitamin B6, kalium, dan fitonutrien. Semua kandungan tersebut di dalam kacang hitam, berperan untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap normal yang kemudian juga mendukung kesehatan jantung.

Selain itu, kacang hitam mengandung quercetin dan saponin untuk melindungi fungsi jantung. Quercetin adalah agen antiperadangan alami untuk melindungi jantung dari kolesterol jahat. Sementara saponin dapat menurunkan lemak darah dan kadar kolesterol jahat dalam darah.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Cara mengontrol tekanan darah adalah dengan konsumsi natrium rendah. Kacang hitam mengandung natrium rendah dan juga dilengkapi dengan magnesium, kalsium, dan kalium yang berperan untuk menurunkan tekanan darah.

Walaupun demikian, perhatikan label kandungan nutrisi pada kemasan bila Anda membeli kacang hitam dalam bentuk kaleng. Pastikan itu mengandung natrium rendah agar Anda tetap mendapat khasiat kacang hitam.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Jaga kesehatan tulang Anda sejak dini agar tulang tetap kuat hingga hari tua. Nutrisi yang penting tulang adalah fosfor, kalium, mangan, magnesium, zinc, dan zat besi. Semua kandungan penting itu bisa Anda dapatkan pada kacang hitam.

Baca Juga: Kacang Lentil: 7 Manfaat dan Kandungan Gizinya

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat serat adalah untuk membantu melancarkan pencernaan. Kacang hitam mengandung serat tinggi yang mudah larut. Ini dapat membantu mencegah sembelit dan keseimbangan bakteri baik di usus besar.

8. Mengandung Antioksidan

Semua senyawa fitonutrien dalam kacang hitam berperang sebagai antioksidan yang kuat, terutama polifenol. Antioksidan dikaitkan sebagai agen antipenuaan dan mencegah kanker. Antioksidan diperlukan tubuh untuk melawan radikal bebas, yaitu agen pemicu sel-sel kanker.

9. Mengandung Pati Resisten

Pati resisten adalah jenis serat makanan yang tidak dipecah di saluran makanan. Pada saluran pencernaan bagian atas, pati tidak dipecah sehingga tidak berubah menjadi gula sederhana sehingga mencegah kadar gula darah naik. Ini juga alasan kenapa Anda dapat kenyang lebih lama saat konsumsi kacang hitam.

Pada saluran cerna bagian bawah, pati dipecah oleh bakteri setelah di usus besar. Proses ini kemudian dikaitkan sebagai kunci untuk mengatasi gangguan usus dan jenis kanker tertentu.

10. Mengandung Mineral

Molibdenum adalah mineral yang berperan dalam produksi enzim dan protein untuk metabolisme karbohidrat, pengangkutan zat besi, dan pembentukan asam urat. Molibdenum dibutuhkan di semua jaringan tubuh untuk mendukung berbagai fungsi organ tubuh.

Efek Samping Kacang Hitam

Tidak ada efek samping kacang hitam secara umum, namun Anda mungkin tidak bisa memakannya bila memiliki alergi kacang hitam. Kacang hitam hampir serupa dengan kacang merah, kacang pinto, dan buncis jadi bila Anda memiliki riwayat alergi pada salah satunya, Anda mungkin juga sensitif terhadap kacang hitam.

Itulah berbagai manfaat kacang hitam bagi kesehatan. Jenis kacang-kacangan atau legum ini dapat menjadi alternatif menu sehat Anda. Campurkan kacang hitam dalam berbagai hidangan lezat seperti sup, pasta, tumisan, salad, dll.

 

  1. Cervoni, Barbie MS, RD, CDCES, CDN. 2020. Black Beans Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/black-beans-nutrition-facts-calories-and-their-health-benefits-4118125. (Diakses pada 1 Juli 2020).
  2. London, Jaclyn, MS, RD, CDN, dan Zolotnitsky, Danielle, RD, LDN. Why You Should Always Have Black Beans on Your Grocery List. https://www.goodhousekeeping.com/health/diet-nutrition/a20088526/black-beans-nutrition/. (Diakses pada 1 Juli 2020).
  3. Miller, Marissa. 2019. Are Black Beans Actually Healthy?. https://www.womenshealthmag.com/food/a26992159/are-black-beans-healthy/. (Diakses pada 1 Juli 2020).
  4. Stephenson-Laws, Joy. 2017. The Benefits of Black Beans Will Blow You Away. https://www.phlabs.com/the-benefits-of-black-beans-will-blow-you-away. (Diakses pada 1 Juli 2020).
  5. Ware, Megan RDN, L.D. 2018. Everything you need to know about black beans. https://www.medicalnewstoday.com/articles/289934#benefits. (Diakses pada 1 Juli 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi