Terbit: 1 Desember 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Selain enak, ada banyak manfaat kacang arab untuk kesehatan. Kacang arab dipercaya bagus untuk diet, menjaga tekanan darah, mencegah diabetes, dan lainnya. Ketahui apa saja nutrisi, khasiat kacang arab, dan efek samping. 

11 Manfaat Kacang Arab bagi Kesehatan (Nutrisi Lengkap)

Apa Itu Kacang Arab? 

Kacang arab adalah sejenis legum atau polong-polongan yang berasal satu famili dengan kacang merah dan kacang tanah. Kacang arab (Cicer arietinum L.) disebut juga dengan chickpeas, kacang garbanzo, dan kacang chane (Hindi). 

Chickpeas diperkirakan berasal dari Mesir kuno dan Levant, berkembang di Turki dari 3500 SM dan di Perancis pada 6970 SM. Saat ini, India memproduksi chickpeas terbanyak di dunia. Kacang ini memiliki rasa sedikit pedas dengan tekstur yang lembut seperti mentega. 

Nutrisi Kacang Arab 

Kacang arab banyak dimanfaat sebagai bahan pendamping makanan seperti salad, sup, hummus, atau makanan ringan. Selain enak, chickpeas juga mengandung banyak nutrisi. 

Berikut ini kandungan nutrisi kacang arab per 1 cup (164 gram):

  • 12.5 gram serat
  • 80.4 miligram kalsium 
  • 267 kalori (energi)
  • 4.7 miligram zat besi 
  • 78.7 miligram magnesium 
  • 274 miligram fosfor
  • 474 miligram potasium 
  • 2.5 miligram zinc 
  • 0.6 mikrogram copper 
  • 6.1 mikrogram selenium 
  • 280 mikrogram folat 
  • 69.7 miligram kolin 
  • 6.6 mikrogram vitamin K 
  • 0.6 miligram vitamin E 
  • 2.1 miligram vitamin C
  • 26.2 mikrogram beta karoten 
  • 44.7 gram karbohidrat termasuk 7.8 gram gula 

Chickpeas juga mengandung mangan dan vitamin B kompleks. Bila Anda sedang menjalani pola hidup vegetarian, chickpeas bisa menjadi salah satu bahan makanan istimewa dan sehat. 

Manfaat Kacang Arab bagi Kesehatan 

Anda mungkin sering makan kacang arab, namun tahukah apa saja khasiat kacang arab bagi kesehatan? Berikut ini penjelasannya! 

1. Mengontrol Nafsu Makan 

Kandungan protein dan serat dalam kacang chickpeas dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama, jadi nafsu makan Anda akan lebih terkontrol. Anda akan makan sedikit namun tetap merasa kenyang dan kebutuhan nutrisi serta energi tetap terjaga. 

2. Melancarkan Pencernaan 

Chickpeas mengandung serat yang larut dalam air sehingga dapat melancarkan pencernaan. Serat yang mudah larut juga dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus. Keseimbangan bakteri sehat dalam usus juga dapat mencegah risiko penyakit pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar dan kanker usus besar. 

3. Mengontrol Kadar Gula Darah 

Manfaat kacang arab selanjutnya untuk mengontrol gula darah. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan pada 19 orang, konsumsi 200 gram chickpeas dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 21%. Chickpeas mengandung serat dan protein yang berperan untuk mengontrol gula darah. 

Asupan serat yang cukup dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, sehingga tubuh dapat melepaskannya secara perlahan. Anda tidak akan mengalami lonjakan kadar gula darah yang terkandung dalam karbohidrat. Selain itu, kacang arab juga termasuk dalam makanan rendah indeks glikemik. 

Baca Juga: 12 Manfaat Kacang Pistachio bagi Kesehatan

4. Mencegah Penyakit Jantung 

Kandungan berbagai mineral seperti magnesium dan potasium dalam kacang arab memiliki potensi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kacang ini juga mengandung vitamin B, serat, kalium, magnesium, zat besi, dan selenium yang mendukung kesehatan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal. 

5. Menjaga Berat Badan Ideal 

Sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi chickpeas setiap hari akan menurunkan risiko obesitas hingga 53% serta berat badannya cenderung stabil daripada mereka yang tidak makan chickpeas. Selain itu, kandungan serat dan protein dapat mengontrol nafsu makan dan sistem pencernaan Anda dengan baik. 

Jenis kacang ini juga rendah kalori namun tinggi nutrisi. Bila Anda sedang menjalani program diet, cobalah masukan chickpeas sebagai salah satu menu makanan ringan Anda. 

6. Membantu Mencegah Kanker 

Kanker disebabkan oleh paparan radikal bebas yang memicu kerusakan sel akibat radikal bebas. Maka dari itu, Anda disarankan untuk konsumsi makanan tinggi antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel. 

Kacang arab adalah satu makanan yang tinggi antioksidan. Jenis kacang ini juga tinggi akan selenium, saponin, dan beta karoten yang berperan sebagai antioksidan untuk tubuh. 

7. Mencegah Diabetes 

Khasiat chickpeas selanjutnya adalah mencegah diabetes. Chickpeas dapat mengontrol gula darah tetap normal sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2. Selain itu, kacang arab juga mengandung vitamin B, serat, zinc, dan mineral lainnya untuk mencegah diabetes serta penyakit kronis lainnya. 

8. Mengontrol Tekanan Darah Normal

Salah satu cara mencegah tekanan gula tinggi adalah dengan memenuhi kebutuhan potasium dan kurangi makanan yang mengandung sodium. Bila Anda konsumsi kacang arab kalengan, Anda harus periksa label kandungan sodium di balik kemasan. 

Kacang arab adalah satu makanan yang dapat mengontrol tekanan darah tetap normal. Selain itu, Anda harus tetap menjaga asupan makanan lainnya dan rajin olahraga agar tekanan darah tetap stabil.

9. Menjaga Kesehatan Tulang 

Manfaat kacang arab selanjutnya untuk mendukung kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan zat besi pada kacang arab berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan tulang. Walaupun demikian, Anda mungkin butuh asupan kalsium dan zat besi dari sumber lain seperti susu, daging, ikan, dan sebagainya. 

Baca Juga: 14 Manfaat Kacang Kenari bagi Kesehatan (Kandungan Nutrisi Lengkap)

10. Aman untuk Kolesterol 

Peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Maka dari itu, jaga kadar trigliserida dan kolesterol tetap normal. 

Salah satu rekomendasi makanan yang aman untuk kolesterol adalah kacang arab. Dalam sebuah studi, 45 orang yang konsumsi 728 gram kacang arab per minggu selama 12 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol hampir 6 mg/dL.

11. Bagus untuk Kesehatan Mental 

Kacang arab mengandung selenium dan kolin yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak dan fungsi sistem saraf. Manfaat kolin untuk mengontrol emosi, suasana hati, memori, dan kontrol otot. 

Sementara selenium berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan cara berpikir. Jadi, chickpeas dapat Anda jadikan cemilan enak, sehat, dan menyenangkan. 

Efek Samping Kacang Arab 

Kacang arab aman dikonsumsi oleh siapa saja, kecuali jika Anda memiliki alergi kacang. Anda tidak boleh makan kacang arab mentah karena beracun. Anda bisa mengolah kacang arab menjadi sajian nikmat seperti campuran salad, dipanggang, atau jadi tambahan bumbu makanan lainnya. 

Itulah pembahasan tentang khasiat kacang arab, nutrisi, dan efek sampingnya. Serupa dengan kebanyakan jenis kacang lainnya, kacang arab memiliki rasa yang enak serta nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan. 

 

  1. Elliott, Brianna, RD. 2018. 8 Great Reasons to Include Chickpeas in Your Diet. https://www.healthline.com/nutrition/chickpeas-nutrition-benefits. (Diakses pada 1 Desember 2020). 
  2. Ware, Megan, RDN, L.D. 2019. What are the benefits of chickpeas?. (Diakses pada 1 Desember 2020). 
  3. WebMD. 2020. Chickpeas. https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-chickpeas#1. (Diakses pada 1 Desember 2020). 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi