Inilah 4 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Doktersehat-manfaat-jus-wortel
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com – Ketika Anda mengonsumsi wortel yang mengandung beta-karoten, tubuh akan mengubahnya menjadi vitamin A dalam bentuk retinol. Retinol ini dapat ditemukan dalam sel-sel mata yang disebut dengan sel batang. Sel inilah yang akan mengonversikan cahaya menjadi gambar dalam otak, sehingga Anda dapat melihat dalam cahaya lemah.

baca juga: Menggunakan Wortel untuk Mendorong Pertumbuhan Rambut

Meski bermanfaat untuk kesehatan mata, nyatanya wortel juga memiliki manfaat lain. Bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi wortel dengan dikunyah, Anda bisa mencobanya dengan cara di jus.

Kandungan Gizi Wortel

Seperti diketahui, wortel sendiri telah memiliki berbagai zat dan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

wortel-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Leo-setä

Warna oranye terang yang ada pada wortel menunjukkan kandungan gizi yaitu vitamin A dan C yang tinggi.

Tidak hanya sampai situ, wortel juga kaya akan kandungan fitonutrien, seperti beta karoten dan antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas.

Kombinasi kandungan tersebut akan Anda rasakan dengan maksimal jika konsumsi wortel secara rutin dan dalam jumlah yang cukup yaitu sekitar 70-80 gram dalam satu kali sajinya.

Berikut adalah manfaat jus wortel yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mendukung fungsi otak

Beta-karoten sebagai salah satu kandungan zat paling tinggi yang ada pada wortel, telah terbukti mampu menguatkan fungsi otak. Fungsi yang akan didapatkan otak dari asupan beta-karoten adalah peningkatan daya ingat dan pencegahan kerusakan akibat stres oksidatif.

doktersehat-otak

Peningkatan daya ingat otak akan mendukung fungsi otak dan produktivitas sehari-hari akan semakin optimal. Sedangkan, pencegahan terjadinya stres oksidatif dengan asupan beta-karoten yang cukup telah terbukti mampu menekan kerusakan sel pada saraf otak.

Kedua manfaat jus wortel ini akan sangat penting untuk mengurangi risiko berbagai penyakit pada otak akibat bertambahnya usia, misalnya alzheimer atau demensia.

2. Mengurangi risiko kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wortel memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi. Hal ini membuat manfaat jus wortel mampu menjadi penangkal yang hebat untuk zat radikal bebas, yang merupakan zat yang menyebabkan terjadinya kanker.

wortel-untuk-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/mali maeder

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa wortel memiliki berbagai bahan kimia bioaktif yang mampu menghentikan perkembangan sel kanker dalam tubuh hingga mengurangi tingkat keparahan kanker, utamanya leukemia.

Manfaat jus wortel tersebut tak lepas dari kandungan antioksidan karotenoid yang tinggi pada wortel. Antioksidan jenis karotenoid ini juga terbukti mampu menurunkan risiko terjadinya kanker prostat hingga kanker payudara.

Hal ini terjadi karena konsumsi wortel tidak hanya mampu melawan radikal bebas, namun juga mengurangi risiko terjadinya stres oksidatif dalam tubuh.

3. Membuat kulit lebih sehat

Manfaat jus wortel lainnya yang bisa Anda peroleh adalah memberikan manfaat untuk kulit. Selain kandungan cairan pada jus wortel yang mampu menghidrasi kulit tubuh dengan baik, kandungan vitamin C dan antioksidan pada wortel dapat membuat tubuh memberikan tampilan kulit yan lebih baik.

merawat-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Manfaat jus wortel juga dipercaya mampu mengatasi masalah kulit seperti adanya ruam atau kerusakan akibat paparan sinar matahari. Selain itu, zat antioksidan dari vitamin C pada wortel, yaitu karoten dan likopen sangat baik untuk mencegah teradinya peradangan pada kulit dan menjaga kesehatan kulit.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat jus wortel yang terakhir adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsi jus wortel dalam porsi yang tepat terbukti mampu memberikan manfaat penurunan kadar kolesterol karena kandungan mineral kalium yang juga tinggi pada wortel

doktersehat-kolesterol

Kondisi ini tentu sangat bermanfaat untuk tubuh dalam mencegah berbagai penyakit degeneratif.

baca juga: 4 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Seksual dan Reproduksi Pria

Nah, itu dia 4 manfaat jus wortel yang bisa didapatkan oleh tubuh. Agar manfaat jus wortel dapat dengan maksimal Anda rasakan, pastikan tidak menambahkan terlalu banyak gula saat membuat jus wortel.

Bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi jus wortel dan ingin menambahkan rasa pada jus wortel dengan aman, Anda bisa menggunakan bubuk kayu manis, madu atau perasan lemon.