Terbit: 26 November 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ketika memasuki musim buah mangga, ketersediaan mangga di pasaran pun jadi membeludak. Bingung bagaimana cara menikmatinya? Anda bisa membuat jus mangga yang dapat menyegarkan tenggorokan. Mangga memang merupakan salah satu buah favorit untuk diolah menjadi jus. Di balik kelezatan dan kesegarannya, ternyata terdapat banyak sekali manfaat jus mangga untuk kesehatan!

Sumber Vitamin A dan C, Ini 7 Manfaat Jus Mangga untuk Kesehatan

Kandungan Mangga

Jus mangga tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga memiliki kandungan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Mengga merupakan sumber vitamin C dan juga A. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin B6, vitamin E, vitamin K, folat, dan vitamin B kompleks lainnya meskipun dalam jumlah kecil.

Mangga juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, fosfor, zat besi, magnesium, kalsium, dan selenium. Kandungan nutrisi lainnya adalah asam lemak omega-3 dan juga omega-6. Tidak ketinggalan juga kandungan beta-karoten dan fitonutrien lainnya yang dapat bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh.

Manfaat Jus Mangga

Cara paling praktis untuk mengonsumsi mangga adalah dengan dimakan secara langsung. Namun bagi sebagian orang, mengolahnya sebagai jus terasa lebih menyenangkan dibandingkan dengan memakannya langsung. Baik buah mangga maupun jus mangga tentunya memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat jus mangga untuk kesehatan:

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat jus mangga yang pertama adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Makanan dengan kandungan kalium yang tinggi merupakan makanan yang direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah. Kalium dapat membantu membantu mengatasi kelebihan natrium dalam tubuh yang merupakan penyebab hipertensi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat jus mangga selanjutnya adalah mampu membantu menurunkan kolesterol. Terdapat dua jenis kolesterol dalam darah yaitu LDL (low-density lipoprotein) atau bisa disebut kolesterol jahat dan HDL (high-density lipoprotein) atau disebut juga kolesterol baik. Kondisi tinggi kadar kolesterol yang dikatkan dengan penyakit adalah ketika kadar LDL jauh melebihi kadar normal, sedangkan HDL sebaliknya.

Tingginya LDL dalam darah dapat memicu penyakit tertentu. Kandungan vitamin C dan serat dalam jus mangga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko berbagai penyakit yang dipicu oleh tingginya kolesterol.

3. Memelihara kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh paling penting. Gangguan jantung tidak dapat disepelekan karena merupakan salah satu penyebab kematian terbesar. Maka dari itu, memelihara kesehatan jantung dengan cara menerapkan pola hidup sehat menjadi hal yang sangat lah penting.

Konsumsi jus mangga juga dipercaya dapat memelihara kesehatan jantung, Kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan pemicu berbagai penyakit jantung. Manfaat jus mangga yang dapat menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol jahat membuat jus mangga menjadi minuman yang dapat memelihara kesehatan jantung.

4. Buah penambah darah

Manfaat jus mangga lainnya adalah dapat mengatasi anemia atau kurang darah. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Penyebab anemia bermacam-macam dan umumnya ditandai dengan gejala seperti kelelahan, pusing, dan pucat.

Selain mengonsumsi obat penambah darah, Anda juga bisa mengonsumsi makanan datau minuman tertentu untuk mengatasi anemia. Jus mangga yang memiliki kandungan zat besi merupakan salah satu pilihan yang tepat karena zat besi merupakan mineral yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah.

5. Menjaga kesehatan mata

Manfaat jus mangga lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan beta-karoten dalam jus mangga adalah sumber nutrisi yang baik untuk mata. Konsumsi makanan yang tinggi bet-karoten akan dapat menurunkan berbagai macam gangguan yang dapat menyebabkan penurunan penglihatan.

6. Baik untuk kesehatan kulit

Jus mangga juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Manfaat jus mangga untuk kesehatan kulit didapatkan dari vitamin A dan vitamin C yang ada di dalamnya. Ya, bukan hanya vitamin E saja yang dibutuhkan oleh kulit. Vitamin A memiliki fungsi untuk membantu menghidrasi kulit dan mencegah kulit kering.

Vitamin C juga merupakan vitamin yang dibutuhkan kulit. Vitamin C dapat bertindak sebaga antioksidan yang dapat melindungi kulit. Selain itu, vitamin C juga memiliki fungsi untuk mejaga kecerahan kulit dan mambantu dalam pembentukan kolagen.

7. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat jus mangga selanjutnya adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sistem imun bertugas untuk melawan berbagai macam patogen yang menyerang tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jus mangga dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Kandungan vitamin C juga diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Efek Samping Konsumsi Jus Mangga

Selain mengetahui manfaat jus mangga, Anda juga harus mengetahui efek samping jus mangga. Mangga adalah buah yang dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Buah musiman yang satu ini melimpah di Indonesia dengan berbagai macam varietasnya. Mangga yang sudah matang memiliki rasa yang manis dan lezat, tetapi mangga mentah pun memiliki banyak penggemar dan merupakan salah satu bahan  utama rujak.

Mangga dapat dikatakan sebagai buah yang istimewa, tapi ternyata tidak semua orang dapat mengonsumsi mangga. Konsumsi mangga secara berlebihan juga dapat memberikan efek bagi tubuh seperti naiknya gula darah dan juga berat badan. Mangga muda atau mangga yang rasanya asam juga dapat menyebabkan masalah pencernaan jika dikonsumsi pada waktu yang tidak tepat dan secara berlebihan.

Efek samping lainnya adalah dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Mangga juga lebih baik dibatasi konsumsinya untuk penderita radang sendi. Mangga juga merupakan buah yang dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang. Jika muncul rasa gatal, ruam merah, dan rhinitis setelah konsumsi mangga, maka kemungkinan Anda alergi terhadap mangga.

Jus Mangga yang Baik untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kondisi yang sebaiknya menghindari mangga dan membatasi konsumsi jus mangga, sekarang saatnya mengetahui kriteria jus mangga yang baik untuk kesehatan. Mangga sudah memiliki rasa yang kaya, jadi pada dasarnya Anda tidak membutuhkan pemanis tambahan lagi saat membuat jus mangga.

Jika ingin menambahkan bahan lain dalam jus mangga, lebih disarankan untuk menambahkan madu yang juga baik untuk kesehatan. Anda juga bisa menambahkan jenis buah lain untuk diolah menjadi jus bersama mangga. Buah yang umum dicampurkan dengan juga mangga adalah seperti melon, peach, nanas, dan jeruk.

Terdapat juga berbagai jus mangga kemasan di pasaran. Sebelum mengonsumsinya, perhatikan kandungan apa saja yang terdapat dalam jus tersebut. Konsumsi jus mangga kemasan juga tidak terlalu disarankan. Jus mangga yang paling baik adalah yang diolah sendiri di rumah.

Mangga adalah buah musiman sehingga ada kalanya mangga melimpah dan ada kalanya mangga sulit untuk ditemukan di pasaran. Dibandingkan dengan mengonsumsi jus mangga kemasan terlalu sering, Anda bisa mengganti sementara jus mangga dengan jus lainnya yang tidak mengenal musim dan memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan.

Makan buah secara rutin memang merupakan hal yang sangat disarankan untuk memenuhi nutrisi dan menjaga kesehatan. Bagaimana jika jus mangga menjadi pilihan Anda untuk hari ini? Selamat mencoba dan selamat menikmati!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi