11 Manfaat Jus Kurma bagi Kesehatan (Tak Disangka)

manfaat-jus-kurma-doktersehat

DokterSehat.Com – Siapa yang tak kenal buah kurma? Buah yang identik dengan bulan Ramadan ini memang sudah jadi semacam makanan wajib kala bulan suci umat Islam tersebut tiba. Kurma biasa dikonsumsi sebagai takjil saat berbuka puasa, namun ada juga yang mengkonsumsinya saat sahur. Nah, kurma dapat diolah menjadi minuman jus, dan jus kurma ini membawa sejumlah manfaat. Apa saja manfaat jus kurma?

Kandungan Gizi Jus Kurma

Buah kurma adalah buah yang kaya akan berbagai nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh. Sejumlah zat penting yang bisa kita temui pada buah yang banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah ini antara lain vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, fosfor, folat, kalsium, hingga magnesium, niasin, riboflavin, dan thiamine.

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda bisa mencoba menjadikan kurma sebagai minuman jus yang lezat dan menyehatkan. Mengolah buah kurma menjadi jus kurma bahkan mendatangkan manfaat lebih, mengingat ada bahan tambahan yakni susu segar. Sehingga, jus kurma membawa dua manfaat sekaligus, yaitu manfaat kurma itu sendiri dan manfaat dari susu.

Manfaat Jus Kurma bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Momen bulan Ramadan seharusnya menjadi kesempatan baik untuk Anda mengkonsumsi kurma atau jus kurma secara rutin. Pasalnya, kurma menjadi semacam ‘amunisi’ bagi tubuh yang memerlukan asupan nutrisi dan vitamin agar ibadah puasa dapat berjalan lancar.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat jus kurma yang perlu Anda ketahui.

1. Sumber Tenaga

Berpuasa memerlukan kondisi tubuh yang fit dan juga penuh tenaga. Pasalnya, berpuasa mengharuskan Anda untuk menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam dari sejak terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Nah, mengkonsumsi jus kurma akan memberikan Anda cukup energi untuk berpuasa (jika dikonsumsi saat sahur), dan efektif mengembalikan energi yang hilang akibat berpuasa (jika dikonsumsi saat buka berpuasa). Manfaat jus kurma susu yang satu ini dikarenakan kurma mengandung fruktosa, glukosa, dan sukrosa, di mana ketiganya berperan penting dalam menghasilkan energi bagi tubuh.

2. Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium, magnesium, mangan, dan tembaga pada jus kurma susu menghasilkan manfaat jus kurma bagi kesehatan tulang dan gigi. Mineral-mineral tersebut sesungguhnya merupakan zat yang dibutuhkan tulang dan gigi agar senantiasa berfungsi dengan baik.

3. Melawan Kolesterol Jahat

Saat berbuka puasa, Anda mungkin tergoda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak, aneka gorengan misalnya. Kendati menggugah selera, makanan yang mengandung minyak bisa berpotensi meningkatkan kadar lemak LDL atau disebut sebagai kolesterol ‘jahat’.

Kolesterol ‘jahat’ ini jika dibiarkan terus menumpuk di dalam tubuh akan berujung pada penyakit-penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung.

Selain membatasi konsumsi gorengan dan semacamnya, yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar lemak LDL atau kolesterol ‘jahat’ adalah dengan mengkonsumsi jus kurma saat berbuka puasa. Manfaat jus kurma yang satu ini tak lepas dari kandungan serat di dalamnya, di mana serat bertugas untuk melawan dan membasmi kolesterol tersebut.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Serat yang dikandung pada jus kurma juga menghasilkan manfaat jus kurma untuk merawat dan mengatasi pelbagai masalah pencernaan yang mungkin saja timbul saat berpuasa, seperti susah buang air besar (BAB) atau biasa kita sebut sebagai sembelit.

Mengkonsumsi jus kurma secara rutin selama bulan Ramadan diklaim efektif untuk mengoptimalkan kinerja usus sehingga makanan dapat dicerna dengan baik, pun sistem ekskresi bisa menjalankan tugasnya dengan lancar.

5. Merawat Rambut

Rambut yang sehat, terawat, dan terlihat menawan adalah impian setiap orang. Salah satu cara alami untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut adalah dengan mengkonsumsi jus kurma.

Manfaat jus kurma bagi kesehatan rambut dihasilkan dari kandungan folat dan besi, yang mana keduanya adalah zat yang dibutuhkan oleh folikel rambut untuk bisa bekerja dengan baik.

6. Merawat Kesehatan Mata

Mengkonsumsi jus kurma mendatangkan manfaat jus kurma susu bagi kesehatan mata. Pasalnya, kurma juga diperkaya oleh vitamin A, yaitu vitamin yang memang dikenal sebagai vitamin mata. Tak hanya itu, kurma juga mengandung senyawa zeanxanthin yang berfungsi untuk memproteksi mata dari degenerasi makula.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jus kurma juga berkaitan dengan kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini dikarenakan buah kurma mengandung vitamin C, di mana vitamin ini bersifat sebagai antioksidan yang mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel kulit, pun meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit senantiasa terlihat kencang, elastis, dan tanpa kerutan.

8. Menghindari Anemia

Salah satu efek samping dari berpuasa yang mungkin dialami adalah kekurangan darah (anemia). Namun, mengkonsumsi jus kurma dapat menghindari Anda dari ganguan kesehatan yang satu ini.

Manfaat jus kurma susu untuk mencegah anemia dikarenakan kurma mengandung zat besi, yang mana zat besi ini fungsinya untuk membantu produksi hemoglobin pada darah.

Selain itu, zat besi juga berfungsi untuk membantu hemoglobin dalam menghantarkan oksigen menuju seluruh tubuh sehingga organ-organ dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.

9. Mencegah Kanker

Di samping rasanya yang enak, jus kurma tak disangka-sangka memiliki khasiat untuk mencegah tubuh dari penyakit kanker.

Manfaat jus kurma untuk mencegah kanker karena sejatinya buah ini mengandung zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab rusaknya sel tubuh yang berujung pada munculnya sel kanker.

10. Menaikkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki berat badan kurang dari ideal, aktivitas berpuasa tentu saja bisa menghambat kenaikan berat badan yang diinginkan. Namun hal ini sejatinya bukan merupakan suatu masalah karena yang perlu dilakukan adalah mencukupi kebutuhan karbohidrat harian secara konsisten.

Jus kurma adalah adalah salah satu sumber karbohidrat yang patut Anda konsumsi agar rencana menaikkan berat badan tetap berjalan lancar walaupun sedang berpuasa.

11. Nutrisi bagi Ibu Menyusui

Khusus untuk para ibu menyusui, jus kurma membawa dampak positif bagi kesehatan Anda maupun si buah hati tercinta.

Manfaat jus kurma untuk ibu menyusui ini antara lain sebagai sumber energi bagi ibu, dan juga membantu produksi ASI agar senantiasa lancar dan berkualitas demi menunjang asupan nutrisi bagi si kecil.

Anda disarankan untuk turut memasukkan jus kurma ke dalam daftar menu sehat sehari-hari selama dalam periode menyusui. Namun, konsultasikan hal ini kepada dokter terlebih dahulu guna menemukan takaran jus kurma yang tepat.

Cara Membuat Jus Kurma Susu

Nah, setelah mengetahui manfaat jus kurma bagi kesehatan, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara membuat jus kurma susu yang enak untuk dijadikan menu buka puasa.

Bahan-bahan jus kurma:

  • 7 buah kurma
  • 200 ml susu
  • Es batu

Cara membuat jus kurma:

  • Rendam kurma yang sudah dibuang bijinya selama 24 jam
  • Masukkan kurma yang telah direndam, susu, es batu, dan sedikit air ke dalam blender
  • Blender kurma dan bahan-bahan lainnya hingga halus
  • Tuangkan ke dalam wadah gelas, lalu sajikan selagi dingin