Terbit: 14 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kaktus merupakan jenis tanaman berduri yang biasanya dijadikan sebagai tanaman hias. Tidak hanya itu saja, kaktus juga kerap dijadikan sebagai salah satu solusi untuk perawatan kecantikan, khususnya rambut, wajah, dan tubuh.

Kenali 3 Manfaat Jus Kaktus yang Baik untuk Kesehatan

Kaktus juga bisa dijadikan minuman yang berkhasiat dengan cara di jus. Mungkin terdengar aneh, namun ada segudang manfaat yang tersimpan di dalam jus kaktus tersebut. berikut 5 manfaat dari jus kaktus yang bisa Anda peroleh, diantaranya:

1. Menjaga Kesehatan Usus

Usus merupakan bagian penting dari sistem pencernaan. Oleh sebab itu, kesehatan usus harus selalu dijaga agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang dapat menimpa usus. Salah satu cara menjaga kesehatan usus adalah dengan cara rutin mengonsumsi jus kaktus. Sebab, jus kaktus dipercaya dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di usus. Jus ini juga bisa dijadikan sebagai obat pencahar yang bisa mengatasi masalah sembelit.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jika sistem kekebalan tubuh Anda lemah, maka risiko datangnya penyakit akan semakin besar. Jus kaktus diyakini mampu membantu menghilangkan virus mematikan yang ada di dalam tubuh sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, jus kaktus juga dapat menggagalkan tumor karena mengandung phytochemical yang tinggi. Selain itu, mengonsumsi jus kaktus juga dapat mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan jus kaktus mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

3. Mengatasi Kram Menstruasi

Sebagian besar wanita pasti akan merasakan kram perut ketika menstruasi datang. Gejala ini memang umum terjadi karena merupakan bagian dari siklus menstruasi. Namun, jika dibiarkan kram perut tersebut akan semakin menyiksa, bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tak sedikit wanita yang memilih obat penghilang rasa sakit atau bahkan ramuan tradisional yang dipercaya ampuh menghilangkan rasa sakit akibat menstruasi. Ternyata, jus kaktus juga memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa sakit pada perut akibat menstruasi. Selain itu, jus ini juga bisa membantu mengendalikan rasa mual.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi