Terbit: 28 Maret 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Mengkudu adalah salah satu buah yang banyak ditemukan di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Mengkudu jarang sekali dikonsumsi, kecuali untuk obat atau minuman tradisional karena cenderung memiliki rasa pahit. Hal ini tentu saja karena banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan.

8 Manfaat Jus Buah Mengkudu, Bisa Mencegah Kanker!

Meski dikenal memiliki rasa pahit dan kadang rasanya mirip sekali dengan sabun saat sudah matang, buah ini banyak dimanfaatkan di beberapa daerah. Ada yang mengolah buah ini menjadi jus yang bermanfaat untuk kesehatan dan menjualnya.

Kandungan buah mengkudu

Mengkudu mengandung cukup banyak nutrisi yang terkandung di dalam buahnya yang matang atau saat sudah menjadi jus. Meski 95% buah terdiri dar air, terdapat juga kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, gula, dan beberapa vitamin seperti vitamin C yang baik sekali untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan buah mengkudu yang paling dicari adalah antioksidan dan juga serat. Kandungan antioksidan dari mengkudu bisa membuat Anda jarang sekali mengalami sakit dan risiko mengalami sakit semakin rendah. Sementara itu serat yang ada dalam mengkudu bisa Anda gunakan untuk memperlancar sembelit.

Manfaat jus buah mengkudu untuk kesehatan

Ada banyak khasiat mengkudu untuk kesehatan. Meski jarang digunakan di Indonesia, buah ini menyimpan potensi yang tidak boleh diabaikan. Berikut beberapa manfaat jus buah mengkudu untuk kesehatan:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Menurunkan risiko kerusakan sel pada perokok

Saat merokok, radikal bebas akan masuk ke dalam tubuh dengan cepat dan menyerang sel. Radikal bebas ini akan merusak beberapa bagian sel tubuh yang penting dan membuat perokok lebih mudah mengalami gangguan seperti diabetes, kanker, dan gangguan jantung yang bisa sangat mematikan.

Risiko yang besar dari merokok ini ternyata bisa diturunkan dengan mengonsumsi jus mengkudu secara rutin. Dari penelitian yang dilakukan, setidaknya ada penurunan sekitar 30 persen dari radikal bebas yang ada tubuh setelah mengonsumsi jus mengkudu selama sebulan penuh. Selain itu, merokok juga bisa mengalami penurunan zat kimia yang memicu kondisi kanker.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi jus mengkudu ternyata mampu menurunkan jumlah kolesterol buruk HDL di dalam tubuh. Penurunan jumlah HDL ini akan membuat pembuluh darah lebih aman dari pengendapan yang memicu gangguan jantung. Penurunan kolesterol baik akan membuat peredaran darah berjalan dengan lancar dan fungsi tubuh secara menyeluruh tidak terganggu.

Manfaat untuk kesehatan jantung ini mungkin akan sedikit berbeda pada beberapa orang. Mereka yang merokok mungkin akan mengalami penurunan kadar kolesterol di dalam darahnya. Namun, jumlahnya tidak akan besar dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

  1. Meningkatkan ketahanan saat berolahraga

Mengonsumsi buah mengkudu secara rutin bisa meningkatkan ketahanan saat berolahraga. Kalau Anda mengalami titik puncak lelah setelah melakukan angkat beban selama 45 menit, dengan mengonsumsi mengkudu secara rutin, waktunya akan bertambah hingga 21% atau mendekati 55 menit.

Penelitian yang dilakukan pada manusia dan juga hewan menunjukkan ada perubahan yang besar pada kekuatan otot dan penurunan rasa lelah yang terjadi secara berlebihan. Penurunan rasa lelah yang cukup signifikan ini terjadi karena buah ini mengandung cukup banyak antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh.

  1. Menurunkan nyeri pada penderita arthritis

Penderita arthritis sering mengalami nyeri pada tubuh dan membuat mereka merasa tidak nyaman. Dengan mengonsumsi buah mengkudu secara langsung atau dalam bentuk jus secara rutin bisa membuat nyeri cepat reda sehingga kehidupan sehari-hari tidak akan mengalami gangguan.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi akan membuat kekebalan tubuh meningkat. Peningkatan ini akan membuat Anda tidak mudah mengalami sakit meski hanya sekadar pilek atau flu biasa. Saat mengonsumsi jus buah ini, pastikan tidak menambah banyak gula karena bisa meningkatkan risiko diabetes.

  1. Mencegah kanker

Kandungan buah mengkudu yang kaya akan antioksidan bisa bermanfaat dalam mencegah tubuh dari kanker. Berbagai jenis kanker akan dicegah karena radikal bebas yang masuk dari mana pun khususnya dari rokok akan dicegah merusak sel dan memunculkan sel kanker yang sangat berbahaya untuk tubuh.

  1. Mengatasi lelah berlebihan

Mengkudu telah digunakan selama ratusan tahun oleh masyarakat polinesia sebagai salah satu penyembuh kelelahan.

Kalau tubuh mengalami kelelahan yang terlalu besar, mereka akan membuat jus buah ini atau memakannya secara langsung. dampaknya, lelah yang dialami akan hilang perlahan-lahan termasuk nyeri di otot.

Dengan kemampuan ini, mengkudu selalu diandalkan kalau seseorang saat kelelahan saat bekerja. Bahkan, buah ini juga sering diandalkan untuk menambah tenaga saat melakukan latihan. Dengan mengonsumsi ekstrak mengkudu, kekuatan fisik akan meningkat perlahan-lahan apalagi dibarengi dengan istirahat yang cukup.

  1. Menjaga kesehatan hati

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 silam, buah mengkudu diketahui memiliki komponen yang menjaga kesehatan dari hari. Ada antioksidan yang mampu menjaga hati dari serangan penyakit yang berbahaya dan membuat organ ini mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Rutin mengonsumsi jus buah mengkudu atau buah setengah matang yang dibuat menjadi rujak bisa membuat seseorang lebih kebal dengan masalah penyakit hati. Kemampuan hati dalam menyaring racun dan zat kimia berbahaya akan efektif sehingga peluang terjadi kerusakan juga semakin rendah

Itu dia ulasan singkat mengenai manfaat buah mengkudu atau noni yang ternyata memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat ini bisa kita manfaatkan dengan baik kalau Anda membutuhkannya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi