Terbit: 2 November 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Tidak hanya buahnya, jus apel pun ternyata punya banyak manfaat bagi tubuh kita. Apa saja khasiat jus tersebut? Simak informasi selengkapnya berikut ini, yuk!

11 Manfaat Jus Apel bagi Tubuh, Efek Samping, dan Cara Membuatnya

Jus Apel dan Kandungan Nutrisinya

Jus apel (apple juice) baik untuk Anda konsumsi karena buah apel yang menjadi bahan dasarnya merupakan sumber sejumlah nutrisi penting. Menurut United States Department of Agriculture, 1 (satu) cangkir jus apel—atau sekitar 248 g—mengandung:

  • Air (219 g)
  • Kalori (114 Kkal)
  • Karbohidrat (28 g)
  • Protein (0,24 g)
  • Vitamin C (2,23 mg)
  • Sukrosa (3,12 g)

Selain itu, pada jus apel juga masih terkandung berbagai zat bergizi lainnya, termasuk mineral dan senyawa antioksidan seperti polifenol. Mengonsumsi jus ini tentu bisa Anda jadikan pilihan di samping mengonsumsi buahnya secara langsung.

Manfaat Jus Apel bagi Kesehatan Tubuh

Lantas, apa saja manfaat yang bisa Anda dapat dari jus apel? Berikut adalah jawabannya!

1. Mencegah Kerusakan Sel-Sel Tubuh

Manfaat pertama dari minuman sehat ini adalah untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Ini karena pada jus terdapat kandungan senyawa bernama polifenol. Berdasarkan penelitian, polifenol terbukti dapat melindungi sel-sel tubuh dari peradangan (inflamasi) dan stres oksidatif.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Sebagaimana diketahui, peradangan dan stres oksidatif merupakan faktor pemicu rusaknya sel-sel tubuh. Kerusakan sel tubuh pun nantinya dapat menyebabkan radikal bebas yang bisa berujung pada sejumlah penyakit kronis.

2. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi menjadi manfaat selanjutnya dari apple juice. Ini karena kandungan air pada minuman tersebut mencapai sekitar 88 persen.

Selain untuk mencegah dehidrasi, mengonsumsi jus ini juga dapat membantu menghidrasi tubuh kembali setelah kehilangan cairan akibat beberapa kondisi seperti muntah. Kendati demikian, ada baiknya untuk tetap mengimbangi konsumsi jus dengan cairan elektrolit lainnya, terutama jika dehidrasi yang terjadi tergolong parah.

Pasalnya, jus apel mengandung sedikit sodium. Padahal, saat dehidrasi tubuh juga kehilangan banyak sodium.

3. Merawat Kesehatan Jantung

Kandungan senyawa polifenol pada apple juice juga kabarnya berkhasiat untuk merawat kesehatan organ jantung. Menurut penelitian, polifenol dapat menurunkan kadar lemak LDL atau yang kita kenal sebagai kolesterol ‘jahat’.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa ketika orang dewasa sehat minum satu setengah cangkir (375 ml) jus apel bening setiap hari selama 6 minggu, terjadi penurunan kadar kolesterol sebanyak 20 persen. Akan tetapi, ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Melindungi Otak

Masih terkait dengan kandungan polifenol yang dimilikinya, manfaat mengonsumsi jus apel hijau maupun merah selanjutnya adalah dapat melindungi otak sekaligus mengoptimalkan fungsi dari organ vital tersebut. Menurut penelitian, polifenol bekerja aktif untuk menjaga sel-sel otak dari kerusakan dan serangan radikal bebas.

Selain itu, jus ini juga efektif untuk mengatasi berbagai gangguan mental seperti gangguan kecemasan dan depresi. Ini utamanya berlaku bagi para penderita Alzheimer yang memang kerap mengalami gangguan-gangguan mental tersebut.

5. Meredakan Gejala Asma

Apple juice mengandung zat-zat yang bersifat antiinflamasi dan antialergi. Ini lantas menjadikan minuman tersebut juga dapat membantu meredakan gejala asma.

Selain itu, polifenol dalam jus memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan paru-paru dan mengurangi risiko penyakit paru. Menurut penelitian terbaru, individu yang mengonsumsi jus ini secara teratur memiliki paru-paru yang berfungsi lebih baik ketimbang individu lain yang tidak atau jarang mengonsumsinya.

6. Meminimalisir Risiko Kanker

Tim peneliti dari Universitas Federal, Sao Paulo, Brazil menemukan bahwa keberadaan fitokimia dan antioksidan tertentu dalam apel—termasuk jusnya—dapat mencegah terjadinya proses pembentukan sel kanker (karsinogenesis).  Sementara itu, studi lainnya mengungkapkan bahwa konsumsi rutin jus ini dapat mengurangi risiko kanker paru-paru dan usus besar.

Baca Juga: 16 Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan (Nutrisi Lengkap)

7. Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah masalah pencernaan yang terjadi ketika usus besar menyerap terlalu banyak air. Alhasil, Anda akan mengalami gejala berupa susah buang air besar (BAB). Nah, apel dan jusnya mengandung sorbitol yang kabarnya dapat membantu mengatasi masalah ini.

Sorbitol pada apple juice membantu untuk melunakkan feses sehingga bisa lebih mudah keluar nantinya. Kendati demikian, sifat minuman ini hanya sebagai penunjang pengobatan. Terlebih pada kasus sembelit yang sudah parah, Anda mungkin tetap memerlukan penanganan medis.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Selain vitamin C, pada apple juice terkandung vitamin A. Adanya vitamin ini membuat jus apel juga memiliki manfaat yakni menjaga kesehatan mata.

Mengonsumsi jus ini secara rutin akan meningkatkan fungsi penglihatan Anda. Lalu, ia juga akan meminimalisir risiko mata mengalami sejumlah masalah kesehatan pada masa mendatang.

9. Merawat Kulit

Sementara itu, adanya vitamin C dan antioksidan dalam jus tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Beberapa bukti anekdotal menunjukkan bahwa jus ini kerap menjadi pilihan pengobatan alami untuk mengobati masalah terkait kulit seperti:

  • Peradangan
  • Gatal
  • Infeksi kulit
  • Kulit pecah-pecah
  • Kerutan

10. Mengoptimalkan Fungsi Hati

Apple juice juga kaya akan asam malat. Adanya kandungan zat ini menurut sejumlah klaim anekdotal membuat jus tersebut dapat meningkatkan fungsi organ hati (liver). Tidak hanya itu, mengonsumsinya akan membantu mencegah hati mengalami gangguan medis.

Hal ini karena alkalinitas dalam buah apel membantu membersihkan racun atau limbah tubuh lainnya. Kendati penelitian mengenai hal ini masih terbatas, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya.

11. Mencegah Sindrom Metabolik

Manfaat jus apel lainnya yang tidak kalah penting adalah untuk mencegah sindrom metabolik seperti peningkatan tekanan darah dan gula darah (glukosa). Keduanya merupakan pemicu dari penyakit berbahaya yakni jantung, stroke, dan diabetes.

Efek Samping Jus Apel

Sayangnya, minuman ini juga tidak lepas dari sejumlah efek samping, terlebih jika Anda mengonsumsinya secara tidak tepat seperti terlalu berlebihan atau tidak mengimbanginya dengan makanan sehat yang lain. Efek samping tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bisa memicu kenaikan berat badan
  • Meningkatkan risiko penyakit batu ginjal
  • Kadar gula yang tinggi
  • Rendah serat
  • Memicu kerusakan gigi
  • Mengandung pestisida

Akan tetapi, ini biasanya berlaku untuk produk jus yang diproduksi oleh produsen makanan dan minuman tertentu. Itu sebabnya, Anda lebih disarankan untuk membuat apple juice sendiri. Bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Jus Apel di Rumah

Berikut ini adalah cara membuat jus apel yang bisa Anda praktikkan sendiri:

  • Siapkan 3-5 buah apel segar.
  • Bersihkan apel terlebih dahulu.
  • Potong apel menjadi beberapa bagian.
  • Sebaiknya tidak usah mengupas kulit apel karena pada kulit juga terkandung zat bergizi.
  • Masukkan potongan-potongan apel ke dalam blender, lalu tambahkan air secukupnya.
  • Nyalakan blender, dan tunggu beberapa saat sampai apel benar-benar hancur.

 

  1. Koganti, S. 2020. 10 Promising Health Benefits Of Apple Juice And Side Effects
    https://www.stylecraze.com/articles/best-benefits-of-apple-juice/ (accessed on 2 November 2020)
  2. McCulloch, M. 2019. 4 Benefits of Apple Juice (And 5 Downsides). https://www.healthline.com/nutrition/apple-juice-benefits#TOC_TITLE_HDR_7 (accessed oon 2 November 2020)
  3. United States Department of Agriculture. Apple juice, canned or bottled, unsweetened, without added ascorbic acid. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/173933/nutrients (accessed on 2 November 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi