Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika biasanya jeruk nipis hanya digunakan sebagai penyedap makanan yang kita tambahkan di atas soto atau jajanan. Maka kini Anda mungkin harus menggunakan jeruk nipis lebih sering lagi, karena ternyata jeruk nipis memiliki banyak manfaat yang jarang kita ketahui, lo.

Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui

Jeruk nipis memiliki berbagai zat dan senyawa yang bisa kita manfaatkan untuk makanan atau untuk kesehatan tubuh. Kira-kira, apa sajakah manfaat dari jeruk nipis yang jarang kita ketahui?

1. Tinggi antioksidan

Sama dengan buah jeruk lainnya, jeruk nipis juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C, serta fitonutrien flavonoid dan saponin. Ketiga senyawa inilah yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

2. Memiliki fungsi antimikroba

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah mampu menghambat mikroba termasuk bakteri. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh maupun untuk produk pangan. Manfaat antimikroba dari jeruk nipis bagi tubuh adalah mencegah terjadinya penyakit akibat bakteri misalnya diare.

Sedangkan pada bahan makanan jeruk nipis bisa menghambat aktivitas mikroba yang mampu mengawetkan dan memperpanjang masa simpan makanan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Perasa asam alami pada makanan

Penelitian di Institut Pangan Bogor menyebutkan bahwa kandungan asam sitrat, asam laktat, dan asam tartarat yang ada pada jeruk nipis mampu memberikan rasa asam untuk berbagai masakan tradisional hingga membantu mengatur keasaman pada produk keju.

Dengan melihat berbagai macam manfaat dari jeruk nipis tersebut, maka kini ada baiknya kita untuk lebih sering mengolah jeruk nipis.

Tambahkan perasan jeruk nipis pada salad buah, buat cocolan atau saus untuk buah potong dengan tambahan jeruk nipis atau buat es dari jeruk nipis tentu akan membantu meningkatkan asupan jeruk nipis dalam tubuh, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi