Terbit: 13 April 2020 | Diperbarui: 20 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ternyata mengesankan karena berbagai kandungannya yang bagus untuk kesehatan kulit. Tidak banyak yang tahu tentang informasi ini. Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alami untuk wajah. Yuk, lihat penjelasan tentang manfaat jeruk nipis untuk kulit di bawah ini.

manfaat-jeruk-nipis-untuk-wajah-doktersehat

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Jeruk nipis memiliki manfaat untuk kulit wajah baik melalui air perasan jeruk maupun kulitnya. Penggunaan jeruk nipis bisa diminum atau dioleskan pada wajah. Kandungan vitamin C, flavonoid, asam sitrat, dan beberapa vitamin inilah yang membuat ada banyak khasiat jeruk nipis untuk wajah.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat jeruk nipis untuk wajah:

1. Anti Aging

Usia yang semakin bertambah, paparan sinar UV, polusi, dan beberapa zat di dalam asupan sehari-hari membuat kulit wajah mulai menampakkan gejala penuaan. Tentunya tidak ada wanita yang ingin memiliki gejala penuaan dini seperti noda hitam, keriput, dan lainnya.

Kebanyakan wanita memilih krim dengan kandungan zat kimia sebagai solusi antiaging. Padahal khasiat jeruk nipis untuk wajah bisa juga sebagai antipenuaan. Pemanfaatan jeruk nipis bisa menjadi sebuah cara alami dalam mengatasi gejala penuaan dini, sehingga wajah tampak awet muda.

Anda bisa menggunakan jeruk nipis dengan menggosokkan kulit jeruk nipis pada kulit wajah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari kulit jeruk nipis. Penggunaan kulit jeruk nipis mampu mengurangi hiperpigmentasi dan menghambat produksi melanin.

2. Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan masalah umum yang dimiliki oleh orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Orang yang memiliki kulit wajah berminyak cenderung mendapatkan masalah sumbatan pada pori-pori wajah dan adanya bakteri sehingga menyebabkan jerawat.

Sebuah kabar bahagia bagi Anda yang memiliki jerawat karena jeruk nipis bermanfaat untuk mengobati jerawat. Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang satu ini sangat penting untuk orang yang berjerawat. Melalui kandungan air jeruk nipis membuat jeruk nipis memiliki sifat antibiotik sehingga bisa mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Gunakanlah air jeruk nipis bersama dengan madu untuk mengatasi jerawat. Aplikasikanlah kombinasi jus jeruk nipis dengan madu secara rutin seminggu sekali. Apabila di sekitar jerawat terdapat luka maka pijatlah luka tersebut menggunakan sedikit air jeruk nipis.

3. Menyamarkan Bekas Jerawat

Mencampurkan madu dengan air perasan jeruk nipis dapat membantu menyamarkan bekas jerawat. Ini berkat madu memiliki sifat antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sementara sifat asam dari jus jeruk nipis akan mengendalikan kelebihan minyak.

Campuran kedua bahan ini harus digunakan setiap minggu sebagai perawatan kulit wajah. Bekas luka yang disebabkan jerawat dapat tersamarkan dengan memijat kulit wajah dengan air jeruk nipis.

4. Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat jeruk nipis untuk wajah dapat mengecilkan pori-pori yang besar. Ini karena di dalam jeruk nipis terdapat kandungan zat tertentu yang memiliki sifat astringen.

Tahukah Anda apa fungsi dari sifat astringent ini? Astringent ini bisa membuat otot-otot menjadi lebih rapat. Hal inilah yang membuat pori-pori wajah yang lebar menjadi normal kembali.

5. Mengatasi Masalah Kulit yang Menjadi Warna Cokelat

Tidak ada manusia yang bisa terhindar dari paparan sinar matahari. Tanpa disadari, paparan sinar matahari membuat wajah menjadi berwarna cokelat. Masalah wajah ini bisa diatasi dengan air jeruk nipis.

Air jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan masalah kulit cokelat akibat paparan sinar matahari. Khasiat jeruk nipis untuk wajah yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan air jeruk nipis yang ditambah dengan tepung (besan) atau dahi (dadih) sehingga berbentuk seperti pasta dan oleskan pada wajah seminggu sekali.

6. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati yang masih tertinggal pada wajah seringkali menjadi penyebab wajah kusam. Wajah akan semakin kusam apabila sel-sel kulit mati semakin menumpuk. Kandungan asam sitrat pada kulit jeruk nipis bisa mengelupas sel-sel kulit mati.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ini sering digunakan di banyak salon perawatan kecantikan dan juga sebagai pengobatan rumahan. Para wanita yang sudah tahu telah mengaplikasikannya pada wajah sehingga membuat kulit nampak lebih cerah dan segar.

7. Menjadikan Kulit Bercahaya

Khasiat jeruk nipis untuk wajah mampu mengurangi minyak sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih bersih. Selain itu, air jeruk nipis yang diminum dalam keadaan hangat dan ditambahkan dengan madu akan menimbulkan efek bercahaya pada kulit.

Minumlah segelas air hangat yang berisi jeruk nipis dan madu pada pagi hari. Jika ingin hasil optimal, minumlah secara teratur. Minuman tersebut akan membuat kulit wajah menjadi bercahaya dan terlihat lebih cantik.

8. Pembersih Wajah

Sifat antibiotik yang ada pada air jeruk nipis membuat jeruk nipis bisa dimanfaatkan sebagai pembersih wajah. Bakteri yang menempel pada wajah akibat berbagai alasan bisa dikurangi dengan menggunakan jeruk nipis.

Apabila Anda membersihkan wajah dengan menggunakan air jeruk nipis maka pertumbuhan bakteri yang ada di wajah mampu ditekan. Pertumbuhan bakteri menjadi terhambat dan wajah menjadi bersih dari berbagai kotoran dan bakteri.

9. Menyamarkan Bintik-Bintik Hitam

Air perasan jeruk nipis dianggap sebagai zat pemutih alami karena memiliki sifat pencerah kulit. Manfaat jeruk nipis untuk wajah juga dapat digunakan untuk meringankan bintik-bintik gelap.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, Anda hanya perlu menerapkan air jeruk nipis menggunakan bola kapas ke bagian kulit yang gelap dan biarkan selama 30 menit. Namun, pastikan tetap berada di dalam ruangan dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Ini karena air jeruk nipis dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.

10. Menghaluskan Kulit

Khasiat jeruk nipis untuk wajah selanjutnya bisa membuat kulit terasa halus. Beberapa orang telah menggunakan minyak esensial jeruk nipis dalam tonik kulit untuk membantu menghaluskan kulit, tetapi berhati-hatilah saat menggunakan minyak esensial pada kulit dan jangan mengoleskan langsung ke kulit.

Baca label produk dan pilih produk minyak esensial yang diformulasikan untuk digunakan pada kulit. Seperti yang telah dijelaskan di atas, produk berbahan jeruk nipis yang dioleskan dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Baca Juga: 23 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan (No. 19 Tak Disangka)

Efek Samping Jeruk Nipis untuk Wajah

Meskipun manfaat jeruk nipis untuk wajah sangat bagus, namun jenis jeruk ini memiliki beberapa efek samping jika digunakan berlebihan.

Beberapa efek samping jeruk nipis untuk wajah termasuk menimbulkan rasa gatal, iritasi, kemerahan, dan bengkak. Ini karena beberapa orang sensitif terhadap minyak jeruk nipis ketika diterapkan langsung ke kulit. Minyak jeruk nipis dapat menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, gunakanlah tabir surya dan pakaian tertutup, terutama jika berkulit terang.

Jika Anda ingin menggunakan jeruk nipis untuk kulit wajah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit tentang alergi, kondisi kulit atau kondisi medis yang diderita. Ini untuk mencegah beberapa efek samping jeruk nipis untuk wajah!

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Lime. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-548/lime. (Diakses 13 April 2020)
  2. Saanvi. 2019. Top 9 Unbelievable Benefits Of Lime. https://stylesatlife.com/articles/lime-benefits/. (Diakses 13 April 2020)
  3. Saba. 2019. 38 Benefits Of Lime For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-lime-for-skin-hair-and-health/. (Diakses 13 April 2020)
  4. Tumbarello, Elizabeth. Tanpa Tahun. The Benefits of Lime for the Face. https://www.livestrong.com/article/420737-pure-lemon-juice-benefits/. (Diakses 13 April 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi