Terbit: 28 Agustus 2018 | Diperbarui: 30 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan jeruk lemon (citrus limon). Jenis jeruk yang satu ini dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan.  Manfaat jeruk lemon berasal dari kandungan vitamin dalam jeruk seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B5.

8 Manfaat Jeruk Lemon, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan

Selain itu, jeruk lemon juga mengandung senyawa seperti asam sitrat, kalsium, asam folat, fosfor, zat besi, kalium, dan magnesium. Simak selengkapnya tentang manfatat dan khasiat jeruk lemon berikut ini!

1. Obat Batuk dan Pilek

Manfaat jeruk lemon yang pertama adalah untuk meredakan gejala pilek dan batuk. Pilek dan batuk berdahak biasanya akan membuat hidung dan tenggorokan Anda tersumbat dan diberengi dengan peradangan di tenggorokan. Sifat antibakteri dan antiinflamasi dari lemon dapat meredakan gejala tersebut dan juga mencegah bakteri dan virus untuk datang kembali.

2. Obat untuk Gangguan Pencernaan

Manfaat jeruk lemon yang selanjutnya adalah baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. Jeruk lemon dapat mengatasi berbagai keluhan pencernaan sembelit (susah buang air besar) dan juga divertikulitis (peradangan atau infeksi pada kantung kecil di saluran pencernaan). Selain itu, jeruk lemon juga ampuh untuk meredakan gejala seperti mual dan sakit perut.

3. Baik untuk Kesehatan Mulut

Khasiat jeruk lemon lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah terjaganya kesehatan mulut. Ada beberapa manfaat jeruk lemon untuk mulut seperti meredakan sakit gigi, memutihkan gigi, dan juga membuat nafas lebih segar. Cara mendapatkan manfaat jeruk lemon untuk mulut bisa Anda dapatkan dengan cara berkumur dengan air jeruk lemon.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Tapi perlu Anda ketahui bahwa kandungan asam pada jeruk lemon bisa merusak lapisan email gigi, sehingga lebih baik Anda tidak berkumur dengan air jeruk lemon setiap hari.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Manfaat jeruk lemon yang keempat adalah mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi jeruk lemon setiap hari ampuh untuk menangkal bakteri dan juga virus yang menghampiri tubuh Anda. Khasiat jeruk lemon ini didapatkan karena banyaknya vitamin dalam jeruk lemon, salah satu yang terbanyak adalah vitamin C yang memang bagus untuk ketahanan tubuh.

5. Mengatasi Jerawat

Selanjutnya adalah khasiat jeruk lemon untuk kecantikan. Jeruk lemon dengan sifat antibakteri dan antiinflamasinya sangat ampuh untuk mengatasi jerawat di wajah. Selain itu, jeruk lemon juga dipercaya mampu untuk mengontrol minyak di wajah.

Namun, jika Anda memiliki karakter kulit yang kering, lebih baik untuk tidak menggunakan jeruk lemon untuk perawatan wajah. Sifat asam pada lemon membuatnya tidak cocok digunakan untuk perawatan kulit kering.

6. Mencerahkan Kulit

Manfaat jeruk lemon untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mencerahkan kulit. Seperti yang telah kita ketahui, salah satu zat yang paling ampuh sebagai pencerah kulit adalah vitamin C. Maka dari itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk lemon juga membuat jeruk lemon dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Tapi sekali lagi perlu diingatkan bahwa perawatan menggunakan jeruk lemon tidak untuk kulit kering dan sensitif.

7. Mencegah Penunaan Dini

Khasiat jeruk lemon untuk kecantikan lainnya adalah mapu untuk mencegah penuaan dini. Penuaan dini umumnya terjadi akibat paparan sinar UV dan juga radikal bebas. Sifat jeruk lemon yang mampu untuk menangkal radikal bebas membuat jeruk lemon dipercaya dapat mencegah gejala penuaan seperti keriput dan juga garis halus. Namun perawatan ini tentunya juga harus diberengi dengan kebiasaan memberihkan wajah yang baik dan benar.

8. Baik untuk Kesehatan Rambut

Selain untuk kulit, ada juga khasiat jeruk lemon untuk kecantikan rambut. Jeruk lemon dipercaya ampun untuk mengatasi ketombe pada rambut, rambut kering, serta memberikan kilau alami pada rambut, Cara mendapatkan manfaat jeruk lemon untuk rambut adalah dengan cara menjadikan jeruk lemon sebagai salah satu campuran bahan untuk masker rambut.

Itu dia tentang berbagai manfaat jeruk lemon untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Cara mendapatkan manfaat jeruk lemon bisa dengan berbagai cara tergantung dengan khasiat jeruk lemon yang ingin Anda ambil. Gunakanlah jeruk lemon dengan takaran yang tidak berlebihan. Meskipun merupakan bahan alami, tapi penggunaan yang berlebihan tetap tidak diperbolehkan karena bisa berbahaya pada tubuh kita.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi