Terbit: 28 Desember 2020 | Diperbarui: 30 Desember 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat jeruk baby berbagai macam, mulai dari membantu mengatasi penyakit ringan hingga berat. Namun banyak orang tua menggunakan buah yang kaya antioksidan ini sebagai makanan pendamping ASI. Simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat apa saja yang bisa didapatkan si Kecil.

11 Manfaat Jeruk Baby bagi Kesehatan Si Kecil

Kandungan Jeruk Baby

Sebelum menjelaskan mengenai jeruk baby untuk MPASI, hal penting yang harus Anda tahu adalah kandungan apa saja di dalamnya yang mendukung kesehatan tubuh lebih optimal. Berikut berbagai nutrisi yang ada di dalam buah ini, antara lain:

  • Air.
  • Kalori.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Gula.
  • Kalsium.
  • Besi.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Sodium.
  • Zinc.
  • Vitamin C.
  • Thiamin.
  • Riboflavin.
  • Niacin.
  • Vitamin B-6.
  • Folat.
  • Vitamin A.

Manfaat Jeruk Baby bagi Kesehatan Bayi

Meski buah ini menyimpan banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, namun jika buah ini dikenalkan pada anak di bawah 12 bulan, Anda harus mencermati reaksi yang ditimbulkannya. Mulailah dengan jumlah sedang dan tunggu beberapa hari sebelum mengganti buah lainnya. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi penyebab alergi, jika ada.

Namun, jika sebelumnya bayi Anda telah menunjukkan kepekaan terhadap makanan asam lainnya, tunggulah hingga usianya satu tahun sebelum Anda memberikan jeruk. Berikut berbagai manfaat jeruk baby yang bisa didapatkan, antara lain:

1. Membantu Mengatasi Dispepsia

Jeruk baby untuk bayi ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi dispepsia yang sering terjadi pada anak-anak. Gejala yang bisa dirasakan adalah sakit perut, muntah, nyeri ulu hati, sering bersendawa, atau perut kembung. Konsumsi buah ini dengan rutin membantu memperkuat sistem pencernaan bayi agar tetap sehat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Gejala awal dispepsia pada anak biasanya mual dan perubahan nafsu makan. Hal itu terlihat saat Anda menyuapi satu-dua sendok dan anak sudah merasa kenyang.

2. Mengurangi Sembelit

Jeruk baby untuk MPASI juga dapat membantu mengurangi kemungkinan sembelit dan diare. Namun banyak orang tua yang sulit mengenali apakah anaknya mengalami gangguan sistem pencernaan atau tidak.

Tanda-tanda bayi sembelit antara lain buang air besar kurang dari dua kali dalam seminggu, feses lebih keras, atau bayi terlihat kesakitan saat buang air besar.

3. Membantu Meredakan Pilek dan Batuk

Vitamin C yang terkandung di dalam buah ini dipercaya dapat membantu meredakan pilek dan batuk. Selain itu, buah ini juga dapat melindungi bayi dari infeksi sekunder karena membantu meningkatkan sistem kekebalannya.

Infeksi sekunder adalah suatu proses infeksi baru yang muncul setelah sebelumnya terdapat infeksi yang lain dan sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C di dalam buah ini juga berguna untuk membantu sintesis kolagen, sehingga meningkatkan kesehatan kulit dan membantu regenerasi jaringan setelah cedera.

Penting untuk dipahami bahwa pada dasarnya kolagen di tubuh dimulai sebagai prokolagen. Tubuh memproduksi prokolagen dengan menggabungkan dua asam amino yaitu glisin dan prolin. Proses pembuatan prokolagen sendiri melibatkan vitamin C.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jeruk baby berikutnya didapatkan dari berbagai kandungan mineral di dalamnya seperti kalsium, magnesium, dan fosfor. Dari ketiga kandungan tersebut, kalium adalah mineral yang memainkan peran penting bagi jantung.

Membiasakan mengonsumsi buah ini dapat membantu anak tetap sehat dalam jangka panjang. Bagi orang dewasa, kalium yang terdapat buah ini membantunya menurunkan tekanan darah, di mana pada akhirnya mengurangi risiko stroke.

6. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Meski mengandung gula, buah ini tidak menaikan gula darah anak seperti camilan manis lainnya. Menjaga keseimbangan glukosa darah anak-anak menurunkan risiko kenaikan berat badan dan masalah jantung.

Kadar gula darah normal pada anak di bawah usia 6 tahun adalah 100-200mg/dl. Namun kadar gula darah dapat bervariasi bagi setiap orang tergantung jenis makanan, aktivitas fisik, efek atau samping obat. Namun bagi anak, kadar gula cenderung lebih tinggi dan mudah berubah karena perubahan hormon tertentu.

Baca Juga: 14 Manfaat Kulit Jeruk yang Jarang Disadari

7. Membantu Mengurangi Peradangan

Berbagai senyawa tumbuhan alami yang terdapat di dalam jeruk baby adalah antioksidan kuat yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker dan menjaga kesehatan otak. Kandungan senyawa flavonoid di dalamnya juga membantu menurunkan kolesterol jahat, menurunkan trigliserida, dan membantu jantung tetap sehat.

8. Membantu Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Menjaga anak untuk tetap terhidrasi adalah sesuatu yang penting, namun ada beberapa orang tua yang kesulitan untuk membuat anaknya mau mengonsumsi air putih. Agar kebutuhan cairan anak tetap terpenuhi, Anda bisa memberikannya jeruk baby karena buah ini sebagian besar mengandung air.  

Pada umumnya anak-anak lebih menyukai minuman yang memiliki rasa, oleh karena itu Anda bisa memotong beberapa jeruk dan memasukkannya ke dalam botol air minum.

9. Meningkatkan Kolesterol Baik

Manfaat jeruk baby berikutnya adalah meningkatkan lipoprotein densitas tinggi (HDL) dan mengurangi rasio lipoprotein densitas rendah (LDL) pada orang dengan kolesterol tinggi. Pada umumnya, kolesterol tinggi pada anak anak disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan faktor keturunan.

Misalnya, kebiasaan mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung lemak jenuh secara berlebihan. Umumnya kolesterol tinggi pada anak disebabkan oleh faktor keturunan dan pola makan yang tidak sehat.

10. Membantu Mengatasi Asma

Terdapat beberapa bukti yang mengungkapkan bahwa buah-buahan yang kaya vitamin C dapat meningkatkan fungsi paru-paru penderita asma. Namun klaim mengenai hal ini masih diperlukan penelitian lanjutan karena terdapat beberapa penelitian yang tidak sepakat dengan hal ini.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, mengonsumsi produk tertentu yang mengandung ekstrak jeruk manis tampaknya menurunkan berat badan dan lemak tubuh pada orang yang kelebihan berat badan. Namun, karena penelitian ini masih terbatas, hal itu membuat penelitian lanjutan masih diperlukan untuk menunjukkan khasiat buah ini lebih jelas.

Nah, itulah berbagai manfaat jeruk baby yang berguna bagi anak. Meski jeruk ini tampaknya aman dikonsumsi oleh orang dewasa, konsumsi dalam jumlah besar pada anak-anak adalah sesuatu yang harus dihindari karena dapat menyebabkan kejang, kolik, hingga kematian.

 

  1. Anonim. Sweet Orange. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-908/sweet-orange. (Diakses pada 28 Desember 2020).
  2. Anonim. 9 Reasons Citrus Is Crucial For Your Child’s Health. https://www.fatherly.com/health-science/9-reasons-citrus-is-crucial-for-your-childs-health/. (Diakses pada 28 Desember 2020).
  3. Patwal, Swati. 2019. Oranges For Babies: Right Time To Introduce, Benefits, And Recipes. https://www.momjunction.com/articles/amazing-benefits-of-oranges-for-babies_0099879/. (Diakses pada 28 Desember 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi