Terbit: 30 Oktober 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selain pengobatan secara medis, Indonesia juga terkenal dengan pengobatan secara herbal atau tradisional. Salah satu obat herbal yang sedang populer di Indonesia saat ini adalah jelly gamat. Obat yang satu ini dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sudah tahukan Anda apa itu jelly gamat? Apa saja kira-kira manfaat jelly gamat untuk tubuh?

Terbuat dari Timun Laut, Ini 7 Manfaat Jelly Gamat untuk Tubuh

Apa Itu Jelly Gamat?

Jelly gamat adalah obat herbal yang terbuat dari teripang atau timun laut. Teripang merupakan hewa invertebrata yang dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah lautan. Hewan ini termasuk ke dalam hewan laut yang bisa dimakan dan banyak dijadikan sebagai obat herbal. Jenis teripang yang dijadikan jelly gamat berbeda-beda, tetapi beberapa yang paling umum adalah spesies stichopus variegatus atau stichopus hermanii.

Jelly gamat memiliki kandungan berbagai senyawa yang dibutuhkan tubuh, hal itu lah yang membuat jelly gamat memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Kandungan jelly gamat antara lain seperti vitamin B kompleks, magnesium, fosfor, zinc, sodium, kalium, kolagen, asam amino, saponin, dan masih banyak lagi kandungan lainnya.

Manfaat Jelly Gamat

Banyaknya kandungan senyawa bermanfaat yang ada dalam jelly gamat membuat jelly gamat dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat dari jelly gamat:

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat jelly gamat yang pertama adalah dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi terkadang tidak menunjukkan gejala pada awalnya, namun kondisi ini tidak dapat dianggap sepele. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu penyakit kardiovaskular. Konsumsi jelly gamat secara rutin dipercaya dapat menstabilkan tekanan darah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat jelly gamat yang kedua adalah dapat menurunkan kolesterol. Sama halnya seperti tekanan darah tinggi, kolesterol juga merupakan pemicu dari berbagai penyakit lainnya, termasuk penyakit kardiovaskular. Selain mengontrol kolesterol dengan cara menjaga asupan makanan rendah kolestrol jahat, Anda juga bisa mengonsumsi jelly gamat secara rutin.

3. Mengatasi diabetes

Khasiat jelly gamat selanjutnya adalah mengatasi gejala diabetes. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam jelly gamat mampu untuk menurunkan kadar gula darah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Mengatasi masalah sendi

Manfaat jelly gamat yang keempat adalah dapat mengatasi berbagai masalah sendi. Beberaapa kandungan dalam jelly gamat dipercaya dapat mengatasi beberapa masalah sendi seperti artritis reumatiod dan juga osteoarthritis.

5. Menjaga kesehatan hati

Jelly gamat juga dipercaya dapat memelihara kesehatan hati, bahkan memperbaiki fungsi hati. Menjaga fungsi hati merupakan hal yang sanga penting karena terganggunya fungsi hati sangat berpotensi untuk menyebabkan gangguan organ lainnya. Beberapa masalah fungsi hati yang bisa diatasi oleh jelly gamat adalah seperti hepatitis hingga sirosis hati.

6. Menyembuhkan luka

Jelly gamat juga bisa dijadikan sebagai obat luar yang langsung diaplikasikan ke kulit. Sifat antiinflamasi dari jelly gamat bisa mambantu menyembuhkan berbagai macam infeksi di kulit seperti bekas gigitan serangga hingga jerawat. Selain itu, jelly gamat juga dipercaya dapat membantu menyamarkan bekas luka akibat infeksi kulit tersebut.

7.Menjaga sistem kekebalan tubuh

Selain untuk mengobati, manfaat jelly gamat lainnya adalah untuk memelihara kesehatan. Jelly gamat bisa dijadikan sebagai sumplemen yang aman untuk dikonsumsi setiap hari. Konsumsi jelly gamat satu sendok makan sehari dipercaya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit berbahaya seperti kanker.

Jelly gamat yang terbuat dari bahan alami memang relatif aman dikonsumsi setiap hari. Khasiat jelly gamat untuk kesehatan juga sangatlah banyak. Tetapi sama halnya seperti penggunaan obat pada umumnya, jika ingin mengggunakan jelly gamat sebagai pengobatan, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter tentang kondisi kesehatan Anda.

Efek yang dirasakan setiap orang dari penggunaan jelly gamat juga tentunya berbeda-beda. Meskipun aman untuk dikonsumsi, tapi perhatikan juga jika kemungkinan Anda mengalami efek samping setelah menggunakan jelly gamat. Jangan lupa juga untuk membarengi pengobatan menggunakan jelly gamat dengan pola hidup sehat sehingga khasiat jelly gamat yang Anda rasakan juga akan lebih efektif.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi