Terbit: 4 September 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat jamur merang tidak hanya sebagai pengganti daging bagi vegetarian, tetapi memiliki banyak manfaat lainnya yang bagus untuk kesehatan. Selengkapnya simak kandungan jamur merang, manfaat lainnya, dan cara mengolah di bawah ini!

10 Manfaat Jamur Merang untuk Kesehatan, Kandungan, dan Cara Mengolah

Kandungan Nutrisi Jamur Merang

Jenis jamur yang juga disebut jamur jerami ini memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan. Maka tak heran jamur merang sering kali direkomendasikan untuk menjalani diet sehat.

Berikut ini kandungan nutrisi dalam 100 gram jamur merang:

  • Protein 5,94%
  • Karbohidrat 0,59%
  • Serat 1,56%
  • Lemak 0,17%
  • Zat besi 1,9 mg
  • Ash 1,14%
  • Fosfor 17 mg
  • Vitamin B1 0,15 mg
  • Vitamin B2 0,75 mg
  • vitamin C 12,40 mg
  • Asam folat
  • Kalium
  • Tembaga

Manfaat Jamur Merang untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi yang sangat kompleks membuat jamur merang memilki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini sejumlah manfaat jamur merang untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jamur merang mengandung ergothioneine yang memiliki khasiat sebagai antioksidan kuat dan efektif melindungi tubuh dari dampak buruk radikal bebas. Kandungan ini akan mengurangi infeksi jamur pada kulit.

Kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C yang yang terkandung dalam jamur ini juga sangat bagus dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Rendah Kolesterol

Jamur merang terdiri dari beberapa jenis protein, tidak mengandung lemak jahat, dan rendah karbohidrat. Kandungan serat dan enzim dalam jamur ini juga membantu melancarkan sistem pencernaan.

Berkat kandungan protein yang tinggi di dalamnya, manfaat jamur merang dapat membantu membakar kolesterol dalam sistem pencernaan.

3. Bagus untuk Masa Pertumbuhan

Kandungan protein dalam jamur merang juga bermanfaat untuk masa pertumbuhan. Maka tak heran jika anak-anak mengonsumsi jamur merang akan membantu proses pertumbuhan.

Dibandingkan dengan kandungan protein dalam kuning telur, jamur merang tidak mengandung lemak yang baik untuk penderita kolesterol tinggi, dan pada saat yang sama juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

4. Baik untuk diabetes

Jamur merang terdiri dari insulin alami yang bagus untuk penderita diabetes, karena jamur ini rendah lemak dan karbohidrat. Manfaat jamur merang juga dipercaya sangat bagus untuk hati, pankreas, dan kelenjar endokrin lainnya yang membantu meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat.

Sedangkan kandungan antibiotik pada jamur ini baik untuk menghindari infeksi akibat luka akibat diabetes.

5. Menangkal Radikal Bebas

Selain flavonoid yang dikenal mampu mengatasi radikal bebas, selenium juga menjadi salah satu mineral untuk mengatasi dan mengurangi radikal bebas. Kandungan selenium dalam jamur merang mampu membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh akibat paparan dari lingkungan.

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh berasal dari polusi asap, alkohol, makanan dengan lemak jahat, dan radiasi elektromagnetik dapat menyebabkan penyakit serius.

6. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Khasiat jamur merang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker di payudara dan kanker prostat. Ini karena jamur merang mengandung beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi yang memiliki efek karsinogenik.

Asam linoleat membantu menurunkan efek hormon estrogen karena saat kadar hormon estrogen terlalu tinggi berisiko meningkatkan risiko kanker payudara.

Sedangkan beta-glukan menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat. Kandungan selenium dalam jamur juga efektif menghambat dan mengurangi jumlah sel kanker.

Baca Juga: 10 Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan (Luar Biasa)

7. Memperkuat Tulang

Jamur merang mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat tinggi, merupakan vitamin D terbanyak kedua yang dikandung setelah minyak ikan cod. Oleh karena itu, kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi sangat bagus untuk pertumbuhan tulang.

8. Mencegah Anemia

Tubuh pada dasarnya membutuhkan zat besi untuk unsur penyusun darah. Jika kekurangan zat besi dapat menyebabkan risiko anemia lebih tinggi alias kekurangan darah. Sebagai obat alami, manfaat jamur merang dapat membantu mengurangi resiko anemia karena memiliki kandungan zat besi.

9. Bagus untuk Diet

Mengingat jamur tidak mengandung lemak yang bagus untuk menjalani program diet, sehingga kandungan protein pada makanan akan dimanfaatkan dengan baik untuk membakar lemak. Selain rendah lemak, kandungan seratnya yang banyak sekali baik untuk melancarkan pencernaan.

10. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Jamur merang memiliki kandungan mineral tambahan yang tinggi, salah satunya adalah kalium dan tembaga. Perlu diketahui bahwa tembaga memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga organ dalam tubuh terhindar dari serangan penyakit bakteri.

Sedangkan kandungan kalium yang tinggi sangat bagus untuk menjaga fungsi pembuluh darah. Ini pada akhirnya  dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan baik.

Baca Juga: Kaldu Jamur (Nutritional Yeast): 8 Manfaat, Kandungan, Cara Menggunakan

Cara Mengolah Jamur Merang

Ada beberapa langkah untuk mengolah jamur merang, yakni memilih jamur segar dengan hati-hati dan jangan salah pilih jamur, karena terdapat jamur yang mengandung racun. Jamur merang juga memiliki bentuk dan bau yang hampir mirip dengan jamur lainnya, jadi pilihlah dengan cermat.

Selain itu, berikut ini cara mengolah jamur merang dengan benar:

  • Bersihkan dan cuci jamur merang sebelum dimasak.
  • Rebus jamur dengan air mendidih kurang lebih 5 menit.
  • Setelah keluar buih dan air kecokelatan serta bau yang khas, buang air rebusan.
  • Bilas jamur dengan air dingin sekitar 2-3 kali, kemudian tiriskan.
  • Masak segera dan pastikan tidak disimpan cukup lama karena jamur merang akan layu dan busuk. Masak jamur sampai benar-benar matang.

Jamur merang paling enak disajikan sebagai masakan. Anda dapat menambahkan jamur merang yang sudah dimasak ke dalam telur dadar atau menaburkannya di atas ikan bakar dan steak.

Jamur merang yang telah dimasak juga dapat ditambahkan ke dalam hidangan utama apa pun atau sebagai tambahan yang enak untuk sup, rebusan, atau tumis.

 

  1. Anonim. 2020. Straw Mushroom facts and nutrition. https://www.healthbenefitstimes.com/straw-mushroom/. (Diakses pada 4 September 2020)
  2. Safimex. 2019. Top 11 Benefits Of Straw Mushroom For Human Health – Healthy Tips. https://safimex.com/top-11-benefits-of-straw-mushroom-for-human-health-healthy-tips/. (Diakses pada 4 September 2020)
  3. Xuping Wang, w al. 2018. Use of straw mushrooms (Volvariella volvacea) for the enhancement of physicochemical, nutritional and sensory profiles of Cantonese sausages. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30081376/. (Diakses pada 4 September 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi