Terbit: 10 Maret 2020 | Diperbarui: 16 Mei 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Apa saja manfaat jamur enoki untuk kesehatan? Jamur enoki adalah jenis jamur dengan tangkai panjang yang biasa digunakan dalam hidangan Jepang, Korea, dan beberapa negara Asia lainnya. Tidak hanya enak, jamur ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan, lho! Ketahui kandungan jamur enoki, manfaat, efek samping, dll.

11 Manfaat Jamur Enoki bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Kandungan Jamur Enoki

Jamur enoki adalah jenis jamur yang kaya akan nutrisi penting (Stamets, 2005). Jamur enoki atau yang memiliki nama latin Flammulina velutipes mengandung sumber antioksidan ergothioneine dan antioksidan hidrofilik untuk berbagai manfaat kesehatan.

Berikut ini kandungan nutrisi jamur enoki secara lengkap setiap 100 gram:

  • 346 kalori
  • 53% karbohidrat (31% karbohidrat kompleks, 22% gula lainnya)
  • 26% protein
  • 26% serat makanan
  • 3% lemak (1,0 gram tak jenuh ganda, 1,2 gram total tak jenuh, 0,23 gram jenuh)

Jamur enoki juga kaya akan vitamin dan mineral, meliputi:

  • Tiamin 0,35 mg
  • Asam pantotenat (B5) 10,9 mg
  • Niasin 61 mg
  • Riboflavin 1,69 mg
  • Kalsium 14 mg
  • Tembaga 0,61 mg
  • Zat besi 8,3 mg
  • Kalium 3,100 mg
  • Selenium 54 mcg
  • Natrium 19 mg

Jamur enoki juga mengandung vitamin B6, B9 atau asam folat, vitamin B12, dan vitamin B5 atau asam pantotenat. Kombinasi berbagai nutrisi tersebut membuat jamur enoki menjadi salah satu menu sehat untuk campuran makanan Anda.

Manfaat Jamur Enoki bagi Kesehatan

Jamur enoki atau enokitake dapat ditemukan sebagai pelengkap menu soba, udon, ramen, sup, salad dan berbagai olahan makanan Cina, Jepang, dan Korea. Jamur ini juga dapat dimakan mentah dengan tekstur yang lembut, lunak, dan renyah saat dikunyah.

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, jamur enoki mengandung berbagai mineral, vitamin, dan nutrisi penting untuk tubuh. Ketahui apa saja manfaat jamur enoki berikut ini:

1. Meningkatkan Sistem Imun

Jamur enoki dipercaya mengandung senyawa protein tertentu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jamur enoki juga memiliki efek antivirus, antiinflamasi, dan antimikroba untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan infeksi dan penyakit.

Selain itu, masyarakat tradisional Jepang dan Cina juga telah lama menggunakan jamur enoki sebagai pengobatan tradisional dalam bentuk tonik untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit seperti kolesterol tinggi, hipertensi, dll. Manfaat jamur enoki ini dipercaya karena kandungan vitamin dan mineral yang lengkap.

Sebuah penelitian pada tikus yang dilakukan di Taiwan menunjukan bahwa kandungan jamur enoki berhasil menambah sistem kekebalan tubuh dan mengurangi pertumbuhan tumor pada tikus. Walaupun demikian, belum ada penelitian terkait yang dilakukan pada manusia.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Seorang ahli epidemiologi di Institut Penelitian Pusat Kanker Nasional di Tokyo, Jepang bernama Dr. Tetsuro Ikekawa adalah orang yang pertama meneliti tentang manfaat jamur enoki untuk mengurangi risiko kanker.

Dr. Tetsuro Ikekawa menemukan bahwa orang-orang di Prefektur Nagano Jepang memiliki angka kematian akibat kanker lebih rendah dari provinsi lainnya karena orang-orang tersebut tinggal di pusat budidaya jamur enoki dan memakan jamur enoki lebih banyak daripada kalangan lain.

Berdasarkan penelitiannya, jamur enoki mengandung proflamin, yaitu senyawa yang mengandung lebih dari 90% protein dan kurang dari 10% karbohidrat. Proflamin meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik dan memiliki substansi pelawan kanker termasuk kanker melanoma dan kanker lainnya.

Sebuah penelitian pada jurnal Immunology di tahun 2009 juga menemukan bahwa kandungan tertentu di dalam jamur enoki dapat meningkatkan kelangsungan hidup tikus yang terinfeksi Human Papilloma Virus (HPV) atau virus penyebab kanker serviks.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Jamur enoki mengandung asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berdasarkan penelitian, kandungan serat yang cukup dapat membantu meningkatkan produksi insulin di tubuh.

Insulin memegang peran penting untuk membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah yang secara tidak langsung akan menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Walaupun demikian, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya dan Anda tetap harus menjalani pola makan dan pola hidup sehat untuk mencegah risiko penyakit diabetes.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat jamur enoki untuk anak-anak adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan karena anak-anak sering mengeluhkan sakit perut akibat makan sembarangan dan kekurangan serat.

Berdasarkan penelitian, jamur enoki memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antimikroba untuk melawan bakteri jahat di usus penyebab berbagai masalah pencernaan.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dan serat tinggi dalam jamur enoki dipercaya dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan untuk melancarkan proses pencernaan dengan baik.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak

Jamur enoki dipercaya dapat meningkatkan kesehatan otak karena jamur ini mengandung sumber asam amino. Asam amino adalah senyawa organik yang terdiri dari nitrogen, karbon, hidrogen dan oksigen dalam rantai yang bervariasi. Setidaknya, tubuh membutuhkan 9 jenis asam amino esensial dengan fungsi berbeda.

Salah satu asam amino, L-Tyrosine, berfungsi untuk meningkatkan neurotransmitter dopamin, epinefrin, norepinefrin, dan kelenjar adrenal dalam otak. Ini berperan untuk mengelola stres dan kesehatan mental.

Selain itu, kandungan asam amino dalam jamur enoki ini dapat meningkatkan daya ingat, memori, dan kesehatan otak secara umum. Sementara manfaat jamur enoki untuk anak adalah untuk meningkatkan kecerdasan dan intelektualitas.

6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium tinggi di jamur enoki dipercaya berpengaruh untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Manfaat kalium adalah sebagai vasodilator untuk meredakan ketegangan pada pembuluh darah yang menyumbat aliran darah. Kalium juga termasuk dalam substansi yang dibutuhkan untuk melancarkan aliran darah di arteri.

Mengontrol tekanan darah agar tetap normal akan berdampak baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mengurangi risiko masalah terkait kesehatan kardiovaskular lainnya.

7. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi di mana tubuh Anda kekurangan sel darah merah sehingga mengganggu fungsi kerja tubuh. Kondisi ini sering terjadi pada ibu hamil yang dapat berisiko buruk baik untuk ibu hamil dan janin akibat kekurangan zat besi.

Salah satu manfaat jamur enoki untuk ibu hamil adalah untuk mengurangi risiko anemia karena jamur ini mengandung zat besi yang kaya. Selain jamur enoki, Anda dapat mencegah anemia dengan makan ikan, daging merah, ayam, sayuran berdaun gelap, telur, dan tahu.

8. Mengurangi Kolesterol Tinggi

Penelitian terbatas menemukan bahwa jamur enoki mungkin dapat membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi karena mengandung serat tinggi untuk mengontrol LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Selain itu, jamur enoki juga mengandung rendah kolesterol yang berarti aman dikonsumsi untuk orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berdasarkan penelitian dari BioMed Research International yang dilakukan pada hewan, hamster yang diberi ekstrak jamur enoki memiliki kesehatan jantung yang baik termasuk kadar kolesterol jahat yang lebih rendah dan penurunan berbagai risiko penyakit jantung.

Walaupun demikian, belum ada penelitian terkait yang dilakukan pada manusia. Anda tetap harus mengonsumsi makananan sehat lainnya dan berolahraga secara teratur untuk memelihara kesehatan jantung secara maksimal.

Baca Juga: 6 Penyebab Serangan Jantung yang Harus Diwaspadai

10. Mencegah Alergi

Beberapa penelitian menyampaikan kemungkinan manfaat jamur enoki untuk mencegah atau mengelola reaksi alergi yang mungkin terjadi, namun belum ada catatan mengenai kandungan apa yang dapat menekan reaksi alergi atau dampak lainnya.

11. Kaya Vitamin dan Mineral

Jamur enoki mengandung vitamin B seperti niacin, thiamin, dan riboflavin, serta antioksidan yang semuanya bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit, menetralkan radikal bebas, dan meningkatkan kesehatan otak, DNA, produksi energi, jantung, dll.

Selain itu, jamur enoki juga mudah diolah dalam berbagai menu makanan enak. Jenis makanan ini dapat menjadi alternatif bila Anda menginginkan makanan lezat dan bergizi tinggi.

Itulah berbagai manfaat jamur enoki bagi ibu hamil, anak-anak, dan semua kalangan. Anda dapat mengonsumsinya dengan berbagai olahan dan mendapatkan manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

 

  1. Cure Buzz. 2018. 10 Health benefits of Enoki Mushroom. https://www.curebuzz.com/content/health-benefits-of-enoki-mushroom/814. (Diakses pada 10 Maret 2020).
  2. Joseph, Michael. 2018. Enoki Mushrooms: Nutrition Facts and Potential Benefits. https://www.nutritionadvance.com/enoki-mushrooms/. (Diakses pada 10 Maret 2020).
  3. Link, Rachael MS, RD. 2019. Enoki Mushroom Benefits for Heart Health, Immunity & More. https://draxe.com/nutrition/enoki-mushroom-benefits/. (Diakses pada 10 Maret 2020).
  4. Stamets, Paul. 2017. Can Eating Enoki Mushrooms Lower Your Cancer Risk?. https://www.huffpost.com/entry/mushrooms-health_b_3069976. (Diakses pada 10 Maret 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi