Terbit: 27 Januari 2019
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Jamu adalah minuman sekaligus obat tradisional khas Indonesia, terutama masyarakat Jawa. Salah satu jenis jamu yang paling populer adalah kunyit asam atau bisa juga disebut kunir asam. Jamu satu ini dipercaya memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan, terutama kesehatan wanita. Simak berbagai manfaat jamu kunyit asam berikut ini!

8 Manfaat Kunyit Asam, Jamu Ajaib untuk Kesehatan Wanita

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Baik kunyit maupun asam, keduanya tidak hanya berguna sebagai bumbu saja, tetapi juga sebagai herbal. Kunyit dan asam sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan. Hal ini lah juga tentunya yang membuat jamu ini dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan:

1. Melancarkan menstruasi

Wanita sering kali memiliki siklus menstruasi yang tidak stabil disebabkan oleh berbagai sebab mulai dari kondisi kesehatan tertentu, faktor hormonal, hingga akibat stres. Banyak yang merekomendasikan kunyit asam sebagai jamu untuk memperlancar mensturasi. Manfaat jamu kunyit asam untuk melancarkan menstruasi memang sudah dipercaya oleh masyarakat luas.

Kandungan dalam kunyit memiliki efek estrogenik atau berhubungan dengan hormon estrogen pada wanita. Efek ini lah yang membuat kunyit asam banyak dimanfaatkan sebagai jamu untuk melancarkan menstruasi.

2. Meredakan nyeri haid

Selain melancarkan siklus haid, manfaat minum jamu kunyit asam selanjutnya adalah dapat meredakan nyeri haid. Pada dasarnya nyeri haid disebabkan oleh kontraksi rahim yang terjadi ketika meluruhkan darah haid. Ketika kontrasksi terjadi, tubuh juga mengeluarkan senyawa prostaglandin yang dalam kadar tertentu dapat menjadi pemicu nyeri haid.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Jamu kunyit asam memiliki kandungan zat kurkumin dari kunyit yang dapat mengatasi senyawa prostaglandin sehingga nyeri dapat diredakan. Jika nyeri haid yang disarakan sudah pada taraf yang tidak wajar atau bisa dikatakan tidak tertahankan, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk memastikan apakah ada faktor lain yang menyebabkan nyeri tersebut.

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat jamu kunyit asam yang tidak kalah populer selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang langsing. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam jawa memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, membantu pencernaan bekerja lebih optimal, dan menghambat produksi lemak.

Selain itu, penelitian lain juga membuktikan bahwa kunyit juga memiliki manfaat yang serupa, yaitu dapat menekan pertumbuhan jaringan lemak. Hal ini lah kemudian yang membuat masyarakat percaya menurunkan berat badan adalah salah satu manfaat jamu kunyit asam. Meskipun begitu, penelitian masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas manfaat minum jamu kunyit asam satu ini.

4. Antioksidan

Tubuh membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel pada tubuh. Salah satu sumber antioksidan alami bisa kita dapatkan dari minum jamu kunyit asam.

Kurkumin, senyawa yang ditemukan dalam jumlah besar dalam kunyit diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, asam jawa juga memiliki kandungan beberapa senyawa antioksidan, salah satunya adalah kantungan vitamin C yang tinggi dalam asam jawa.

5. Mengontrol dula darah

Manfaat jamu kunyit asam selanjutnya adalah dapat mengontrol gula darah sehingga baik untuk penderita diabetes. Kunyit dan asam dikenal sebagai obat diabetes alami yang mampu membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah. Alasan ini lah yang membuat jamu kunyit asam juga dipercaya mampu untuk mengontrol gula darah.

Jika penderita diabetes ingin mengonsumsi kunyi asam untuk mengontrol kadar gula darah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelumnya. Pnggunaan jamu dan obat secara bersamaan tidak disarankan, kecuali berdasarkan saran medis dari dokter.

6. Sebagai antiradang

Kunyit asam juga dipercaya memiliki efek antiradang sehingga dapat digunakan untuk mengatasi beberapa jenis peradangan seperti radang tenggorokan hingga radang lambung atau maag. Konsumsi kunyit asam untuk mengatasi sakit tenggorokan hingga maag boleh dilakukan, asalkan dengan dosis yang pas.

Kunyit dan asam baik untuk dikonsumsi, namun keduanya juga dapat menimbulkan masalah bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

7. Mengatasi bau badan

Bau badan yang tidak sedap dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Terkadang penggunaan deodorant saja tidak cukup untuk mengatasi produksi keringat berlebih dari tubuh yang kemudian bercampur dengan bakteri sehingga dapat menyebabkan bau badan.

Kunyit asam sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu ramuan yang dapat mengatasi masalah tersebut. Jamu kunyit asam dipercaya mampu menurunkan bau badan meskipun tubuh banyak mengeluarkan keringat. Namun belum terdapat studi ilmiah yang membahas tentang manfaat jamu kunyit asam yang satu ini.

8. Mencerahkan kulit

Ada banyak sekali cara untuk mencerahkan kulit, termasuk menggunakan bahan alami. Kunyit adalah salah satu bahan alami yang telah banyak dipercaya mampu untuk membantu mecerahkan kulit. Maka dari itu, kunyit asam juga dipercaya dapat membuat kulit lebih cerah.

Manfaat jamu kunyit asam untuk kecantikan satu ini didapat dari adanya kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi dalam kunyit asam. Efektivitasnya untuk mencerahkan kulit memang belum diketahui, tapi melihat berbagai kandungan yang ada dalam jamu ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kunyit asam mengandung berbagai senyawa yang memang baik untuk kesehatan kulit.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Sebelumnya jamu kunyit asam dapat mudah ditemukan melalui tukang jamu gendong yang mungkin kini jumlahnya sudah semakin banyak berkurang. Jika ingin mengonsumsi kunyit asam secara rutin, Anda juga bisa mencoba untuk membuat kunyit asam sendiri di rumah. Cara membuat jamu kunyit asam tidak sulit, berikut adalah bahan dan cara membuatnya:

Bahan:

  • 150 gram kunyit
  • 100 gram asam jawa siap olah
  • 150 gram gula jawa
  • 1 liter air
  • Garam secukupnya (opsional)

Cara membuat:

  • Kupas dan potong kunyit, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu parut kunyit dan sisihkan.
  • Campurkan asam jawa siap olah dengan 500 ml air. Gunakan tangan untuk menegeluarkan biji-biji asam. Setelah itu, saring asam jawa yang sudah tercampur rata dengan air.
  • Campurkan air sedikit demi sedikit ke dalam kunyit yang sudah diparut, lalu saring air perasan kunyit.
  • Campurkan air parutan kunyit dan air asam jawa dalam sebuah panci, kemudian panaskan.
  • Masukkan gula merah yang sudah dihancurkan sambil terus diaduk hingga larut.
  • Rebus hingga mendiidih, kemudian tambahkan garam secukupnya.
  • Diamkan hingga suhunya menurun, baru kemudian bisa langsung disajikan. Anda juga bisa menyimpannya di lemari es sebelum disajikan.

Itu dia berbagai manfaat minum jamu kunyit asam dan cara membuat jamu kunyit asam yang sangat praktis. Selamat mencoba dan merasakan manfaatnya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi