Terbit: 19 September 2019
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Tahukah Anda ada banyak manfaat jambu monyet untuk kesehatan? Jambu monyet adalah salah satu buah yang digemari masyarakat Indonesia. Rasanya asam, sepat, sedikit manis dan sangat menyegarkan. Ketahui apa saja kandungan dan manfaat buah jambu monyet secara lengkap dalam artikel ini!

10 Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan (Dilengkapi Kandungannya)

Apa Itu Jambu Monyet?

Jambu monyet adalah buah yang berasal dari Brasil dengan nama latin Anacardium occidentale. Pohon jambu monyet berukuran tinggi mencapai 12 m dan rantingnya bercabang-cabang dengan daun-daun di ujungnya.

Jambu monyet memiliki biji di bagian luar yang disebut kacang mede, karena itu juga buah ini disebut dengan buah jambu mede. Kenapa disebut jambu monyet? Kabarnya jambu ini adalah buah favorit monyet-monyet di hutan.

Anda bisa menikmati jambu monyet dengan cara dimakan langsung, dibuat jus, atau untuk rujakan. Jambu monyet memiliki warna merah dan kuning serta banyak manfaat jambu monyet untuk kesehatan karena kandungan nutrisi alami dari buahnya.

Kandungan Buah Jambu Monyet

Berikut ini adalah kandungan nutrisi buah jambu monyet, sebagai berikut:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

 Energi  2314 KJ (553 kcal)
 Karbohidrat  30.19 g
 Gula  5,91 g
 Serat Pangan  3,3 g
 Lemak  43,85 g
 Protein  18,22 g
Tiamin  0,423 mg
 Riboflavin  0,058 mg
 Kolesterol  0 mg
 Asam Folat  0,025 mg
 Vitamin B3  1,062 mg
 Asam Pantotenat  0,864 mg
 Piridoksina  0,417 mg
 Vitamin C  0,5 mg
 Vitamin E  5,31 mg
 Vitamin K  0,004
 Sodium  12 mg
 Potasium  660 mg
 Kalsium  37 mg
 Tembaga (copper)  2,195 mg
 Zat Besi  6,68 mg
 Magnesium  292 mg
 Mangan  1,655 mg
 Fosforus  593 mg
 Zeaksantin  0,022 mg
 Zinc  5,78 mg

Ada banyak sekali kandungan jambu monyet dalam penyajian nutrisi per 100 gram.

Manfaat Jambu Monyet

Jambu monyet bukan hanya enak buahnya, tapi banyak sekali manfaat jambu monyet untuk kesehatan. Semua bagian dari pohon jambu monyet juga banyak sekali manfaatnya.

Cari tahu apa saja manfaat jambu monyet berikut ini:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah jambu monyet memiliki banyak kandungan nutrisi alami untuk membantu sistem kekebalan tubuh. Kandungan zinc dan sodium berfungsi untuk melawan penyakit anti-bakteri dan memperkuat imun terhadap infeksi mikroba. Kandungan antioksidan di jambu monyet juga membantu mereparasi kerusakan pada sel-sel tubuh.

2. Jantung Sehat

Manfaat buah jambu monyet adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Biji dari jambu monyet yaitu kacang mede adalah sumber lemak baik untuk penyerapan vitamin A, D, E, dan K yang mudah larut di lemak. Produksi asam lemak sangat penting untuk otak.

Kacang mede adalah lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan kacang mete juga dapat mengendalikan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah yang akan berpengaruh bagi kesehatan jantung.

3. Berperan Sebagai Antioksidan

Buah jambu monyet memiliki kandungan antioksidan alami untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul-molekul berbahaya. Vitamin E dan Vitamin K dari jambu monyet adalah sumber kandungan antioksidan tersebut.

Memakan buah jambu monyet dapat membantu dalam mengatasi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Sumber radikal bebas ada di lingkungan sehari-hari seperti sinar UV, asap rokok, polusi udara, dll.

Baca Juga: 3 Jenis Antioksidan yang Dapat Mencegah Penuaan Dini

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah jambu monyet kaya akan kandungan magnesium. Magnesium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang, otot, jaringan tubuh, dan organ penting lainnya. Makan buah jambu monyet dapat membantu pembentukan tulang yang sehat.

Kandungan dari fosfor juga sangat baik untuk kesehatan tulang, penyerapan karbohidrat, dan lemak untuk performa tubuh.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah jambu monyet untuk menurunkan kadar gula darah. Jambu monyet memiliki kandungan magnesium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar darah. Darah tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit jantung seperti stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, makan buah jambu monyet untuk menjaga tekanan darah Anda dan mengurangi berbagai penyakit yang diakibatkan tekanan darah tinggi.

6. Mencegah Kanker

Manfaat jambu monyet untuk kesehatan selanjutnya untuk mencegah kanker. Jambu monyet kaya akan flavonoids dan antioxidant yang berperan dalam pencegahan sel-sel kanker.

Kandungan tersebut mampu melawan tumor dari tubuh Anda. Jambu monyet juga mengandung copper atau tembaga untuk mengurang resiko kanker.

7. Mencegah Anemia

Bagian buah jambu monyet kaya akan sumber zat besi yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh sel tubuh dan membantu sistem kekebalan tubuh. Kekurangan sumber zat besi dalam tubuh dapat meningkatkan resiko anemia, mudah infeksi, dan cepat lelah.

8. Memelihara Rambut Sehat

Buah jambu monyet kaya akan kandungan copper yang juga berfungsi sebagai komponen untuk rambut sehat. Bagian dari jambu monyet yaitu kacang mede biasa dimanfaatkan jadi minyak untuk merawat rambut agar rambut sehat, indah, dan berkilau.

9. Kesehatan Kulit

Jambu monyet memiliki kandungan selenium, zinc, zat besi, fosfor, dan magnesium yang berfungsi untuk merawat kulit sehat. Kandungan vitamin C juga membantu kulit mempertahankan kolagen dan elastin sehingga kulit jadi sehat, halus, dan bersih.

10. Menambah Kesuburan

Ahli gizi bernama Jummai Abdul mengungkapkan bahwa jambu monyet memiliki kandungan alami untuk meningkatkan kesuburan. Jambu monyet dapat meningkatkan aktivitas seksual, hormon testosteron dan kualitas sperma.

Ada banyak sekali manfaat jambu monyet untuk kesehatan yang tak terduga. Jambu monyet mudah didapatkan dimana-mana dan dikonsumsi sehari-hari untuk kesehatan Anda.

Baca Juga: 8 Manfaat Jambu Kristal, Sumber Vitamin C yang Bantu Lawan Berbagai Penyakit!

Manfaat Pohon Jambu Monyet

Selain buahnya, terdapat banyak sekali manfaat jambu monyet dari seluruh bagiannya seperti biji, kulit, batang, sampai akarnya.

Ketahui manfaat jambu monyet lainnya, yaitu:

  • Jambu monyet merupakan komoditas pertanian Indonesia dengan nilai ekonomi tinggi dan komoditi ekspor.
  • Pohon jambu monyet adalah tanaman penghijauan dan pekarangan yang dapat tumbuh di lahan gersang.
  •  Cangkang jambu monyet menghasil minyak untuk mengawetkan kayu.
  • Daun jambu mete digunakan sebagai obat penyakit kulit oleh masyarakat tradisional.
  • Cairan atau getah dari batang pohon jambu monyet digunakan untuk perekat, anti rayap, dan lapisan kusen dan kayu.

Anda pasti tidak menyangka jika buah yang harganya murah ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat jambu monyet. Buah jambu monyet enak dimakan langsung atau dibuat olahan lain. Itulah manfaat buah jambu monyet untuk kesehatan.

 

  1. BPATP. 2019. Jambu Mete SM9. http://bpatp.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/component/content/article/61-berita/937-jambu-mete-sm9. (Diakses pada 19 September 2019).
  2. FineLib. 2019. About Health Benefits of Cashew Fruit. https://www.finelib.com/about/tropical-fruits-and-vegetables/about-health-benefits-of-cashew-fruit/217. (Diakses pada 19 September 2019).
  3. Miller, Ashley. 2019. What Are the Benefits of the Cashew Fruit?. https://www.livestrong.com/article/239680-what-are-the-benefits-of-the-cashew-fruit/. (Diakses pada 19 September 2019).
  4. Premium Times. 2019. Consumption of cashew fruit juice enhances sexual performance- Nutritionist. https://www.premiumtimesng.com/news/139654-consumption-of-cashew-fruit-juice-enhances-sexual-performance-nutritionist.html. (Diakses pada 19 September 2019).
  5. The World’s Healthiest Food. 2019. Cashews. http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=98. (Diakses pada 19 September 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi